5 Manfaat Mengejutkan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Tidur Tanpa Busana

02 April 2019, at 12:00
0
0
5 Manfaat Mengejutkan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Tidur Tanpa Busana

Tidur merupakan kegiatan untuk mengistirahakan tubuh, baik secara fisik maupun mental dari rasa lelah akibat seharian beraktivitas.

Orang biasanya memilih untuk menggunakan piyama ketika tidur karena dianggap lebih nyaman. Sedangkan beberapa orang lebih suka tidak menggunakan pakaian atau telanjang ketika terlelap.

Meskipun banyak yang merasa bahwa tidur telanjang adalah sesuatu yang aneh, namun ternyata hal tersebut bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga: Berkebun, Hobi Sepele yang Bisa Membuatmu Panjang Umur

Berikut ini manfaat tidur telanjang bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Membuat Tidur Lebih Berkualitas

membuat tidur lebih berkualitas
pexels.com/@pixabay

Ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Mulai dari pilihan bantal dan guling, kasur, pakaian, atau suhu yang pas.

Menurut National Sleep Faoundation, penelitian mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas dibutuhkan suhu tubuh yang rendah.

tidur lebih berkualitas
pexels.com/@studio-7042-215243

Tidur tanpa busana atau telanjang merupakan salah satu cara yang tepat dan direkomendaikan untuk mencapai suhu tersebut.

Kualitas tidur yang baik juga berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh. Seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi gejala penuaan, serta melepaskan hormon pertumbuhan.

2. Membakar Kalori Tubuh

membakar kalori tubuh
pexels.com/@pixabay

Tidur adalah waktu yang paling tepat bagi tubuh untuk membakar lemak-lemak dan kalori yang bersarang.

Tubuh ternyata memiliki dua jenis lemak, yaitu putih dan coklat. Lemak coklat berfungsi untuk mengumpulkan panas dan bisa membantu pembakaran kalori saat terlelap.

menurunkan berat badan
pexels.com/@public-domain-pictures

Hal ini membuat tidru tanpa busana dianjurkan karena tubuh akan mempertahankan suhu yang hangat di tengah udara yang dingin sehingga pembakaran menjadi maksimal.

Penelitian lain dalam jurnal Trends in Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa ruang tidur yang lebih dingin mendorong pembakaran kalori yang lebih besar sebanyak 30 persen.

3. Menghilangkan Bau Tak Sedap Tubuh

menghilangkan bau tak sedap tubuh
unclesmartblog.com

Beraktivitas seharian membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Akan tetapi sirkulasi udara tidak berjalan dengan lancar karena adanya hambatan berupa pakaian.

Hal ini membuat bakteri berdiam diri dengan nyaman dalam kondisi lembab di beberapa bagian tubuh.

menghilangkan bau badan
1health.id

Tidur tanpa busana akan membantu menghilangkan bau tak sedap yang dihasilkan oleh bakteri-bakteri tersebut. Kondisi tersebut terjadi karena organ-organ itu mendapatkan sirkulasi udara yang dan baik dan memberikan rasa nyaman.

Baca Juga: Bau Badan Menyengat Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan yang Harus Diwaspadai

4. Baik Bagi Organ Intim

baik untuk organ intim perempuan
pexels.com/@moose-photos-170195

Faktanya, tidur tanpa busana atau telanjang dapat membantu meningkatkan fungsi reproduksi pria menjadi lebih subur.

Hal ini karena suhu yang dingin dapat membuat pria menghasilkan sperma dengan kualitas yang lebih baik daripada dengan suhu udara yang panas.

baik untuk organ intim laki-laki
pexels.com/@olly

Sedangkan bagi perempuan, tidur tanpa busana dapat membantu mencegah adanya infeksi ragi pada organ intim yang dapat tumbuh dalam keadaan lembab.

Oleh sebab itu, hal ini merupakan cara yang mudah dan tepat untuk menjaga kesehatan organ intim.

5. Menghindari Stres

menghindari stres
pexels.com/@olhoslivres

Manfaat tidur tanpa busana atau talanjang lainnya adalah menghindari stres. Tidak menggunakan pakaian saat tidur akan membantu menjaga kadar hormon kortisol untuk tetap rendah.

Hormon kortisol atau biasa dikenal dengan hormon stres akan diproduksi lebih banyak ketika tubuh mengalami stres baik secara fisik maupun emosional.

menghilangkan stres
pexels.com/@dexon-dave-silva-700797

Tidur dengan suhu udara yang terlalu panas dapat membuat produksi hormon kortisol meningkat dan membuat seseorang menjadi stres.

Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan kecemasan, keinginan makan yang berlebih, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia manfaat tidur tanpa busana yang jarang diketahui. Jadi kamu tertarik atau tidak untuk mempraktekannya setelah mengerti khasiatnya?

0 Comment