5 Kuliner Khas di Raja Ampat buat Pecinta Olahan Seafood Rebus

23 July 2018, at 07:26
4
0
5 Kuliner Khas di Raja Ampat buat Pecinta Olahan Seafood Rebus

Berbicara tentang Raja Ampat memang tidak akan pernah habis karena pesona alamnya yang rupawan. Alam sekitarnya yang masih asri, udaranya yang begitu sejuk, dan warga yang juga ramah kepada wisatawan menjadi sederet alasan untuk berkunjung ke destinasi wisata di ujung timur Indonesia ini. Selain, keindahan wisatanya yang menjadi daya tarik untuk wisatawan. Kuliner khas di Raja Ampat juga menjadi salah satu alasan untuk kembali berkunjung ke sana.

Berikut makanan khas Raja Ampat yang bisa kamu cicipi, dijamin bakal ketagihan!

 

Udang selingkuh

KSMTour.com

Mungkin nama dari masakan ini terdengar sedikit menggelikan. Namun, nama masakan itulah justru yang menjadi buah bibir karena rasa penasaran para wisatawan. Masakan udang ini diberi nama demikian karena udang yang siap dimasak diberi capit kepiting. Seolah-olah udang ini seperti berselingkuh dengan kepiting. Biasanya udang dimasak dengan direbus maupun dibakar.

 

Ikan Bakar Manokwari

food.detik.com

Kuliner khas Raja Ampat ini mengolah bakaran ikan laut, Manokwari. Masakan ini menjadi salah satu masakan favorit di sana, karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Cocok untuk menambah energi dan stamina setelah seharian berkeliling dan bermain di sana. Terlebih, ikan ini dibakar dengan cara yang masih tradisional agar citarasa dan kesegaran ikan masih terjaga hingga suapan terakhir.

 

Ikan Bungkus

wisataku.id

Masakan seafood khas Raja Ampat selanjutnya adalah ikan bungkus. Untuk membuat masakan ini tidaklah terlalu sulit, pilih salah satu jenis ikan lalu bumbui dengan bumbu khas Raja Ampat yang lezat dan nikmat. Tambahkan juga daun salam agar bau masakan semakin sedap. Dijamin deh, lezat rasanya tidak akan mengecewakan.

 

Ikan Tongkol pendamping papeda

Bello.id

Mungkin seantero negeri sudah tahu masakan khas Papua, yaitu Papeda. Masakan yang berbahan dasar sagu ini memang memiliki kandungan gizi yang lumayan tinggi. Biasanya masakan yang lumrah disajikan dengan papeda adalah ikan tongkol goreng yang gurih. Rasanya yang nikmat tentu membuat siapa saja ingin nambah makan lagi dan lagi.

 

Kuah Lalapan

youtube.com/IndonesiaKaya

Kuliner khas Raja Ampat yang terakhir adalah kuah lalapan. Kuah ini juga biasanya dijadikan pendamping masakan papeda lengkap dengan ikan tongkol bakar. Kuah ini dimasak dengan potongan cabai tipis-tipis dan irisan bulat belimbing wuluh. Tak ketinggalan juga air perasan jeruk nipis yang nikmat.

Nah, itulah sederet kuliner khas Raja Ampat yang rasanya sudah pasti memiliki citarasa yang nendang dan mantab, bikin kamu jadi ingin nambah dan balik berkunjung ke Raja Ampat. Yuk siap-siap berangkat lagi!

0 Comment