5 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Atasi Insomnia Lho!

24 November 2019, at 10:00
0
0
5 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bisa Atasi Insomnia Lho!

Kiwi merupakan salah satu buah eksotis yang sering kali dikonsumsi oleh orang-orang yang menerapkan gaya hidup sehat. Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini biasanya diolah menjadi jus dan salad.

Lantas, apa sih sebanarnya manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh? Penasaran, kan? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Mengatasi Insomnia

mengatsi insomnia
bcchiro.com

Tahukah kamu, mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur ternyata dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan buat kamu yang mengalami insomnia lho!

Hal tersebut dibuktikan oleh riset yang dilakukan oleh Taipei Medical University. Antioksidan dan seretonin yang terkandung di dalam kiwi lah yang diyakini menyebabkan efek tersebut.

2. Melancarkan Pencernaan

melancarkan pencernaan
gettyimages.com

Selain mengatasi insomnia, buah kiwi juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Pasalnya, di dalam buah hijau tersebut terkandung enzim actinidin yang juga terdapat dalam pepaya.

Enzim tersebut dapat melancarkan pencernaan sehingga apabila mengalami sembelit, kamu bisa coba mengonsumsi kiwi sebagai pengobatan alami.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat buah kiwi
foodtrients.com

Manfaat buah kiwi lainnya yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Hal tersebut karena di dalamnya terkandung cukup banyak vitamin C.

Setiap 100 gram kiwi terdapat 158 persen vitamin C atau dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk dan lemon lho. Antioksidan di dalam vitamin C mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

Baca Juga: Sering Sakit? Hindari 5 Hal yang Dapat Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh Ini

4. Meredakan Asma

mengatasi asma
shutterstock.com

Selain menjaga sistem kekebalan tubuh, kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah kiwi ternyata juga bisa meredakan gejela asma seperti sesak napas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondisi paru-paru dapat diperbaiki dengan rajin mengonsumsi kiwi.

5. Menstabilkan Kolesterol, Tekanan Darah, dan Kadar Gula

manfaat kiwi
vintepila.com.br

Manfaat buah kiwi lainnya adalah membantu menstabilkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan gula dalam darah. Hal disebabkan karena buah yang satu ini mengandung banyak serat.

Menurut sebuah studi oleh University of Leeds, mengonsumsi makanan tinggi serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan aman untuk penderita diabetes.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat buah kiwi yang perlu kamu ketahui. Ternyata nggak hanya enak saja ya!

0 Comment