5 Kuliner Kaltim yang Banyak Diburu Wisatawan, Makanan Enak Khas Calon 'Ibu Kota Baru' RI Nih!

05 August 2019, at 19:00
0
0
5 Kuliner Kaltim yang Banyak Diburu Wisatawan, Makanan Enak Khas Calon 'Ibu Kota Baru' RI Nih!

Rencana pemindahan ibukota negara baru mungkin sudah santer terdengar beberapa bulan ini. Walau masih diperbincangkan, tapi beberapa daerah di Kalimantan yang sudah masuk dalam daftar calon ibukota.

Mendengar hal tersebut, banyak daerah di sana yang menyodorkan diri untuk dijadikan ibukota. Salah satunya Provinsi Kalimantan Timur yang mengusulkan daerah Bukit Soeharto dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Nah, sebelum menelusuri lebih dekat tentang kedua daerah yang diusulkan menjadi ibukota tersebut, simak dulu yuk lima rekomendasi wisata kuliner legendaris di Kalimantan Timur ini.

1. Ayam Goreng Sangkulirang

ayam goreng sangkulirang
rumahkaryabersama.com

Kuliner khas yang menyajikan ayam goreng ini wajib kamu cicipi sesampainya ada di daerah Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. Makanan ini disajikan dengan resep bumbu yang sudah turun temurun.

Makanan ini pun dimasak dengan santan dan kecap manis supaya cita rasanya makin mantap. Ada juga menu pendamping berupa tumis buncis atau hati ayam masak merah. Harga per porsinya sekitar Rp100 ribu untuk 14 potong.

Lokasi Rumah Makan Sangkulirang: Tlk. Lingga, Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur

Buka dari: 07:00-17:00 WIB

2. Gence Ruan

gance ruan kutai timur
instagram.com/dunia.etam

Kuliner daerah yang menyajikan ikan bakar dengan sambal goreng di atasnya ini memang menggoda sekali untuk dinikmati. Haruan sendiri adalah nama lain dari ikan gabus.

Sambal merah dengan ulekkan kasar. Walau warnanya merah, namun cita rasa yang tersaji cukup manis asam. Itu karena siraman air asam jawa yang dicampurkan dalam satu ulekan sambal.

Lokasi Rumah Makan Pangandaran: Swarga Bara, Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur

Buka dari: 10:00-23:00 WIB

3. Sayur Asam Kutai

sayur asam kutai
moms-daily.blogspot.com

Kalau sayur asem dengan isian potongan sayur-sayuran pasti sudah sangat biasa. Tapi kalau berisikan ikan patin, tentu luar biasa. Masakan ini jadi menu khas Kalimatan Timur yang bisa kamu temui waktu berkunjung ke sana.

Untuk isian sayurnya sangatlah melimpah, yaitu dengan potongan talas, kangkung, dan jantung pisang batu. Ada taburan garam dan air perasan jeruk nipis di atasnya guna menambah rasa masam pada masakan.

Lokasi Rumah Makan Selera Khas Kutai Sengatta: Jalan Karya Etam, Sangatta Utara, Kutai Timur

Buka dari: 24 jam

Baca juga: Berbagai Macam Resep Sayur Asem dari Aceh hingga Surabaya yang Punya Cita Rasa khas tiap Mangkuknya

4. Gangan Manok

gangan manok kutai timur
grid.id

Gangan Manok sendiri merupakan sajian bakso dengan sayur bayam. Disajikan dengan kuah kaldu daging ayam yang lengkap dengan rempah-rempah.

Untuk isiannya sendiri ada irisan bawang, bakso, oyong, dan tomat cherry yang menyegarkan. Untuk harganya, biasanya disajikan dengan harga Rp10 ribu saja.

Lokasi Rumah Makan Gangsar Jaya: Jalan Poros SP1, Wanasari, Muara Wahau

Buka dari: 08:30-22:00 WIB

5. Sate Payau

sate payau kutai timur
instagram.com/rindacakeandsteakhouse

Beda dari kuliner sate yang lainnya, sate payau terbuat dari daging rusa. Biasanya disajikan saat acara adat sebagai jamuan makan bagi pengunjung.

Sate payau ini rasanya manis dan gurih, teksturnya pun terasa lembut. Dengan olesan bumbu kecap dan kacang, kamu akan dibuat ketagihan deh.

Lokasi RM Tepian Pandan7: Jalan Wolter Monginsidi No.16, Timbau, Tenggarong, Kutai

Buka dari: 08:00-22:00 WIB

6. Bubur Pedas

bubur pedas kutai timur
instagram.com/irwandioldprint

Sajian di pagi hari khas Kalimantan Timur ini beda dari bubur yang biasa ktia makan, karena rasanya lebih pedas. Untuk isiannya sendiri ada ikan teri, kacang goreng, dan irisan ayam.

Nggak lupa juga dengan kenikmatan sayur yang direbus menjadi satu. Pas banget dinikmati saat tubuh terasa tak sehat.

Lokasi Rumah Makan IDAMAN: Jalan Ery Suparjan No. 139, Sangatta Utara

Buka dari: 09:00-22:00 WIB

Lima tempat makan enak itulah yang bisa kamu kunjungi saat berada di daerah Kalimantan Timur, tepatnya kabupaten Kutai Timur yang disebut menjadi calon daerah ibukota nantinya. Gimana, tertarik buat coba yang mana nih?

0 Comment