5 Makanan yang Ternyata Karbohidratnya Lebih Tinggi dari Nasi

19 December 2018, pada 06:30
2
0
5 Makanan yang Ternyata Karbohidratnya Lebih Tinggi dari Nasi

Karbohidrat memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, diantaranya dapat menghasilkan energi penyeimbang proses oksidasi lemak yang tidak sempurna, membantu agar protein dapat bekerja dengan baik dan memiliki peran penting dalam berbagai proses dalam tubuh.

Maka dari itu, makanan yang mengandung karbohidrat perlu dikonsumsi setiap hari untuk kebutuhan nutrisi.

Kamu mungkin mengira bahwa nasi yang dikonsumsi sehari-hari memiliki kandungan karbohidrat tertinggi daripada makanan yang lainnya.

Beras putih atau nasi memang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sebesar 28 gram per 100 gram atau 7,2% AKG (Angka Kecukupan Gizi).

Akan tetapi, 8 makanan yang sering kamu temui ini ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi, lho. Kamu pasti terkejut!

1. Pasta

pasta
foodnetwork.com

Pasta merupakan salah satu makanan utama bagi masyarakat Eropa. Hal ini karena berbagai macam pasta mengandung karbohidrat yang tinggi dan mengenyangkan bila dimakan. Setiap 100 gram pasta mengandung 31 gram karbohidrat atau 8,2% AKG.

Pasta cocok dinikmati dengan saus, daging, dan sayuran. Satu porsi pasta biasanya mengandung 97 gram karbohidrat. Hmm, tinggi ya?

2. Singkong

singkong
masakapaya.com

Setelah makanan barat, di urutan kedua terdapat makanan tradisional Indonesia, nih. Masyarakat Indonesia di beberapa daerah menjadikan singkong sebagai makanan pokok pengganti nasi, lho. Hal ini karena singkok dirasa lebih mengenyangkan daripada nasi.

Beberapa orang menyatakan bahwa mengonsumsi singkok sama halnya dengan mengonsumsi nasi merah, dengan jumlah yang lebih sedikit rasa kenyangnya sudah setara dengan makan nasi putih dalam jumlah yang lebih banyak.

Kandungan karbohidrat dalam singkong sebanyak 38 gram per 100 gram atau 10,13% AKG. Sepotong singkong mengandung 16 hingga 17 gram karbohidrat.

3. Roti

roti gandum
shutterstock.com

Siapa yang suka makan roti? Makanan ini ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi, terutama yang terbuat dari gandum.

Selain kandungan serat yang tinggi, roti gandum mengandung sebesar 20 gram karbohidrat dalam setiap tangkapnya.

Pada setiap 100 gram roti terdapat 51 gram karbohidrat atau 13,6% AKG.

4. Mi

mie
hellosehat.com

Mi merupakan makanan yang seringkali digunakan sebagai pengganti nasi, roti, kentang dan ubi-ubian lain. Mi dan bihun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi karena terbuat dari beras dan jagung.

Mi mengandung sebanyak 71 gram karbohidrat per 100 gram atau 18,93% AKG. Dalam satu porsi bihun terdapat 82 karbohidrat.

Baca juga: Suka Makan Kuaci? Inilah 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapat!

5. Jagung

jagung
doktersehat.com

Sebanyak 100 gram biji jagung mengandung 74 gram karbohidrat atau 19,73 AKG dan menghasilkan energi sebanyak 365 Kcal (USDA, 2008). Terdapat banyak olahan jagung yang beredar di masyarakat, seperti bihun, minyak jagung, pati jagung, dan lain sebagainya.

Selain tinggi karbohidrat, jagung juga kandungan kalori yang rendah dan kaya akan vitamin A dan B1.

6. Sereal

sereal
hellosehat.com

Hmm, kamu pasti sering mengira bahwa sereal tidak memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Padahal, dalam setiap 100 gram sereal terdapat sebesar 75 gram karbohidrat atau 20% AKG, lho! Tinggi, ya!

Hampir satu mangkuk sereal dipenuhi dengan karbohidrat. Tidak heran jika sereal sering dijadikan pengganti nasi untuk sarapan.

7. Tepung Sagu

tepung sagu
bello.id

Sagu merupakan tepung atau olahan dari pohon sagu. Makanan ini merupakan makanan pokok bagi orang Maluku dan Papua yang tinggal dipesisir. Saggu sering dikonsumsi dalam bentuk papeda atau olahan lainnya.

Pada 100 gram sagu terdapat 76 gram karbohidrat atau 20,67% AKG. Meskipun kaya dengan karbohidrat, akan tetapi kandungan gizi sagu lainnya sangat minim.

8. Gula

gula
thinkstock.com

Gula merupakan sumber karbohidrat paling tinggi, sehingga setiap makanan yang mengandung gula sudah pasti di dalamnya terdapar karbohidrat. Pada 100 gram gula terdapat 100 gram karbohidrat atau 26,67% AKG.

Tinggi sekali, kan? Semua yang terdapat pada gula merupakan karbohidrat. Berdasarkan data tersebut kalori yang dihasilkan adalah sebanyak 386 Kcal.

Bagaimana teman-teman, sudah tahu kan sekarang? Nasi bukan lah sumber karbohidrat tertinggi dalam kehidupan kita. 8 makanan di atas memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dari nasi.

Selain 8 makanan tersebut, buah-buahan seperti pisang, mangga, dan apel juga memiliki jumlah karbohidrat yang cukup tinggi meskipun tidak setinggi nasi dan 8 makanan di atas.

0 Komentar