5 Makanan Diet untuk Penderita Maag, Jangan Asal Pilih Ya!

23 October 2019, at 10:00
0
0
5 Makanan Diet untuk Penderita Maag, Jangan Asal Pilih Ya!

Memiliki penyakit maag memang merepotkan. Selain nggak boleh telat makan, masalah kesehatan lambung ini juga punya segudang pantangan termasuk saat ingin melakukan diet.

Meskipun nggak dianjurkan, kamu tetap bisa menemukan banyak cara diet untuk penderita maag yang aman. Salah satunya adalah dengan memerhatikan menu makanan.

Berikut ini beberapa makanan yang dianjurkan dan baik bagi penderita maag. Bisa kamu manfaatkan untuk menu dietmu!

1. Brokoli

brokoli
pexels.com/@buenosia-carol-116286

Tahukah kamu, meskipun rasanya nggak disukai oleh banyak orang namun sayuran hijau yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Untuk penderita maag, brokoli bahkan bisa menjadi salah satu makanan diet yang tepat. Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya kandungan antioksidan yang dapat melindungi mucosa lambung di dalamnya.

2. Pisang

pisang
pexels.com/@pixabay

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi sehingga cocok untuk dijadikan menu diet bagi penderita maag. Teksturnya yang lembut pun lebih mudah dicerna oleh lambung.

Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan vitamin E, asam amino, antioksidan, dan omega 3 yang baik untuk pencernaan karena mampu menetralisir asam lambung.

3. Kentang Rebus

kentang
pexels.com/@pixabay

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kentang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga seringkali dijadikan sebagai pengganti nasi.

Bagi penderita maag yang sedang menjalankan program diet, kentang rebus bisa menjadi pilihan menu yang cocok lho. Sama seperti pisang, makanan ini ternyata memiliki kandungan yang dapat menetralisir asam lambung di dalamnya.

Meskipun demikian, kamu nggak disarankan untuk mengolah kentang dengan cara lain seperti di goreng atau dibumbui karena hal tersebut akan membuat khasiatnya nggak maksimal.

Baca Juga: 6 Tips Diet untuk Penderita Maag yang Aman Buat Lambungmu

4. Bubur Ayam

bubur ayam
madreview.net

Makanan diet untuk penderita maag lainnya yang bisa menjadi pilihanmu adalah bubur ayam. Pola makan yang nggak tepat saat menjalankan program diet bisa membuat asam lambung naik dan penyakitmu kambuh.

Maka dari itu, mengonsumsi bubur ayam untuk sarapan bisa menjadi pilihan karena teksturnya yang lembut sehingga aman bagi pencernaan. Selain itu, kandungan gizi yang ada di dalamnya juga bisa memenuhi kebutuhan tubuhmu.

5. Air Kelapa

air kelapa
pexels.com/@belart84

Tahukah kamu, air kelapa juga cocok menjadi menu sehat untuk penderita maag lho. Selain memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, minuman tersebut dapat mencegah kerusakan ekstra pada pencernaan.

Nggak cuma itu, air kelapa juga efektif untuk menetralisir racun dalam tubuh sehingga dapat membantu proses dietmu menjadi lebih sehat.

Jadi, itu dia Sobat Qupas beberapa menu diet untuk penderita maag yang bisa kamu pilih. Jangan sembarangan pilih supaya nggak mudah kambuh, ya!

0 Comment