Qupas Food

5 Masakan Berkuah Khas Banten, Kuliner dari Tanah Kelahiran Ma'ruf Amin yang Menggugah Selera

24 October 2019, at 12:00
5 Masakan Berkuah Khas Banten, Kuliner dari Tanah Kelahiran Ma'ruf Amin yang Menggugah Selera

Tanggal 20 Oktober yang lalu, Ma'ruf Amin baru saja dilantik menjadi Wakil Presiden terpilih tahun 2019-2024. Beliau lahir di Provinsi Banten yang terkenal dengan sederet wisata alamnya yang memukau.

Nggak hanya itu saja. Kuliner khas Banten yang punya bumbu dengan rasa lezat menggoyang lidah juga cukup populer. Diantaranya seperti lima masakan berkuah khas seperti berikut ini. Intip yuk!

1. Angeun Lada

angeun lada banten
instagram.com/elkealexa

Kuliner berkuah khas Banten yang pertama ini memiliki bahan utama babat sapi dan campuran sayur-mayur. Diolah dengan daun walang yang memberikan aroma khas.

Selain itu, ada juga bumbu halus yang terbuat dari olahan bawang putih, kemiri, kencur yang membuat aroma dan cita rasanya makin kaya di lidah.

Kuliner yang satu ini sudah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda sejak tahun 2016 yang lalu. Kalau ingin menikmati semangkuk angeun lada, kamu bisa mampir ke Rumah Makan Cep Udin.

Lokasi RM. Cep Udin: Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang

Buka dari: 08:00-22:30 WIB

2. Rabeg

masakan berkuah rabeg khas banten
instagram.com/pawon.rafli

Hidangan khas Banten ini memiliki kemiripan penampilan seperti masakan Timur Tengah karena racikan kuahnya dari kapulaga dan bunga lawang.

Apalagi diintip dari bahan utamanya berupa daging kambing. Meski diracik dengan kuah kental berwarna hitam mirip seperti rawon, tapi rasanya cenderung manis dan gurih.

Rasanya pun tetap terasa segar karena irisan tomat yang dicampurkan dalam kuah rabeg. Untuk bisa mencicipinya, kamu bisa menemukan sederet rumah makan di kawasan Cilegon.

Lokasi Rabeg Sapi khas Cilegon: Jalan Cut Nyak Dien, Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon

Buka dari: 08:00-21:00 WIB

3. Nasi Sumsum Khas Banten

nasi sumsum khas banten
instagram.com/ridhokelana_

Masakan khas Banten yang satu ini memang nggak dimasak dengan kuah, melainkan dibakar dengan bungkus daun pisang untuk menambah aroma sedap.

Nasi yang dicampurkan dengan sumsum sapi dan diberi tambahan bumbu bercita rasa asin gurih ini bisa ditemukan di pinggiran jalan.

Nasi bakar ini juga sering kali disajikan dengan kuah kaldu sumsum kental yang diberi perasan jeruk nipis yang makin bikin kamu ketagihan deh!

Lokasi Nasi Bakar Sumsum: Jalan Veteran No.30, Cipare, Serang

Buka dari: 15:00-23:00 WIB

Baca juga: 10 Makanan Khas Banten yang Punya Cita Rasa Lezat dan Nempel di Lidah

4. Laksa Tangerang

resep laksa tangerang
instagram.com/dapursoen

Selain di Bogor, kamu juga bisa menikmati menu laksa di Banten. Salah satunya di kawasan Tangerang yang menghadirkan satu mangkuk penuh mie dan bihun.

Kuah santan merah yang nikmat dan suwiran daging ayam melimpah, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp15 ribu saja. Nggak mahal banget kan? Apalagi bikin kenyang!

Lokasi Kuliner Laksa Tangerang: Jalan Muhammad Yamin, Babakan, Tangerang

Buka dari: 24 Jam

5. Soto Khas Banten

soto khas banten
instagram.com/amelach

Hampir di semua daerah memiliki soto dengan ciri khas yang berbeda-beda. Salah satunya yang ada di Banten ini. Di tanah kelahiran Ma'ruf Amin ini, soto disajikan dengan kentang potong yang digoreng lalu dicampurkan ke dalam kuah kaldunya.

Kuah kaldu sotonya pun bening dan segar ketika disantap. Selain kentang, menu ini juga berisi nasi putih, bihun, irisan tomat merah, suwiran ayam kampung goreng, dan irisan telur rebus.

Aroma serai dan irisan daun bawangnya terasa nikmat dan menambah kesegaran rasa. Kamu bisa menikmatinya di Depot Kirana, Tangerang Selatan.

Lokasi Dapur Kirana: Jalur 29A No.32, Serpong utara

Buka dari: 09:00-19:30 WIB

Itulah lima masakan khas Banten yang disajikan berkuah dengan cita rasa bumbu yang kuat dan lengkap. Kamu mau mencoba rekomendasi masakan Nusantara yang mana dulu nih?