Bagi masyarakat modern, alas kaki telah menjadi benda wajib yang dikenakan sehari-hari. Bahkan untuk di dalam rumah pun, banyak orang yang terbiasa menggunakan alas kaki. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari melindungi keselamatan kaki dari benda-benda kecil yang tak terlihat hingga mencegah kulit kaki pecah-pecah.

 

Tetapi, tahukah kamu, berjalan tanpa alas kaki pun sebenarnya punya banyak manfaat. Meski memang mengandung risiko kaki terluka, tetapi anak-anak kecil pun harus diperkenalkan berjalan tanpa alas kaki. Hal ini akan merangsang kepekaannya dan melatih motoriknya.

 

pixabay.com

 

Nah, apa saja sih manfaat berjalan tanpa alas kaki? Manfaatnya ternyata menakjubkan lho untuk kesehatan, antara lain:

 

Mencegah stres

 

Berjalan tanpa alas kaki bisa jadi alternatif liburan mahal untuk melepaskan penat dan mencegah stres. Berjalan tanpa alas kaki di pagi hari, dengan menapakkan kaki di atas rerumputan basah, dapat melepaskan energi negatif dalam tubuh. Rasa segarnya pun mengalir ke seluruh tubuh hingga otak agar lebih rileks.

 

Memperbaiki insomnia

 

Insomnia alias gangguan tidur memang menyiksa. Tanpa kita sadari, sebetulnya gangguan tidur ini merupakan sinyal ada bagian dari tubuh kita yang stres. Berjalan tanpa alas kaki akan merangsang saraf agar tubuh lebih santai dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

 

Mencegah penyakit jantung

 

Penyakit jantung muncul karena seseorang kurang bergerak. Salah satu olahraga yang mudah dilakukan adalah berjalan kaki. Lebih sehat lagi jika kamu berjalan kaki di pagi hari tanpa menggunakan alas kaki.

 

pixabay.com

 

Mengurangi risiko peradangan

 

Peradangan muncul karena terlalu banyak kadar elektron positif dalam tubuh. Maka itu, kita perlu melepaskannya. Caranya adalah berjalan tanpa alas kaki. Melalui kaki yang bersentuhan langsung dengan bumi, kadar elektron positif akan terlepas. Kamu hanya perlu berjalan tanpa alas kaki dan langsung menyentuh tanah selama lima hingga sepuluh menit per hari.

 

Melancarkan peredaran darah

 

Tekstur tanah yang tidak rata, jika bersentuhan dengan telapak kaki, akan melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan mengurangi risiko berbagai macam penyakit. Selain itu, peredaran darah yang lancar akan membuat otak lebih segar.

 

Ternyata begitu besar manfaat berjalan tanpa alas kaki ya. Tetap berhati-hati saat melangkah dan perhatikan situasi di sekitar tempatmu berjalan agar tidak terkena risiko yang berbahaya. Keep healthy and keep moving on!

0 Comment