5 Makanan dengan Nama 'Solo' ini bikin Kamu Langsung Kepengen

30 August 2018, at 07:55
1
0
5 Makanan dengan Nama 'Solo' ini bikin Kamu Langsung Kepengen

Camilan enak dan gurih, Indonesia jelas punya ribuan macam. Berbagai macam juga namanya yang aneh nan unik., salah satunya dengan nama “solo”. Kota yang memiliki budaya serta objek wisata menarik ini rupanya juga menjadi lumbung kuliner yang lezat!

Nggak herna kalau ada beberapa nama makanan yang ada embel-embel kata 'Solo', sebut saja sosis Solo yang legit dan gurih itu. Ternyata ada banyak, hati-hati kepengen kalau melihatnya. Yuk diagendakan mencicipinya satu persatu di kota asalnya:

Baca juga: Asyiknya Wisata Kuliner Malam di Semarang ke 5 Tempat Makan Ini

1. Sosis solo

sosis solo khas semarang
instagram.com/nova_mariatanto

Kalau pergi ke pasar tradisional, pasti sering melihat ibu-ibu yang menjajakan jajanan pasar. Salah satu dari jenis jajanan pasar itu pasti ada sosis solo. Dijual dengan harga 2ribu rupiah hingga 3ribu rupiah, muriah meriah dan menyehatkan.

Dengan isian daging ayam yang sudah dicincang lalu dibungkus dengan telur dadar sebagai lapisannya. Paling enak dimakan keadaan masih hangat. Ditambah dengan cabai hijau yang pedas menggigit saat dikunyah bersama dengan potongan kue lezat satu ini.

sosis solo camilan khas semarang
instagram.com/dwipristiwanti

Resep sosis solo tidaklah sulit untuk mencarinya, kamu pasti sudah punya bahannya dirumah. Seperti telur, daging ayam giling, garam, merica, dan minyak goreng. Daging yang sudah digiling bisa langsung kamu taburi garam dan merica bubuk.

Kemudian langsung bentuk diatas telur dadar dan lipat memanjang. Setelah itu goreng di api yang sedang. Makanan tradisional sejak jaman Belanda pun sudah siap menemani sore hari dengan secangkir teh.

2. Bakso solo

bakso solo khas semarang
resepkoki.id

Ternyata ada perbedaan bakso solo dengan bakso lainnya loh. Kalau bakso solo memiliki tekstur yang lembut dengan isian urat atau telur ayam. Mienya juga berbeda yaitu pakai bihun putih yang tipis nan kenyal.

Isi pelengkap dari bakso solo juga nggak banyak, lebih fokus pada pentol, bihun dan goreng pangsit. Ada beberapa yang menambahkan tahu bakso serta kikil. Pasti berbeda dengan varian isi pelengkap bakso malang yang lebih lengkap dengan variannya yang banyak sekali.

bakso solo khas semarang
kaltim.tribunnews.com

Kuah bakso solo berwarna bening, dengan rasa asin, gurih, dan rempah-rempah yang menghangatkan tubuh. Cocok untuk disantap saat hujan tiba. Mungkin di daerahmu tinggal, sudah banyak abang gerobak atau rumah makan bakso solo yang buka.

Maklum saja, bahannya yang mudah dan tidak membutuhkan banyak modal membuat usaha bakso solo berkembang pesat. Dan juga, para penggemar bakso ini yang semakin banyak. Mencicipi makan bakso solo dengan kuah yang khas dan menggigit lidah.

3. Selat solo

selat solo khas semarang
instagram.com/eatsavory_solo

Ini nih sajian steak ala Eropa yang kemudian dimasak kembali menjadi ala Solo. Dulunya, makanan ini disajikan untuk para raja atau bangsawan kala itu. Jaman yang mulai berganti, makanan itu sudah dapat ditemui dan dicicipi di pernikahan dengan budaya Jawa.

Nama selat solo ini sebenarnya juga disebut salad solo, karena memiliki sajian sayur sayuran mirip salad. Ada kentang, wortel, kacang polong, tomat, dan selada.

selat solo kuliner khas semarang
unileverfoodsolutions.co.id

Tentu dalam sepiring sajiannya memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi. Walau mirip dengan steak ala Eropa, bistik Jawa ini diracik dengan resep masakan khas Solo.

Kuah hitam dari kecam manis yang dipadukan dengan bawang putih, cuka, dan bumbu rempah. Untuk membuat selat solo ala rumahan mungkin akan sedikit ribet karena bahannya banyak dan daging sapi yang digunakan juga bukan sembarangan.

Baca juga: 7 Restoran di Jogja Berlatarkan Sawah, Sensasi Makan Pakai Camping!

4. Serabi solo

serabi solo khas semarang
instagram.com/cak_moendez

Kalau lagi berlibur ke Semarang, jangan lupa bawa serabi solo untuk buah tangan. Oleh oleh khas Solo ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Dimana-mana serabi solo ini masak diatas penggorengan yang terbuat dari tanah liat.

Kemudian dipanaskan diatas arang. Cara membuatnya masih tradisional sekali. Kini serabi solo memiliki banyak topping, seperti ketan merah, pisang, potongan nangka, keju atau kismis.

serabi solo khas semarang
limakaki.com

Bentuknya yang seperti pancake ini cukup digemari hingga saat ini. bukan hanya orang tua tapi juga anak muda. Sudah banyak usaha kecil-kecilan yang menjual serabi solo sebagai langkah awal berbisnis kuliner khas Solo.

Kalau di Solo sendiri ada toko serabi yang cukup terkenal, namanya serabi notosuman. Berada di kampung perbatasan notosuman dan kratonan. Per serabi nya harganya 5ribu rupiah.

5. Timlo solo

timlo solo khas solo
instagram.com/bawahgoban.id

Satu lagi nih, makanan dengan nama “solo” itu adalah timlo solo. Sejenis dengan sop yang berisikan personil tetap, seperti suwiran daging ayam, telur, pindang kecap, ampela ati, dan sosis solo.

Tentu dengan kuah yang kaya dengan rempah. Dihidangkan hangat lebih nikmat. Ada sebagian warung makan di solo yang menawarkan, keripik kentang dan mi suhun sebagai penambah isian.

timlo solo khas solo
indonesiakaya.com

Ada beberapa tempat makan yang bisa kamu tuju untuk mencicipi kuliner khas solo ini, seperti timlo solo sastro yang berada di sekitar kampung balong. Sudah berdiri sejak tahun 1952. Tentu resep timlo solo masih terjaga hingga hari ini.

Bisa juga menuju ke timlo maestro, berlokasi di Jalan K.H.Ahmad Dahlan no.60. Menawarkan menu timlo komlit dengan harga 20ribu rupiah. atau kamu juga bisa mencoba timlo sosis berbentuk pipih dengan harga 15ribu rupiah saja.

Aneka makanan dengan kata “solo” yang enak dan melegakan ini bisa kamu cicipi. Apalagi dengan harga yang lumayan terjangkau dan mengenyangkan. Bikin betah pingin berlama-lama mencicipi kuliner khas solo.

0 Comment