Qupas Beauty

5 Masalah Kulit yang Paling Sering Terjadi pada Wanita, Kamu Mengalaminya?

22 January 2020, at 06:00
1
5 Masalah Kulit yang Paling Sering Terjadi pada Wanita, Kamu Mengalaminya?

Nggak semua orang dianugerahi dengan kulit yang mulus dan bebas dari masalah. Terlebih lagi, kerusakan kulit bisa dipengaruhi oleh banyak hal.

Mulai dari sebab situasional, perubahan hormon, genetik. Nah, dari segudang masalah yang ada, kira-kira apa ya yang sering dialami oleh wanita?

Biar nggak penasaran lagi, langsung simak ulasan Qupas berikut ini sampai habis yuk!

1. Jerawat

Ilustrasi Wanita Berjerawat (Foto: aestheticsolutions.in)
aestheticsolutions.in

Dikutip dari detik.com, dokter spesialis kulit dan kelamin, Kardiana Purnama Dewi, mengatakan kalau jerawat termasuk masalah yang paling banyak menghantui wanita Indonesia.

Faktor penyebab munculnya jerawat memang cukup banyak dan seringkali sulit untuk dihindari. Sebut saja karena hormon, lingkungan, makanan, kurangnya menjaga kebersihan kulit, hingga penggunaan kontrasepsi.

Lebih parah lagi, jerawat nggak cuma menyerang wajah. Terkadang bisa ditemukan di kulit kepala bahkan punggung.

2. Kulit Kusam

Ilustrasi Kulit Kusam (Foto: squarespace.com)
squarespace.com

Masalah yang akan membuat kulit terlihat gelap dan kotor ini bisa dialami oleh siapa saja. Entah itu pemilik kulit kering ataupun berminyak.

Seperti masalah kulit lainnya, wajah kusam bisa disebabkan oleh banyak hal dan nggak cukup diatasi dengan skincare. Solusinya, tentu dengan menjauhi penyebabnya, seperti polusi dan paparan sinar matahari dalam waktu lama.

Kemudian penting juga untuk rutin melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Baca juga: Cara Sederhana untuk Menghilangkan Wajah Kusam Agar Kembali Cerah Bercahaya

3. Hiperpigmentasi

Masalah Hiperpigmentasi pada Wajah (Foto: instagram.com/fourthraybeauty)
instagram.com/fourthraybeauty

Hiperpigmentasi atau flek hitam termasuk masalah yang paling dikeluhkan para wanita karena mampu mengubah tampilan wajah yang bersih jadi penuh dengan bercak-bercak berwarna gelap. Salah satu penyababnya yang paling umum adalah karena paparan sinar UV.

Tapi selain itu, masih banyak penyebab flek hitam di wajah yang masih jarang disadari lho. Seperti pemakaian kosmetik, polusi, bekas jerawat, iritasi kulit, kekurangan vitamin E, dan konsumsi obat tertentu.

4. Penuaan Dini

Ilustrasi Kerutan di Dahi (Foto: graceskinclinic.com)
graceskinclinic.com

Meski penuaan adalah proses alamiah yang pasti terjadi akibat pertambahan usia, tapi muncul keriput di usia muda juga bukan hal yang mustahil lho. Bahkan masalah ini juga semakin banyak dialami wanita masa kini.

Hal ini karena beberapa hal sepele ternyata juga jadi penyebab penuaan dini. Asap rokok misalnya, sebagai pemicu radikal bebas yang mampu merusak kulit.

Penyebab umum lainnya adalah sinar matahari, gaya hidup, pola makan, hingga keturunan.

5. Stretch Mark

Stretch Mark di Perut (Foto: hotaki.co.uk)
hotaki.co.uk

Stretch mark dikenali dari penampilannya yang berupa guratan berwarna putih kemerahan. Biasanya memang banyak dialami oleh ibu hamil dan muncul di bagian perut, bahu, paha, bokong, dan payudara.

Tapi faktanya, remaja pun juga bisa mengalaminya. Lagi-lagi, penyebabnya bisa berasal dari makanan, gaya hidup, hingga kebiasaan memakai pakaian ketat.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Paling Ampuh, Nggak Perlu Keluar Banyak Uang

Nah, itulah 5 masalah kulit yang sering terjadi pada wanita. Kamu sering mengalaminya juga?