5 Langkah Mengatasi Kesedihan dan Kehilangan Akibat Kematian Orang Tercinta

02 August 2019, at 09:00
0
0
5 Langkah Mengatasi Kesedihan dan Kehilangan Akibat Kematian Orang Tercinta

Ditinggalkan untuk selamanya oleh orang tercinta, seperti orang tua, keluarga, saudara, atau sahabat memang nggak pernah terbayangkan sebelumnya.

Sehingga saat hal tersebut terjadi, kamu akan diselimuti oleh duka yang mendalam dan nggak mudah dihilangkan. Meskipun demikian, kesedihan nggak boleh terus-menerus dibiarkan karena akan memengaruhi kesehatan psikis dan fisikmu.

Oleh sebab itu, berikut ini 5 langkah yang dapat membantu mengatasi kesedihan dan kehilangan akibat kematian orang tercinta yang dapat kamu coba.

Baca Juga: Ketika Pasangan Mengidap Penyakit Parah, Ini yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mendukungnya

1. Menangis Sebanyak yang Kamu Butuhkan

menangis
pexels.com/@katlovessteve

Saat dihadapkan pada kesedihan yang mendalam, menangis merupakan salah satu cara terbaik untuk melampiaskan, mengurangi rasa duka, dan membuatmu sedikit lega.

Apalagi apabila hal tersebut bersangkutan dengan kematian, menangis merupakan suatu respon yang sangat wajar sehingga kamu nggak perlu malu atau sungkan untuk melakukannya.

Terima dan akui kesedihan tersebut dan menangislah sebanyak yang kamu butuhkan. Biarkan dirimu merasakan sakitnya kehilangan karena tangisan akan membuat beban fisik serta mentalmu menjadi lebih ringan.

2. Berikan Waktu Kepada Dirimu

berikan waktu
pexels.com/@d-ng-nhan-324384

Selain menangis sebanyak yang dibutuhkan, orang yang sedang berduka atas kehilangan juga sebaiknya memberikan waktu untuk diri sendiri. Jangan memaksakan move on atau bangkit dari kesedihan padahal sebenarnya kamu belum siap.

Pada dasarnya masing-masing orang memiliki waktu yang beragam untuk meredakan kesedihan, bisa dalam beberapa hari, beberapa minggu, bahkan bertahun-tahun. Jadi, kamu tetap bisa melangkah ke dapan tanpa perlu terburu-buru menanggalkan kesedihan.

3. Minta Bantuan

minta bantuan
amendo.com

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang berduka adalah memendamnya sendirian. Padahal, sebanarnya sangat penting untuk meminta bantuan.

Akuilah bahwa kamu membutuhkan seseorang untuk bersandar, menemanimu menangis, dan menjadi pendengar yang baik. Mintalah bantuan kepada orang terdekat yang kamu percaya untuk mengungkapkan kesedihanmu.

Selain itu, kamu juga bisa menemui orang-orang yang bernasib sama dan menemukan dukungan dari mereka yang mengalami situasi serupa.

Baca Juga: Pasangan Alami Depresi? Berikan Cinta dan Dukunganmu dengan Cara Ini

4. Ungkapkan Emosi

ungkapkan emosi
theodysseyonline.com

Saat dilanda kesedihan, mengungkapkan emosi merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan. Apabila kamu memang nggak memiliki orang lain untuk berbagi, cobalah untuk berbicara dengan diri sendiri di depan cermin atau menuliskannya dalam buku harian.

Hal tersebut akan membuatmu lebih lega dan lebih mudah untuk menentukan langkah selanjutnya karena sudah melepaskan emosi-emosi negatif.

5. Memperhatikan Diri

perhatikan diri
pexels.com/@pixabay

Kesedihan yang mendalam terkadang membuat orang melupakan tentang dirinya sendiri. Mulai dari kesehatan, penampilan, hingga kehidupan sehari-hari.

Padahal, hal-hal tersebut nggak bisa menyembuhkan rasa duka dan justru memperparahnya. Oleh sebab itu, kamu tetap perlu melakukan hal-hal seperti makan, mandi, berganti pakaian, dan sesekali pergi ke luar rumah untuk menghirup udara segar.

perhatikan dirimu
pexels.com/@alison-leedham-1316264

Meskipun awalnya sulit, namun lama-kelamaan hal tersebut akan membuatmu merasa lebih baik. Intinya, kamu harus memberikan waktu bagi dirimu untuk menyembuhkan kesedihan namun hal tersebut nggak boleh membuatmu mengasingkan diri dari kehidupan.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 langkan yang dapat kamu terapkan saat dilanda kesedihan atas kehilangan orang yang tersayang.

0 Comment