5 Mitos Tentang Jerawat yang Dipercaya Banyak Orang, Ternyata Salah Besar Lho

11 November 2019, at 18:00
0
0
5 Mitos Tentang Jerawat yang Dipercaya Banyak Orang, Ternyata Salah Besar Lho

Bagi sebagian orang, membabat habis jerawat bisa jadi hal yang melelahkan. Karena skincare anti-acne atau bahan-bahan alami belum tentu ampuh untuk mengatasinya.

Akibatnya, beberapa rumor seputar jerawat yang nggak diketahui kebenarannya pun muncul dan dipercayai banyak orang. Mulai dari penyebabnya hingga cara pintas untuk mengobatinya.

Dirangkum dari beberapa sumber, ternyata ini lho sederet mitos tentang jerawat yang sering dipercaya namun ternyata salah besar.

1. Jerawat Hanya Menyerang Remaja

wajah remaja berjerawat
teenvogue.com

Remaja biasanya memiliki masalah dengan aktivitas hormon yang akan memengaruhi kondisi kulit. Seperti produksi minyak berlebih dan munculnya jerawat.

Tapi, kepercayaan orang-orang yang menganggap jerawat hanya terjadi pada saat remaja itu salah besar. Karena dari penelitian yang pernah dilakukan, permasalahan ini umumnya terjadi pada rentang usia 20 sampai 52 tahun.

2. Rajin Membersihkan Wajah Bisa Menjauhkan Jerawat

wanita membersihkan wajah
nbcnews.com

Membersihkan wajah memang hukumnya wajib. Apalagi untuk pemilik kulit berjerawat. Tapi, usahakan jangan terlalu sering melakukannya ya.

Sebab, terlalu sering membersihkan wajah bisa membuat kulit semakin sensitif dan iritasi. Apalagi, pemilihan facial wash yang salah malah berisiko menyebabkan acne detergicans.

Yakni kondisi dimana jerawat akan timbul semakin banyak akibat reaksi terhadap kandungan dalam sabun pencuci muka. Jadi sebaiknya, cukup bersihkan wajah sebanyak dua kali sehari.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Membersihkan Makeup yang Bikin Kulitmu Bermasalah

3. Sunscreen Bikin Jerawatan

wanita memakai sunscreen
instagram.com/innisfreeusa

Sebagian orang percaya, kalau kadar SPF pada sunscreen yang semakin tinggi akan memicu timbulnya jerawat. Padahal, hal ini salah besar.

Komposisi sunscreen terdiri dari sederet zat kimia yang terkadang asing di telinga. Nah, bahan itulah yang mungkin bisa memicu jerawat di wajahmu. Supaya lebih aman, pilihlah produk yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide.

Sebab, dua senyawa tersebut dinilai lebih lembut dan cukup aman di kulit meskipun dipakai setiap hari. Untuk teksturnya, bisa kamu sesuaikan dengan tipe kulit wajahmu.

4. Cokelat Bikin Jerawatan

wanita makan cokelat
dailymail.co.uk

Selain skincare, makanan juga sering 'dituduh' sebagai penyebab jerawat. Salah satunya adalah cokelat.

Padahal, menurut Dr Diana McShane dari Duke University, cokelat nggak memiliki pengaruh dengan timbulnya jerawat lho. Pendapatnya ini juga diperkuat oleh sebagian besar profesional yang nggak percaya dengan mitos tersebut.

5. Pasta Gigi Bisa Mengobati Jerawat

mengobati jerawat dengan pasta gigi
instagram.com/somebymi

Salah satu mitos yang sudah turun temurun dan dipercaya banyak orang adalah, pasta gigi diklaim ampuh menghilangkan jerawat.

Meski terkadang kandungan pasta gigi bisa membuat jerawat cepat kering, tapi cara ini sebaiknya nggak kamu coba. Karena bagaimanapun juga, bahan-bahan lain di dalamnya tetap berisiko memperparah kondisi jerawat.

Nah, itulah 5 mitos tentang jerawat yang dipercaya banyak orang tapi ternyata salah besar. Jangan sampai kamu ikut tertipu juga ya!

0 Comment