5 Manfaat Minyak Esensial Lavender untuk Kecantikan yang Bakal Sayang Kalau Diabaikan

08 November 2019, at 18:00
0
0
5 Manfaat Minyak Esensial Lavender untuk Kecantikan yang Bakal Sayang Kalau Diabaikan

Karena wanginya yang bersifat menenangkan, minyak esensial lavender sering dimanfaatkan sebagai aromatherapy. Tapi tahukah kamu, kehebatannya lebih dari itu lho.

Manfaat minyak esensial lavender untuk kecantikan ternyata sangat banyak. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Ampuh Mengobati Jerawat

wanita berjerawat
redwoodmedispa.com

Minyak lavender bisa dipakai untuk merawat kulit berjerawat. Hal ini karena kandungannya bersifat antiseptik dan antiinflamasi.

Bila digunakan sebagai pengganti produk acne spot treatment, formulanya akan mencegah dan melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungannya juga bagus untuk mengontrol produksi minyak berlebih di wajah lho.

2. Mampu Mendetoksifikasi Kulit

wanita membersihkan wajah
verywellhealth.com

Kualitas udara yang semakin buruk bisa merusak kesehatan wajah. Untungnya, kamu bisa memanfaatkan lavender oil untuk mendetoksifikasi kulit supaya terhindar dari serangan radikal bebas.

Bila diaplikasikan ke wajah, minyak esensial lavender yang kaya akan antioksidan mampu menjaga kulit supaya tetap sehat dan terhindar dari efek buruk polusi.

Baca juga: 6 Cara Detox Wajah Ini Mudah Dilakukan di Rumah dan Bikin Kulitmu Glowing

3. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

wanita memakai face mist
instagram.com/sensatiabotanicals

Bukan cuma mendetoksifikasi kulit dari radikal bebas, minyak lavender diklaim bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mendukung proses regenerasi kulit. Hasilnya, wajahmu bakal terasa kencang dan awet muda.

Cara penggunaannya pun mudah, kamu bisa mencampurkan minyak lavender ke dalam air mawar. Setelah itu aplikasikan sebagai toner dengan bantuan kapas atau disemprotkan langsung seperti saat memakai face mist.

4. Mampu Menyembuhkan Luka

wajah yang teriritasi
wixstatic.com

Punya luka ringan di kulit seperti bekas gigitan serangga, jerawat yang meradang, atau iritasi? Kamu bisa mempercepat penyembuhannya dengan minyak lavender lho.

Lavender oil mengandung linalool yang bersifat anti-septik dan anti-mikroba. Itulah yang membuatnya ampuh untuk mencegah infeksi, mengurangi rasa gatal, dan mengobati luka ringan.

5. Menyehatkan Rambut

memakai minyak esensial untuk rambut
lionesseflatiron.org

Selain untuk kulit, minyak esensial lavender juga efektif untuk merawat kesehatan rambut. Bila diaplikasikan dengan benar, ketombe, rambut rontok, hingga kutu bakalan langsung teratasi.

Coba campurkan 15 tetes lavender oil dengan 2 sendok minyak zaitun kemudian panaskan selama 10 detik. Setelah agak dingin, balurkan ke kulit kepala dan rambut serta iringi dengan pijatan lembut.

Diamkan ramuan minyak esensial tersebut selama kurang lebih satu jam. Kemudian keramas seperti biasa hingga benar-benar bersih.

Baca juga: 5 Hair Mist Lokal Harga Terjangkau yang Harus Selalu Ada di Tas Kamu

Nah, itulah 5 manfaat minyak esensial lavender untuk kecantikan rambut dan kulit. Gimana, kamu tertarik untuk menggunakannya sebagai perawatan juga?

0 Comment