5 Kesalahan Saat Membersihkan Makeup yang Bikin Kulitmu Bermasalah

02 August 2019, at 18:00
0
0
5 Kesalahan Saat Membersihkan Makeup yang Bikin Kulitmu Bermasalah

Girls, kamu pasti tahu kan kalau makeup harus dibersihkan dengan tuntas supaya wajah tetap sehat dan terhindar dari jerawat? Ritual ini sepertinya juga mudah dilakukan.

Tapi, apakah kamu yakin kalau selama ini sudah mempraktikkan cara membersihkan makeup yang benar? Hmm, coba ingat-ingat lagi.

Karena ternyata masih banyak yang melakukan berbagai kesalahan saat membersihkan makeup lho. Apa saja? Yuk langsung simak berikut ini!

1. Mencuci muka dulu

mencuci muka
nbcnews.com

Membersihkan wajah dengan cara triple cleansing atau double cleansing harusnya dilakukan dengan menggunakan cleansing oil atau micellar water kemudian dilanjutkan memakai facial wash.

Tapi ternyata masih banyak yang keliru dan memilih mencuci wajah terlebih dulu. Padahal hal ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat lho.

Baca juga: Triple Cleansing Jadi Cara Membersihkan Wajah yang Disarankan Ahli Kecantikan? Apa Alasannya!

Apalagi, membersihkan makeup di wajah yang sudah basah karena air juga bisa mengurangi efektifitas dari makeup removermu. Jadi, pastikan untuk mengangkat riasan ketika kulitmu kering dan berlum tersentuh facial wash.

2. Salah memilih produk

makeup remover
instagram.com/mamonde_us

Memahami kondisi dan jenis kulit itu sangat penting. Supaya kamu tahu dan nggak salah dalam membeli produk yang tepat untuk wajahmu, termasuk dalam memilih makeup remover.

Sebisa mungkin pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulitmu dan formulanya bisa mengangkat makeup, kotoran, dan minyak secara efektif sekaligus melembabkan wajahmu supaya nggak kering.

3. Hanya mengandalkan facial wipes

membersihkan wajah dengan facial wipes
instagram.com/rollover.reaction

Membersihkan makeup menggunakan facial wipes memang boleh. Tapi tentu saja ada batasannya dan nggak bisa dilakukan setiap hari.

Sebab, sebagus apapun kualitas facial wipes yang kamu pakai, formulanya tetap nggak bisa menggantikan makeup remover dan masih meninggalkan residu. Bila dipakai setiap hari, residu ini akan menumpuk dan menyebabkan berbagai masalah mulai dari jerawat hingga iritasi.

Baiknya pakai facial wipes ketika traveling atau disaat situasi mendesak saja. Jangan dipakai setiap hari ya!

Baca juga: 6 Beauty Hacks yang Bisa Kamu Lakukan saat Traveling

4. Terlalu keras menggosok wajah

membersihkan wajah
instagram.com/studiotropik

Makeup dengan formula waterproof memang sedikit sulit untuk dibersihkan. Tapi jangan sampai kamu menggosok wajah terlalu keras.

Karena hal ini bisa mempercepat timbulnya garis halus dan keriput. Bahkan bila kulitmu sensitif, iritasi dan pengelupasan kulit juga mungkin terjadi lho.

Cara membersihkan makeup waterproof yang tepat adalah dengan memberi tekanan lembut menggunakan kapas yang telah diberi cleanser. Setelah itu usap secara perlahan hingga semua bekas riasan terangkat.

5. Melewatkan beberapa area kulit

kesalahan saat membersihkan wajah
instagram.com/studiotropik

Karena kelelahan, ritual membersihkan makeup di malam hari cenderung dilakukan dengan terburu-buru. Akhirnya beberapa area di wajah malah terlewat dari pulasan cleanser.

Beberapa area yang biasanya dilewatkan adalah alis, rahang, leher, dan telinga. Kalau hal ini terus dibiarkan, jerawat bakalan mudah tumbuh dan penuaan dini juga bisa datang lebih cepat.

Nah, itulah beberapa kesalahan saat membersihkan makeup yang banyak dilakukan para wanita. Gimana, kamu juga sering melakukannya juga apa nggak?

0 Comment