5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Bikin Kurus Loh!

28 October 2018, at 02:00
1
0
5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Bikin Kurus Loh!

Tertawa adalah sebuah reaksi alami tubuh ketika seseorang mengalami sesuatu yang dianggapnya menarik, lucu, menyenangkan, dan membahagiakan.

Tertawa sendiri ditandai dengan keluarnya suara berpola dari mulut yang sedang terbuka. Sampai saat ini banyak yang mengatakan jika tertawa adalah salah satu cara paling mudah untuk hidup sehat.

Benarkah demikian? Ya, tentu saja benar. Bahkan, tidak sampai di situ saja, masih banyak manfaat lain dari tertawa.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tertawa.

Baca juga: Awas, Inilah Sederet Penyakit yang Mengintaimu Jika Hobi Mager!

1. Meningkatkan Sistem Imun

ketawa bareng
pexels.com

Perlu diketahui, tertawa setidaknya 5 menit sehari ternyata bisa meningkatakan produksi kadar hormon T. Hormon ini sendiri disebut-sebut sebagai salah satu hormon yang berkontribusi dalam kekebalan tubuh sehingga tubuhmu menjadi lebih kebal terhadap infeksi ataupun peradangan.

2. Meluruhkan Lemak dan Kalori

ketawa
pexels.com

Dari hasil penelitian jurnal Obesity, ditemui hasil bahwasanya setiap orang dewasa yang tertawa akan meluruhkan setidaknya 45 kalori. Dan yang tak kalah penting juga, ketika seseorang tertawa maka dia akan mengeluarkan setidaknya 20 persen lemak yang dibakar menjadi energi. Maka dari itu, tertawa juga bisa disebutkan sebagai cara menguruskan badan yang paling mudah.

3. Meningkatkan Metabolisme

manfaat ketawa
pexels.com

Tahukah kamu kalau tertawa juga bisa meningkatkan metabolisme? Hal tersebut dikarenakan saat tertawa, hormon stres atau kortisol akan menuun. Dengan menurunnya hormon kortisol maka metabolisme akan meningkat. Jadi, semakin sering bahagia dan tertawa ternyata bisa menurunkan berat badan karena metabolisme yang meningkat.

4. Memperpanjang Usia

manfaat tertawa
pexels.com

Selanjutnya, tertawa juga bisa memperpanjang usia. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan oleh Psychosomatic Medicine, bahwasanya seseorang yang memiliki selera humor tinggi akan lebih sehat dan hidup lebih lama. Sebab, seseorang yang selalu tertawa akan mengurangi stres serta kecemasan yang merupakan biang kerok dari segala penyakit.

5. Menormalkan Tekanan Darah

ketawa sama temen
videoblocks.com

Tertawa juga sangat baik buat kamu yang sedang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sebab, tertawa bisa memancing jantung untuk bekerja lebih normal dan stabil sehingga menurunkan darah sistolik. Jadi, banyak pakar yang mengklaim jika tertawa bisa meningkatkan kesehatan jantung beberapa kali lipat.

0 Comment