5 Masakan Berbahan Dasar Petis yang Super Enak dan Gurih

16 June 2018, at 18:12
1
0
5 Masakan Berbahan Dasar Petis yang Super Enak dan Gurih

Tidak semua orang pernah mencicipi masakan dengan bahan dasar petis hitam khas Surabaya. Karena terbuat dari olahan udang, beberapa orang yang pernah mencobanya merasakan rasa mual di perut. Tapi tenang, Qupas punya rekomendasi 5 makanan berbahan dasar petis yang enak dan dijamin membuatmu makin ketagihan!

 

1. Lontong Kupang

 

instagram.com/r47natjan

Hewan laut berukuran kecil ini asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. tidak salah jika hewan kecil ini menjadi santapan enak dan menyehatkan. Direbus dan dimasak dengan petis hitam khas Surabaya membuatnya nagih ingin nambah makan. Disajikan lengkap dengan sate kerang dan es degan semakin menambah kenikmatan tiada tara.

 

2. Tahu Tek

 

resepkoki.id

Tahu tek adalah masakan Surabaya yang mencampurkan saus kacang dan petis hitam menjadi satu. Tahu, kentang, dan telur yang digoreng lalu diiris menjadi kotak kecil-kecil, kemudian disiram dengan bumbu yang tentunya pedas menggoda. Makanan ini diberi nama Tahu Tek karena tahu goreng yang disediakan banyak. Lalu tahu dan bahan bahan pelengkap lainnya digunting hingga berbunyi “tek...tek...tek...”. Karena itulah, diberi nama tahu Tek.

 

3. Tahu Campur

 

instagram.com/hendysanjaya888

Makanan dari Lamongan ini lebih terkenal di Surabaya, yang paling terkenal adalah tahu campur kalasan. Di warung itu, kamu bisa mencicipi tahu campur yang berisi dengan lontong, irisan daging sapi, mie kuning, kecambah, daun selada, dan kerupuk. Di makanan ini, kamu bisa mencium aroma petis dan kaldu daging sapi yang bercampur jadi satu. Dijamin kamu pasti bakal nagih, deh!

 

4. Lontong Balap

 

ksmtour.com

lontong balap adalah sajian enak yang hanya berisikan kecambah, lontong, tahu goreng, lento, dan bawang merah goreng. Untuk membuat kuahnya cukuplah mudah hanya mencampurkan petis hitam dengan kuah segar. Bila kamu ingin kenikmatan tiada tara, kamu bisa memesannya dengan tambahan irisan cabe agar lebih pedas. Kamu juga bisa memesan sate kerang sebagai pelengkap makanan lontong balap.

 

5. Rujak Cingur

 

surabayafamily.com

Rujak cingur adalah kuliner tradisional asli Surabaya yang disetiap tahunnya selalu diadakan festival rujak di bulan Mei. Sekilas memang rujak ini terlihat seperti gado-gado namun buah dan tambahan cingur ditambah saus petis pedas diatasnya. Cita rasa pedas, manis, dan segar akan kamu dapatnya di suapan pertama. Agar lebih nikmat lagi, kamu harus memakannya disaat siang hari.

0 Comment