Qupas Beauty

5 Mitos Tentang Retinol yang Nggak Perlu Kamu Percayai, Ternyata Cuma Asumsi

21 March 2020, at 06:00
1
5 Mitos Tentang Retinol yang Nggak Perlu Kamu Percayai, Ternyata Cuma Asumsi

Nama retinol mungkin sudah cukup familier di telinga para pengguna skincare anti aging. Ya, karena bahan yang satu ini memang dikenal ampuh dalam menghambat tanda-tanda penuaan.

Meski retinol termasuk bahan yang ajaib, namun di sisi lain, komposisi skincare yang satu ini juga termasuk 'keras' untuk beberapa orang. Karena itulah akhirnya muncul berbagai macam asumsi yang salah kaprah tentangnya.

Hmm, kira-kira mitos tentang retinol seperti apa ya yang sering diperdebatkan beauty enthusiast? Yuk cari tahu sama-sama.

1. Manfaat Retinol Hilang dalam Waktu 6 Bulan

Ilustrasi Memakai Retinol (Foto: instagram.com/lorealparis)
instagram.com/lorealparis

Banyak banget yang memercayai kalau manfaat baik retinol akan hilang setelah enam bulan pemakaian. Padahal faktanya nggak seperti itu lho.

Cara kerja retinol yang membuat kulit jadi lebih halus, kencang, dan terhindar dari kerutan akan berlangsung secara konsisten. Bahkan hasilnya masih sangat signifikan setelah 12 bulan lebih pemakaian.

2. Retinol akan Bekerja Setelah 4 Minggu Pemakaian

Mitos Tentangf Retinol (Foto: instagram.com/laneige_kr)
instagram.com/laneige_kr

Ketika coba skincare baru, kamu pasti berharap hasilnya bisa cepat terlihat. Untuk retinol sendiri, banyak yang mempercayai kalau efek baiknya bisa dirasakan setelah empat minggu pemakaian.

Namun ternyata, bukan begitu cara kerjanya. Dari penelitian yang ada, retinol biasanya akan mulai menunjukkan hasil yang signifikan setelah 12 minggu pemakaian.

Meski terbilang cukup lama, tapi hasil yang kamu terima pasti akan memuaskan. Jadi jangan buru-buru ganti skincare dulu ya.

3. Retinol Memicu Iritasi Kalau Terpapar Sinar Matahari

Retinol Memicu Iritasi Kalau Terpapar Sinar Matahari (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Retinol termasuk bahan aktif yang bisa memicu iritasi pada wajah kalau terpapar sinar matahari secara langsung. Siapa sih yang nggak bakal ngerasa ngeri kalau mendengar penyataan seperti itu?

Kabar baiknya, pernyataan tersebut nggak sepenuhnya benar lho. Ketika wajahmu sudah beradaptasi dengan kandungan retinol yang ada, kulitmu akan tetap baik-baik saja meski terkena paparan sinar matahari.

Baca juga: Bahan Aktif Skincare yang Pantang Digunakan Bersamaan, Efeknya Lumayan Ngeri

4. Retinol Bikin Kulit Iritasi

Retinol Bikin Kulit Iritasi (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Beberapa bahan skincare terkadang menjunjukkan reaksi yang kurang diinginkan di awal pemakaian. Biasanya kulit bisa muncul jerawat atau purging juga iritasi. Begitu juga ketika kamu mengaplikasikan retinol.

Tapi jangan buru-buru takut kalau kulitmu muncul iritasi setelah memakai retinol. Karena dilansir dari retinol.com, reaksi tersebut tergolong normal.

Setelah 2-3 minggu pemakaian, kulitmu akan kembali normal. Tapi bila reaksi tersebut bertambah parah dan terjadi secara terus-menerus, barulah kamu harus menghentikan pemakaiannya.

5. Jangan Aplikasikan Retinol di Sekitar Mata

Aplikasikan Retinol di Sekitar Mata (Foto: instagram.com/glowrecipe)
instagram.com/glowrecipe

Banyak desas-desus yang mengatakan kalau mengaplikasikan retinol di area sekitar mata itu berbahaya. Padahal, faktanya justru sebaliknya.

Area di sekitar mata cenderung lebih tipis dibandingkan dengan kulit lainnya. Karena itu pula, mudah muncul garis-garis halus, kerutan, dan kantung mata.

Oleh karena itu, kamu justru harus rajin mengaplikasikan skincare berbahan retinol di area ini. Selain itu, banyak juga lho krim mata yang memanfaatkan retinol sebagai bahan utamanya.

Baca juga: Efektif Lawan Penuaan, 5 Skincare yang Mengandung Retinol Ini Bikin Kamu Awet Muda

Dilansir dari retinol.com, itulah beberapa mitos tentang retinol yang sering diperdebatkan beauty junkies. Sekarang sudah tahu mana yang fakta dan mana yang sekedar asumsi kan?