5 Langkah Mudah Menghilangkan Bau Tanah pada Ikan Gurami ala Koki Profesional

18 November 2019, at 09:00
0
0
5 Langkah Mudah Menghilangkan Bau Tanah pada Ikan Gurami ala Koki Profesional

Gurami adalah salah satu ikan tawar yang memiliki kandungan protein cukup tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya, seperti lele atau ikan mas.

Nggak hanya kandungan proteinnya saja yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tapi juga tekstur dagingnya tebal dan mudah diolah menjadi apa saja.

Tapi, pernah nggak sih sobat Qupas merasa terganggu dengan aroma tanah atau lumpur yang melekat pada daging ikan? Tenang, ada lima langkah mudah untuk menghilangkannya. Begini caranya!

1. Taburi dengan garam

cara menghilangkan bau ikan gurami
healthy-magazines.com

Menaburi garam sebelum mengolah ikan gurami adalah langkah yang tepat. Pasalnya, bumbu dapur ini memiliki sifat yang mengikat bau.

Jadi, taburi dan baluri garam ke bagian perut ikan. Kemudian diamkan selama 1 jam dan bilas hingga bersih.

2. Baluri dengan mentimun

baluri ikan dengan mentimun
myrecipes.com

Nggak hanya menggunakan garam saja. Mentimun juga bisa menetralisir bau tanah pada ikan gurami lho.

Caranya dengan membersihkan seluruh permukaan ikan dan mendiamkannya dengan cacahan mentimun selama 30 menit saja.

Baca juga: Cuma Ditambah Bahan Seadanya, 4 Kreasi Sarden Kalengan Ini Bisa Jadi Menu ala Kafe Kekinian

3. Menghilangkan bau tanah dengan rempah-rempah

menghilangkan bau tanah pada ikan gurami enak
instagram.com/tatamaritta

Cara menghilangkan bau tanah pada ikan gurami lainnya adalah dengan cara marinasi, yaitu proses perendaman daging menggunakan bumbu.

Marinasi ikan yang sudah dibersihkan dengan rempah beraroma kuat. Bisa menggunakan salah satu rempah seperti serai, daun jeruk, kunyit, atau bawang putih. Gunakan secukupnya, agar bau tanah pada ikan menghilang.

4. Lumuri dengan air jeruk nipis

lumuri ikan gurami dengan jeruk nipis
resepkuliner.web.id

Air jeruk nipis bukan cuma dipercaya bisa menghilangkan bau amis pada daging. Bau lumpur pada ikan gurami pun akan musnah kalau kamu menggunakannya.

Caranya yaitu dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan garam dalam sebuah wadah. Lalu, masukkan ikan yang sudah dibersihkan dan rendam selama 20 menit saja.

5. Rendam dengan susu

rendam dengan susu uht
pepper.ph

Ini nih, rahasia daging ikan guramimu bisa seenak restoran seafood bintang lima. Gunakan susu cair untuk menghilangkan bau tanah pada ikan.

Susu cair memiliki kandungan kasein yang bisa mengikat zat kimia yang menyebabkan bau pada ikan tawar. Bahkan nggak hanya menghilangkan bau saja. Olahan ikanmu pun akan tambah gurih.

Jadi, sudah nggak perlu ragu lagi deh untuk memasak ikan gurami. Kalau kamu, paling suka mengolah ikan air tawar ini jadi masakan apa?

0 Comment