Qupas Beauty

5 Kesalahan Saat Memakai Deodorant yang Bikin Ketiak Mudah Iritasi dan Gatal

04 January 2020, at 06:00
5 Kesalahan Saat Memakai Deodorant yang Bikin Ketiak Mudah Iritasi dan Gatal

Ketiak termasuk salah satu bagian di tubuh yang paling aktif memproduksi keringat. Dan terkadang, rasa gatal sering muncul di area ini.

Usut punya usut, rasa gatal atau bahkan iritasi pada kulit ketiak bisa dipicu oleh kesalahanmu saat memakai deodorant lho.

Nah, biar masalah seperti itu nggak terulang lagi, mendingan simak dulu deh 5 kesalahan saat memakai deodorant yang bisa bikin kulit ketiakmu gatal dan iritasi berikut ini!

1. Salah Memilih Deodorant

memilih deodorant
instagram.com/rexonaforgirls

Deodorant dibuat untuk melawan bakteri penyebab bau badan. Tapi jangan lupa, pilih produk yang mengandung anti perspirant yang diketahui mampu menutrisi kulit ketiak dan mengurangi keringat berlebih.

Jadi jangan cuma memilih deodorant dari wanginya saja. Karena tambahan pewangi juga alkohol, justru berisiko bikin ketiakmu gatal dan iritasi.

2. Salah Waktu Pemakaian

memakai deodorant
instagram.com/biossance

Deodorant umumnya diaplikasikan di pagi hari. Tapi sayangnya, banyak yang memakainya saat keadaan kulit ketiak masih basah setelah mandi.

Padahal, memakai deodorant saat kulit masih basah atau lembap bisa mengurangi efektivitasnya lho. Jadi, pastikan untuk mengeringkan tubuh dulu ya sebelum terburu-buru mengaplikasikan deodorant ke ketiakmu.

Baca juga: 5 Deodoran Alami yang Ampuh Usir Bau Badan dan Ketiak Menghitam

3. Memakai Deodorant Setelah Beraktivitas

kesalahan saat memakai deodoran
instagram.com/aydajebat

Pernah memakai deodorant di siang hari saat keringatmu sedang banyak-banyaknya? Kalau pernah, baiknya jangan diulangi lagi ya.

Sebab, mengaplikasikan deodoran saat ketiakmu sudah berkeringat akan sia-sia dalam mengatasi bau badan. Nggak cuma itu, aroma deodorant dan keringat yang tercampur malah berisiko menimbulkan bau yang kurang sedap.

4. Memakai Deodorant Setelah Bercukur

mencukur ketiak
99centrazor.com

Kulit ketiak yang baru saja dicukur jadi sangat sensitif. Mengaplikasikan deodoran setelahnya tentu akan memicu reaksi iritasi.

Mencukur ketiak yang benar baiknya dilakukan di malam hari. Supaya kulit punya waktu istirahat sebelum terkena deodoran.

5. Memakai Deodorant Secara Berlebihan

memakai deodorant
pinterest.com

Semakin banyak mengaplikasikan deodorant, maka keringat akan lebih terkontrol dan ketiak semakin wangi. Kamu juga berpikir demikian? Kalau iya, coba deh ubah mindset-mu mulai sekarang.

Karena faktanya, penggunaan deodorant spray atau roll on secara berlebihan nggak akan menambah efektivitas dari produk itu. Malah, hanya akan meningkatkan risiko tertinggalnya bekas noda di pakaianmu.

Itulah 5 kesalahan saat memakai deodorant yang bisa memicu timbulnya iritasi dan rasa gatal di kulit keriak. Hayo, kamu sering melakukannya juga apa nggak?