Penggemar kosmetik tentu tidak asing dengan yang namanya witch hazel. Ya, witch hazel adalah kandungan yang banyak dipakai sebagai bahan dasar pembuatan produk perawatan kulit yang terbuat dari hasil pengolahan daun, kulit pohon, dan sebagian ranting kering tanaman Hamamelis Virginiana.

Witch hazel yang dalam pengolahannya melalui proses destilasi ini, secara umum mengandung kalsium oksalat, gallatanin, safrole yang punya manfaat untuk membersihkan serta menenangkan berbagai masalah dan gangguan pada kulit. Secara khusus, ekstrak atau air witch hazel ini punya juga manfaat khusus untuk menghilangkan kelebihan minyak yang ada pada kulit. Itulah sebabnya mengapa witch hazel kemudian seringkali digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan toner.

 

fashionlady.in

Selain untuk mengontrol dan mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah, witch hazel juga memiliki manfaat lain, yaitu:

Mengatasi jerawat

Dengan kemampuannya mengatasi kelebihan minyak, witch hazel juga dapat membantu mengendalikan peradangan serta menenangkan kulit yang kemerahan. Artinya, kandungan ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada kulit sambil mempercepat pertumbuhan luka serta infeksi.

Melembabkan kulit wajah

Tidak hanya mengurangi kelebihan minyak pada wajah, witch hazel juga berperan dalam memberikan nutrisi pada kulit sehingga dapat mengunci kelembaban pada kulit dengan sifat pelembab alami yang dimilikinya.

Mengatasi tanda penuaan

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan terjadinya berbagai tanda penuaan dini seperti munculnya keriput, kerutan, dan hilangnya elastisitas pada wajah. Dengan segala manfaatnya, witch hazel dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaaan tersebut termasuk untuk melindungi sel kulit seiring dengan pertambahan usia.

Menyegarkan wajah

Witch hazel juga dapat digunakan sebagai penyegar wajah atau face mist untuk menyegarkan wajah saat lelah atau stres sekaligus menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk pada kulit.

Menyamarkan mata bengkak

Air witch hazel juga dapat digunakan untuk mengencangkan kulit wajah, termasuk menyamarkan mata bengkak yang disebabkan oleh alergi, stres, paparan sinar matahari. Kompres area kelopak mata dengan kapas yang telah direndam dengan witch hazel dingin sebelumnya hingga matamu terasa segar dan bengkaknya akan segera berkurang.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kecantikan, tetapi bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, dalam keadaan hamil atau menyusui, serta memiliki alergi terhadap kandungan tertentu, sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter ahli dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

0 Komentar