Qupas Beauty

5 Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

05 February 2020, at 06:00
5 Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Plum termasuk salah satu buah yang banyak dibudidayakan di Eropa dan China. Meski begitu, keberadaannya nggak sulit lagi untuk ditemukan di supermarket terdekat.

Dan tahukah kamu, buah yang sekilas bentuknya mirip apel namun berukuran lebih kecil ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan lho.

Kalau kamu mau tahu, simak ulasan Qupas tentang manfaat buah plum untuk kecantikan ini sampai habis yuk!

1. Menurutkan Berat Badan

Manfaat Buah Plum untuk Diet (Foto: liteneasy.com.au)
liteneasy.com.au

Bagi yang sedang menjalankan misi menjaga berat badan ideal, buah ini bisa jadi menu yang akan mendukung program dietmu. Sebab, kalori plum cukup rendah dan nggak punya lemak jenuh.

Bahkan manfaat buah plum untuk diet ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool. Tapi yang perlu diingat, bukan berarti plum bisa dijadikan menu utama ya.

Kamu tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh.

2. Menghilangkan Hiperpigmentasi

Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan (Foto: instagram.com/lorealskin)
instagram.com/lorealskin

Hiperpigmentasi atau flek hitam termasuk salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan wanita. Penampilannya yang bewujud bercak-bercak berwarna gelap bisa disebabkan oleh banyak hal.

Mulai dari paparan sinar matahari, pemakaian kosmetik, polusi, bekas jerawat, iritasi kulit, kekurangan vitamin E, dan konsumsi obat tertentu. Kabar baiknya, buah plum bisa meringankan masalah ini lho.

Bila dikonsumsi, plum siap mencegah produksi melanin pada kulit. Kamu juga bisa mengubahnya menjadi masker dan diaplikasikan langsung pada kulit yang bermasalah untuk mengurangi tampilan hiperpigmentasi.

Baca juga: 5 Masalah Kulit yang Paling Sering Terjadi pada Wanita, Kamu Mengalaminya?

3. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Ilustrasi Kerutan di Wajah (Foto: squarespace.com)
squarespace.com

Rutin mengonsumsi plum ternyata bisa memperlambat penuaan. Mengapa? Buah yang kaya serat ini juga mengandung banyak sekali vitamin, seperti contohnya vitamin C dan E.

Kedua kandungan itulah yang akan membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memudarkan berbagai tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan keriput.

4. Melindungi Kulit dari Kerusakan

Ilustrasi Melindungi Kulit Wajah (Foto: instagram.com/laneige_kr)
instagram.com/laneige_kr

Selain mengandung banyak vitamin, plum juga kaya akan antioksidan. Dan tahukah kamu, senyawa ini bagus untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak kulit.

Untuk melindungi kulit dari kerusakan, kamu bisa rajin mengonsumsi buahnya ataupun menyulapnya menjadi perawatan alami. Nggak perlu takut ribet, karena cara membuat masker buah plum sangat mudah.

Haluskan buah plum hingga menjadi pasta lalu campur dengan madu. Setelah itu, aplikasikan secara merata ke kulit wajah ataupun tubuh dan tunggu selama 15-20 menit.

5. Menyuburkan Rambut

Ilustrasi Rambut Sehat (Foto: hairfinder.com)
hairfinder.com

Manfaat buah plum untuk kecantikan nggak sebatas bagi kulit lho. Tapi bisa juga membuat rambutmu makin sehat dan cantik.

Sebab, buah plum mengandung zat besi yang mampu memperkuat akar rambut untuk mencegah kerontokan dan membuatnya tumbuh lebih subur.

Itulah 5 manfaat buah plum untuk kecantikan yang belum banyak diketahui. Kalau kamu sendiri, sudah pernah makan buah yang satu ini bukan?