5 Kuliner Khas Rembang yang Nggak Bakal Kamu Dapat dari Daerah Lain

17 June 2019, at 05:00
0
0
5 Kuliner Khas Rembang yang Nggak Bakal Kamu Dapat dari Daerah Lain

Rembang termasuk kawasan jalur Pantura yang seringkali menjadi jalur mudik saat lebaran. Di sepanjang jalan, para pengguna jalan bukan hanya akan disuguhkan pemandangan pantai utara yang luas. Tapi juga deretan kuliner dengan cita rasa yang juara banget ada di sana.

Simak deh, masakan unik khas Rembang yang bisa kamu nikmati nggak hanya saat mudik saja!

1. Urap Latoh

resep urap latoh rembang
instagram.com/sandang_pangan

Kuliner khas Rembang yang bisa kamu cicipi saat pertama kali berada di sana adalah urap latoh. Sajian ini beda pada umumnya.

Itu karena tambahan rumput laut berwarna hijau terang dan diiris tipis dengan bahan urapan lainnya. Selain itu juga ada cita rasa gurih dari kelapa parut.

2. Kelo Mrico

kuliner khas rembang kelo mrico
instagram.com/denitr25

Menu masakan berkuah khas Rembang ini menyajikan ikan laut segar dengan bumbu merica, cabai merah keriting, kemiri, lengkuas, dan asam jawa.

Cita rasa asam dari kuah kuning kelo mrico bisa diracik dengan blimbing wuluh. Untuk bisa mencicipi olahan ikan rebus, kamu bisa mampir ke salah satu restoran di sepanjang pesisir pantai Rembang.

3. Lontong Tuyuhan

masakan khas rembang lontong tuyuhan
instagram.com/susiasih

Kuliner khas Rembang selanjutnya yang unik banget ini menyajikan lontong dengan bentuk segitiga. Biasanya disajikan dengan kelo mrico atau gulai ayam saat lebaran.

Menu makanan tuyuhan memiliki tekstur kuah yang pas, nggak terlalu kental maupun encer. Hidangan mengenyangkan ini berasal dari desa Tuyuhan yang juga berada di Kabupaten Rembang.

Baca juga : 8 Kuliner Mojokerto dari yang Legendaris hingga Kekinian

4. Sate Serepeh

sate serepeh
instagram.com/tukangiciprembang

Sate memang menjadi menu masakan khas Indonesia yang bisa ditemui di setiap penjuru negeri. Di Rembang, makanan ini disajikan dengan bumbu santan yang pedas.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang biasanya menggunakan bumbu kacang atau pun kecap. Ada rasa asin gurih yang istimewa di setiap porsi menunya. Kalau sekali coba, pasti ingin nambah lagi!

5. Lontong Sambel

lontong sambel rembang
instagram.com/theresia_7779

Buat yang suka banget dengan masakan pedas, bisa nih mencicipi menu lontong sambel yang nendang banget di lidah.

Dengan isian tahu goreng penyet dan gorengan, seperti tempe goreng tepung yang krenyes di mulut. Istimewanya lagi, makanan ini disajikan dengan daun jati yang menambah aroma nikmat dan lezat.

Itulah lima kuliner khas Rembang yang harus kamu cicipi saat berada di sana. Buat kamu yang ingin tahu rekomendasi tempat makan lainnya, bisa lho buka-buka di artikel Qupas lainnya.

0 Comment