Qupas Family

5 Manfaat Bersepeda untuk Perkembangan Balita, Apa Saja Ya?

09 February 2020, at 08:00
5 Manfaat Bersepeda untuk Perkembangan Balita, Apa Saja Ya?

Bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Nggak hanya asyik, kegiatan tersebut ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk si kecil lho.

Bukan hanya karena bersepeda bisa menjadi alternatif aktivitas olahraga, namun juga bisa memberikan manfaat untuk perkembangan balita seperti berikut ini.

1. Melatih Kemampuan Motorik

Anak Bersepeda (Foto: pinterest.co.uk)
pinterest.co.uk

Salah satu manfaat bersepeda untuk balita adalah melatih kemampuan motoriknya. Pasalnya, saat mengayuh sepeda, si keci akan menggerakkan hampir seluruh bagian tubuhnya terutama tangan dan kaki.

Selain itu, bersepeda juga akan membantu anak untuk menyeimbangkan tubuhnya. Secara nggak langsung, buah hati akan mencari posisi yang pas agar nggak terjatuh saat melakukan kegiatan tersebut.

2. Melatih Keberanian dan Kepercayaan Diri

Manfaat Bersepeda (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Manfaat bersepeda untuk balita selanjutnya adalah melatih keberaniaan dan kepercayaan diri. Menjalakan atau mengayuh sepeda bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan oleh anak yang belum pernah mengendarainya.

Maka dari itu, proses belajar yang dialami anak saat belajar bersepeda dapat meningkatkan keberanian dan rasa percaya dirinya.

3. Mengenal Arah

Bersepeda untuk Perkembangan Balita (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Setelah si kecil mampu mengayuh sepeda dengan baik, orang tua bisa mulai mempercayainya untuk menempuh jarak yang lebih jauh. Tentu saja, hal ini tetap harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh pengawasan.

Hal ini secara nggak langsung akan membantu si kecil mengenal arah lho Bunda. Buah hati akan berusaha mengingat kanan, kiri, dan lain sebagainya, agar nggak nyasar saat bersepeda sendirian.

Baca juga: Nggak Nyangka, Ini Lho Manfaat Main Masak-masakan untuk Anak

4. Belajar Bersosialisasi

Perkembangan Anak (Foto: go-kids.nl)
go-kids.nl

Tahu nggak sih, bersepeda juga bisa membuat buah hati belajar bersosialisasi lho. Saat melakukan aktivitas tersebut di sekitar taman atau komplek perumahan, si kecil mungkin akan mendapatkan teman.

Aktivitas bersepeda akan terasa lebih menyenangkan dan berdampak positif bagi perkembangan buah hati apabila dilakukan bersama dengan teman.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat Bersepeda untuk Anak (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Saat bermain sepeda, terdapat tiga anggata tubuh yang perlu bekerja secara bersamaan yaitu mata, tangan, dan kaki.

Untuk membuat sepeda berjalan dengan seimbang, nggak terjatuh atau menabrak, dibutuhkan fokus yang cukup tinggi. Maka dari itu, aktivitas ini dapat melatih si kecil dalam hal konsentrasi.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat bersepeda untuk perkembangan balita yang perlu kamu ketahui. Yuk ajak si kecil bersepeda bersama!