5 Masakan Nusantara Berkuah Merah yang Rasanya Menggigit Lidah!

13 July 2018, at 18:00
2
0
5 Masakan Nusantara Berkuah Merah yang Rasanya Menggigit Lidah!

Indonesia dikenal dengan rempah-rempahnya yang melimpah. Tidak heran, Belanda jauh-jauh berlayar ke Indonesia untuk mengambil sebagian hasil alam yang ada. Banyaknya rempah-rempah yang melimpah membuat masyarakat Indonesia mempunyai masakan dengan citarasa yang lezat dan menggugah selera. Makanan berkuah yang pedas adalah salah satu menu yang banyak diminati di Indonesia. Pedasnya rasa cabai Indonesia yang mantab, diolah dengan berbagai rempah-rempah menghasilkan rasa yang tidak ada duanya. Berikut ini 5 menu berkuah pedas yang pasti akan membuatmu ketagihan!

 

1. Cumi masak pedas

 

resepkoki.id

 

Para penggemar seafood pasti pernah merasakan pedasnya cumi masak pedas. Bagaimana tidak, kuah kaldu yang dimasak berasal dari cabai merah yang ditumbuk kemudian dicampur dengan bumbu rempah. Penambahan rempah dalam masakan ini bertujuan untuk menghangatkan tenggorokan saat memakannya. Lalu tumis dengan potongan cumi bulat dan tambahkan daun kemangi agar lebih harum.

 

2. Balado Udang

 

elieslie.blogspot.com

 

Udang dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi. Di Indonesia sendiri ada banyak olahan masakan udang yang cukup pedas dan menggiurkan, salah satunya adalah Balado Udang. Dengan bumbu balado merah menggoda dan dicampur dengan petai, masakan ini bisa menggugah selera. Menu ini biasanya juga dijual di beberapa kedai warung makan seafood di Indonesia.

 

3. Kepiting Rajungan Saus Asam Manis

 

njajan.com

 

Satu lagi, masakan seafood yang memiliki citarasa pedas. Kepiting Rajungan ini memiliki daging yang tebal dan cangkang kulitnya yang mudah dipisahkan dari dagingnya. Tidak heran meni ini cukup favorit di antara masyarakat Indonesia. Ditambah lagi dengan saus asam manis dan irisan cabai merah akan menambah rasa panas nan pedas. 

 

4. Balado Terong

 

veroathome.com

 

Balado terong bisa jadi merupakan menu yang sudah cukup umum di antara masyarakat Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa di Amerika, terong jadi masakan mewah yang biasanya disajikan dengan cara dibakar. Kalau di Indonesia sendiri, makan penyetan tempe dan tahu tidak lengkap jika tanpa terong. Walau hanya terong goreng namun tetap lezat dengan kuah cabai merah yang terasa pedas menambah selera.

 

5. Bakso Mercon

 

instagram.com/the.lucky.belly

 

Walau masakan ini tidak memiliki kuah merah, namun irisan cabe yang ada di dalam pentol bakso terasa sangat pedas dan mengigit. Salah satu varian bakso ini sudah memiliki tempat dihati para penggemar bakso. Isian cabe rawit dalam pentol bakso terasa lebih mengasikkan saat disantap siang hari.

 

Masakan nusantara bercita rasa pedas dan berkuah merah itu memang menggoda dan menggigit lidah. Namun, ada baiknya untuk tidak terlalu sering menikmati masakan tersebut ya. Pasalnya, menikmati menu ini terlalu sering akan meningkatkan resiko sakit mag. Jadi, masakan berkuah pedas mana yang akan kamu santap di minggu ini?

 

Sumber gambar utama : olivemagazine.com

0 Comment