5 Kebiasaan Orang Jawa yang Masih Dilakukan Hingga Hari ini, Kamu Salah Satunya?

24 September 2019, at 12:00
0
0
5 Kebiasaan Orang Jawa yang Masih Dilakukan Hingga Hari ini, Kamu Salah Satunya?

Orang Jawa memang terkenal memiliki karakter yang kuat dalam dirinya. Hal itu salah satunya bisa terlihat dari perilaku sopan kepada orang yang lebih tua.

Nggak hanya itu saja, mereka juga memiliki etos kerja yang tinggi dan sangat menghormati atasan dalam dunia kerja.

Tapi bukan hanya karakternya saja, ada juga kebiasaan yang turut membentuk pribadi orang Jawa di dalam kehidupan sosial. Seperti apa ya?

1. Muluk

ilustrasi makan dengan tangan
instagram.com/thai.fook

Mungkin untuk sobat Qupas yang bukan berasal dari Jogja, Jawa Tengah, atau Jawa Timur, kata muluk atau puluk pasti terdengar asing di telingamu.

Muluk sendiri adalah makan hanya dengan menggunakan tangan. Kebiasaan orang Jawa ini dirasa akan memberikan rasa nikmat yang lebih pada makanan.

Apalagi kalau makannya dengan duduk lesehan di lantai. Wah, mantap deh!

2. Budaya gotong royong yang kental

gotong royong
youtube.com/jejaktapak

Budaya ini merupakan kebiasaan orang Jawa yang seakan sudah menjadi satu kesatuan yang melekat dan nggak bisa dipisahkan.

Gotong royong sendiri bertujuan untuk mendekatkan lagi antar individu dikalangan masyarakat sekitar rumah. Agar terjalin ikatan silaturahmi yang cukup erat antar tetangga.

Baca juga: Memahami Makna Rangkaian Upacara Panggih pada Pernikahan Adat Jawa

3. Petanan

kebiasan petanan
medkomtek.com

Dalam Bahasa Indonesia, petanan berarti mencari kutu rambut. Hal ini sering kali dilakukan oleh perempuan Jawa di masa lalu.

Biasanya petanan dilakukaan saat waktu istirahat atau pun sedang senggang. Petanan biasanya menciptakan interaksi sosial di masyarakat sekitar.

Namun, sepertinya kebiasaan orang Jawa ini sudah mulai ditinggalkan seiring dengan kemajuan teknologi dan minimnya waktu kebersamaan yang dimiliki.

4. Tumpengan

tumpengan
carousell.com

Kebiasaan orang Jawa selanjutnya adalah tumpengan. Biasanya tumpengan diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa.

Nasi tumpeng dimasak dari nasi kuning yang dibentuk kerucut. Lalu dialasi dengan tampah beralaskan daun pisang. Untuk lauk pauknya sendiri pun sangatlah beragam, ada sayuran hingga ayam.

5. Gelungan

gelungan jawa
mahligai-indonesia.com

Kebiasaan orang Jawa dalam menata rambut yang mungkin masih dilakukan oleh sebagian masyarakat adalah gelungan. Pada zaman dulu, perempuan Jawa menggelung rambut biar nggak gerah.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kebiasaan orang Jawa ini hampir punah. Karena anak muda lebih suka menata rambutnya dengan gaya yang kekinian.

Tapi kamu tetap bisa melihatnya saat acara tertentu di Keraton Solo atau pun Jogja. Untuk menambah volume rambut, sebagian perempuan Jawa yang sedang menghadiri acara biasanya juga menggunakan sanggul pasangan.

Baca juga: 8 Karakter Khas Orang Jawa Ini Jadi Kunci Sukses Mereka

Nah, itu lah lima kebiasaan orang Jawa yang diantaranya masih dijalani hingga hari ini. Kalau kamu masih melakukan salah satu diantara kebiasan tersebut apa nggak?

0 Comment