Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini tentunya banyak hal istimewa yang tidak kita temui di bulan-bulan biasanya. Salah satu kegiatan yang hanya bisa kita lakukan di bulan Ramadan adalah ngabuburit. Ngabuburit merupakan aktivitas yang dilakukan selagi menunggu waktu berbuka puasa tiba.

 

Kebiasaan ini tak hanya dilakukan oleh anak muda saja loh, para orang tua pun banyak yang ikut ngabuburit. Kegiatannya pun semakin beragam, tak hanya berupa kegiatan ibadah seperti mengaji. Lalu, kegiatan ngabuburit apa yang paling hits di kalangan masyarakat Indonesia? Yuk, simak ulasannya di bawah ini?

 

1. Nongkrong seru bersama kawan-kawan

 

Republika.co.id

Kegiatan ngabuburit yang tergolong murah meriah namun tetap asyik adalah nongkrong bersama teman sebaya. Tak perlu ke kafe, kamu bisa pilih taman terdekat atau alun-alun kota sebagai lokasi untuk nongkrong bersama kawan-kawan.

 

2. Mencari takjil

 

Kotajogja.com

 

Selama bulan Ramadan, banyak orang yang mendadak berjualan makanan menjelang buka puasa. Lapak-lapak makanan yang menjamur itu bisa kamu temukan di berbagai sudut keramaian. Untuk mengisi waktu luang jelang buka puasa, orang-orang biasanya menyambangi lapak-lapak makanan demi berburu takjil yang nikmat. Dijamin, tanpa disadari waktu berbuka sudah tiba.

 

3. Ngabuburead

 

negativespace.co

 

Ngabuburit + baca buku? Kenapa tidak? Selain menambah ilmu, kamu juga bisa menghabiskan waktu lebih produktif lho! Penulis bernama Bernard Batubara juga sudah pernah melakukan tantangan di twitter dengan TaGar #30HariNgabuburead. Berani coba?

 

4. Bermain Game Bersama Geng

 



2wired2tired.com

 

Bagi kamu yang suka nge-game, ngabuburit juga bisa dilakukan sambil menikmati game kesukaan bersama teman-teman lho! Contohnya seperti PUBG, Mobile Legend, dan masih banyak lagi. Sambil menantikan tibanya waktu berbuka, kamu bisa battle atau juga mengasah kemampuan di sana.

 

5. Mendengar ceramah di masjid

 

Moslemtoday.com

 

Sebelum waktu buka puasa tiba, sejumlah masjid akan mengadakan ceramah atau kuliah tujuh menit (Kultum) yang diisi oleh penceramah yang tinggal di lingkungan sekitar. Bagi orang-orang yang ingin berbuka dan menunaikan sholat Maghrib di masjid biasanya datang sebelum waktu berbuka tiba dan ngabuburit dengan mendengarkan kultum dari penceramah tersebut.

 

Inilah 5 kegiatan ngabuburit yang dilakukan masyarakat Indonesia sebelum berbuka puasa. Nah, kalau kamu masuk golongan nomer berapa?

0 Comment