5 Museum di Jogja yang Dekat dari Malioboro, Tinggal Jalan Kaki!

02 December 2019, at 12:00
0
0
5 Museum di Jogja yang Dekat dari Malioboro, Tinggal Jalan Kaki!

Malioboro bisa dibilang adalah destinasi favorit para traveler yang sedang liburan ke Jogja. Suasananya yang Jogja banget mungkin menjadi salah satu alasannya. Di sini, biasanya banyak wisatawan yang sekadar berkeliling, hunting foto, atau belanja.

Selain semua kegiatan itu, sebenarnya masih ada hal menarik di sekitar kawasan Malioboro. Yap! Apalagi kalau bukan mampir ke museum-museum di dekatnya.

Beberapa museum di dekat Malioboro ini bakal membuat liburanmu makin berwarna. Dimana saja ya lokasinya?

1. Museum Kereta Keraton

museum kereta keraton
instagram.com/faisalpraasetyo

Museum di Jogja ini berisi peninggalan bersejarah dari ratusan tahun silam. Letaknya masih di dalam kompleks Keraton Yogyakarta, yaitu tepat di depan Bangsal Pagelaran.

Museum Kereta Keraton sudah berdiri sejak masa kesultanan Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Ada banyak koleksi kereta kesultanan yang usianya sudah puluhan hingga ratusan tahun di wisata Jogja ini. Yang tertua adalah Kereta Kanjeng Nyai Jimat yang diproduksi tahun 1750.

Setiap tanggal 1 Suro mnurut penanggalan Jawa, diadakan ritual jamansan. Kegiatan ini dilakukan dengan memandikan kereta-kereta tersebut.

Lokasi Museum Kereta Keraton : Jl. Rotowijayan, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Jogja

Tiket masuk Museum Kereta Keraton : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Museum Benteng Vredeburg

benteng vredeburg
instagram.com/vistagrdevy

Cuma sekitar 850 meter dari Malioboro, Benteng Vredeburg adalah salah satu museum yang instagenik. Warisan Belanda ini pun seolah selalu menggoda wisatawan untuk berpose di depan gerbang maupun di dalam kawasan bangunannya.

Di dalamnya, kamu bisa melihat diorama tentang perjuangan rakyat Jogja dalam membela tanah air. Beberapa patung hingga koleksi digital pun dapat kamu lihat saat bekunjung ke wisata sejarah Kota Gudeg ini.

Lokasi Museum Benteng Vredeburg : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Jogja

Tiket masuk Museum Benteng Vredeburg : Rp3 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Museum Sonobudoyo Unit I

museum sonoboyo unit 1
instagram.com/sharifahsofia

Museum di dekat Malioboro ini berisi tentang sejarah dan kebudayaan Jawa. Koleksinya dinilai paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta.

Ada lebih dari 43 ribu benda bersejarah, mulai dari kategori filologi, seni rupa, arkeologi, hingga historika. Di waktu tertentu, kamu dapat menonton pagelaran wayang. Seru, kan?

Museum ini terbagi menjadi dua, dimana unit I berseberangan dengan Alun-alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Sedangkan Unit II berada di sebelah timur Alun-alun Utara Keraton.

Lokasi Museum Sonobudoyo Unit I : Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Jogja

Tiket masuk Museum Sonobudoyo Unit I : Rp3 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: 8 Hal Menarik di Keraton Yogyakarta, Wajib Mampir Biar Nggak Nyesel

4. Museum Sandi

museum sandi
instagram.com/rahmadhanish

Tempat wisata Jogja yang hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Malioboro ini adalah satu-satunya museum kriptografi Indonesia, lho.

Di dalam bangunan 2 lantai ini, kamu bisa memasuki salah satu ruangan yang bakal menceritakan tentang kehidupan dr. Roebiono Kertopati, Bapak Persandian Negara Republik Indonesia.

Selain itu, berbagai benda bersejarah dalam dunia persandian, seperti buku, sepeda onthel para kurir, hingga beberapa diorama bisa kamu temukan di museum ini.

Lokasi Museum Sandi : Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Jogja

Tiket masuk Museum Sandi : Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Museum Keraton Ngayogyakarta

museum keraton ngayogyakarta
instagram.com/ekayulimaslukah

Tempat bersejarah di Jogja ini bakal membuatmu melihat jejak Sultan Hamengkubuwono IX dan benda-benda keraton lainnya. Misalnya saja seperti foto hingga pakaian kebesaran keraton.

Sesuai dengan namanya, museum di Jogja ini berada di area Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Nah, wilayah yang dapat dimasuki oleh masyarakat umum itulah yang dimaksud dengan Museum Keraton.

Lokasi Museum Keraton Ngayogyakarta : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Jogja

Tiket masuk Museum Keraton Ngayogyakarta : Rp7 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Itulah museum di Jogja yang dekat dari Malioboro. Dari kawasan terkenal tersebut, kamu bisa kok menempuh tempat-tempat bersejarah tersebut dengan jalan kaki.

0 Comment