5 Negara ini Punya Tanggal Merah Terbanyak, Banyak Liburnya

20 December 2018, at 04:00
2
0
5 Negara ini Punya Tanggal Merah Terbanyak, Banyak Liburnya

Jumlah hari libur di berbagai penjuru dunia pasti berbeda. Begitu pula di tahun 2019 ini, termasuk di Indonesia sendiri yang punya 20 hari tanggal merah. Bagaimana dengan negara lain?

Ternyata ada beberapa negara di Asia Tenggara yang justru memiliki hari libur lebih banyak dari Indonesia. Bahkan sampai mencapai 50 hari tanggal merah, lho.

Bukan hal mengherankan memang kalau negara-negara tersebut memiliki hari libur yang cukup panjang. Apalagi mereka punya perayaan khusus baik untuk kepentingan budaya hingga keagamaan.

holiday
hr.uoregon.edu

Mungkin kamu akan merasa iri kalau wilayah-wilayah di bawah ini punya tanggal merah yang super panjang. Siapa sih yang nggak suka dengan hari libur?

Nah, berikut urutan negara yang punya libur paling banyak di tahun 2019 seperti dilansir dari Asian Skyline. Yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Malaysia

merdeka day malaysia
blog.bbazaar.my

Begitu mendengar jumlah hari libur Malaysia, pasti kamu berharap bisa pindah ke negara tetangga Indonesia ini.

Sebab di Negeri Jiran ini total tanggal merahnya ada 50 hari. Wow, angka yang fantastis ya?

deepavali 2019 di malaysia
publicholidays.com.my

Tapi sebenarnya Malaysia hanya punya 20 hari libur nasional. Sedangkan beberapa wilayah di negara ini memilih untuk nggak libur di waktu-waktu tertentu.

Contoh hari libur nasional di Negeri Jiran sendiri ini adalah seperti Tahun Baru China sekaligus cuti bersamanya, yakni pada tanggal 5 dan 6 Februari 2019 mendatang.

2. Kamboja

hari kemerdekaan kamboja
phnompenhpost.com

Kamboja ternyata punya tanggal merah sebanyak 31 hari, lho. Banyak juga ya?

Menariknya lagi, negara satu ini merupakan wilayah satu-satunya yang punya hari libur umum untuk "Hari Anak" dan "Hari Hak Asasi Manusia" pada tahun 2019.

royal ploughing day kamboja
rove.me

Selain itu, pada tanggal 9 November 2019 mendatang, Kamboja merayakan hari kemerdekaannya.

Ada juga "Upacara Musim Tanam Kerajaan" di Kamboja yang jatuh pada 22 Mei 2019 nanti. Jadi saat waktu-waktu itu, para penduduknya bisa libur sambil ikut menyemarakkan perayaan tersebut.

3. Thailand

chakri day thailand
mekongtravel.co
thingyan festival myanmar
lostboymemoirs.com

Mendengar soal negara Myanmar, apa sih yang muncul dalam benakmu? Mungkin sebagian dari kamu tahu kalau wilayah ini punya daya tarik, yakni ketika menuju bulan purnama.

Sebab di waktu tersebut, negara yang mayoritas Budha ini punya 5 hari yang didedikasikan untuk merayakan bulan purnama, seperti:

  • Tabaung
  • Kasong
  • Waso
  • Thadingyut
  • Tazaungmone

Konon dalam waktu 5 hari itu dianggap menguntungkan dan dilindungi untuk mengamati adanya pelapisan bulan. Menarik banget ya?

peasants day myanmar
asianfarmers.org

Selain itu, ada pula perayaan yang berkaitan dengan negara, yakni Hari Kemerdekaan Filipina yang jatuh pada Jumat, 4 Januari 2019 mendatang.

Perlu kamu ketahui juga, total tanggal merah di negara satu ini adalah 25 hari. Cukup banyak kan?

5. Filipina

independence day philippine
americaninquirer.net

Filipina merupakan negara mayoritas Kristen, yakni sebanyak 90 persen. Nggka heran kalau negara ini memiliki libur nasional yang umumnya berkaitan dengan acara keagamaan.

Bahkan negara ini merupakan satu-satunya wilayah yang punya hari libur umum untuk Kamis Putih. Perlu kamu ketahui, di waktu ini jatuh pada hari Kamis menjelang perayaan Paskah.

Kamis Putih sendiri jatuh pada tanggal 18 April 2019. Satu hari setelahnya, tanggal merah masih berlanjut untuk perayaan Jumat Agung.

national heroes day philippines
hhsgpa.com.ph

Selain kedua tanggal merah tersebut, masih ada banyak waktu yang ditetapkan untuk libur di Filipina. Seperti halnya Hari Pahlawan Nasional di negara ini yang jatuh pada 26 Agustus 2019.

Kalau ditotal, jumlah tanggal merah negara Filipina sepanjang 2019 adalah 21 hari. Hanya selisih satu hari dengan Indonesia ya?

Nah, itulah negara yang punya tanggal merah terbanyak di sepanjang 2019. Bahkan ada yang sampai 50 hari, dalam setahun. Jadi pengen pindah ya, Sahabat Qupas?

0 Comment