Qupas Family

5 Manfaat Bermain Catur untuk Perkembangan Anak, Bunda Sudah Tahu Belum?

20 May 2020, at 06:24
5 Manfaat Bermain Catur untuk Perkembangan Anak, Bunda Sudah Tahu Belum?

Kegiatan apa saja yang sudah kamu lakukan bersama buah hati selama melakukan karantina mandiri saat pandemi? Beberapa orang mungkin sudah mencoba hampir semua permainan dan kini mulai bosan.

Kamu juga merasa demikian? Coba deh ajarkan dan ajak si kecil untuk bermain catur. Meskipun cabang olahraga yang satu ini nggak sepopuler sepakbola dan bulu tangkis, namun ternyata catur punya banyak manfaat untuk perkembangan anak lho!

Penasaran, kan? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Melatih Konsentrasi Anak

Manfaat Permainan Catur (Foto: medium.com)
medium.com

Manfaat bermain catur untuk anak yang pertama adalah melatih konsentrasi. Bagaimana nggak, permainan tersebut menuntut si kecil untuk fokus melihat peluang dan mempertimbangkan segala kemungkinan.

Selain itu, waktu yang terbatas untuk berpikir juga secara nggak langsung membuat anak berusaha untuk lebih memusatkan konsentrasi.

2. Melatih Kesabaran

Anak Bermain Catur (Foto: chessbaron.ca)
chessbaron.ca

Bermain catur juga dapat melatih kesabaran anak. Karena permainan dilakukan secara bergantian, maka buah hati harus menunggu giliran.

Nggak hanya itu, si kecil juga akan belajar sabar dalam menunggu peluang untuk menang.

3. Meningkatkan Kreatifitas dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Manfaat Bermain Catur untuk Anak (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Permainan catur juga menuntut si kecil untuk berpikir kreatif dalam menyusun strategi untuk mengalahkan lawan.

Setelah terbiasa menganalisis cara bermain lawan dan menyusun strategi untuk memang, anak secara nggak langsung juga akan kreatif dalam hal penyelesaian masalah.

Baca juga: 6 Jenis Permainan yang Penting untuk Perkembangan Balita, Apa Saja Ya Bunda?

4. Meningktakan IQ dan Kemampuan Matematika

Perkembangan Anak (Foto: cesim.lt)
cesim.lt

Tahu nggak sih, bermain catur juga bisa membuat kemampuan matematika anak berkembang lho! Hal tersebut didasari oleh sebuah penelitian yang juga menjadi dasar dari slogan “Catur Membuat Anda Pintar” dari Federasi Catur Amerika (USCF).

Nggak hanya itu, studi ilmiah terhadap 4000 pelajar di Venezuela juga menemukan bahwa mereka yang diminta untuk bermain catur selama empat bulan memiliki kenaikan skor IQ yang signifikan apabila dibandingkan dengan yang nggak melakukannya.

5. Membentuk Pengendalian Diri yang Baik

Manfaat Bermain Catur untuk Anak (Foto: parenting.firstcry.com)
parenting.firstcry.com

Bagian otak yang bertanggung jawab pada pengendalian diri yaitu korteks prefrontal sangat dipengaruhi oleh aktivitas berpikir yang strategis dan kritis, seperti permainan catur.

Maka dari itu, anak-anak yang terbiasa bermain catur sejak kecil akan memiliki pengendalian diri yang baik saat dewasa nanti.

Well, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat bermain catur untuk anak yang perlu orang tua ketahui. Lumayan kan untuk menghabiskan waktu luang di masa pandemi!