5 Negara Ini Punya Tradisi Unik untuk Rayakan Waisak, di Indonesia Juga Ada Lho!

19 May 2019, at 17:00
1
0
5 Negara Ini Punya Tradisi Unik untuk Rayakan Waisak, di Indonesia Juga Ada Lho!

Umat Buddha di seluruh dunia sedang merayakan Hari Raya Waisak yang jatuh pada hari ini, Minggu, 19 Mei 2019.

Uniknya, nggak semua umat Buddha merayakan Waisak dengan melakukan hal-hal yang sama lho. Beberapa justru memperingatinya dengan cara unik dan menarik.

Berikut ini 5 negara dengan perayaan waisak paling unik, dari yang sangat megah sampai sederhana. Ada Indonesia juga lho!

Baca Juga: Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Berbagai Daerah Indonesia, Sudah Tahu Belum?

1. Indonesia

indonesia
avoskinbeauty.com

Meskipun Buddha bukanlah agama yang dianut oleh mayoritas masyarakat di Indonesia, namun perayaan Waisak di Indonesia termasuk yang paling meriah lho.

Peringatan Waisak bisanya dilakukan di berbagai wilayah Indonesia, namun puncaknya secara khusus di gelar di candi paling besar, yaitu Borobudur.

waisak indonesia
buddhazine.com

Ada tiga rangkaian acara yang dilakukan saat memperingati Trisuci Waisak, namun puncaknya adalah ketika umat Buddha berkumpul, menyalakan lilin, dan menerbangkan lampion secara bersamaan.

Selain itu, di beberapa wilayah Indonesia juga ada yang mengganti pelepasan lampion dengan burung yang memiliki arti penyambutan terhadap hari dan keberuntungan yang baru.

2. Korea Selatan

korea selatan
gotravelly.com

Umat Buddha di Korea Selatan memperingati Waisak dengan mengadakan Lotus Lantern Festival atau dalam bahasa ibunya disebut Yeon Deung Hoe.

Festival tahunan ini merupakan acara besar yang nggak bisa dilewatkan oleh masyarakat Korea Selatan dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

waisak korea
visitkorea.or.id

Rangkaian festival tersebut biasanya diadakan selama beberapa hari dengan parade lampion besar besarta pertunjukan musik sebagai penutupnya.

Namun, acara ini berpusat pada parade lampion lotus yang biasanya dilakukan satu hari sebelumnya. Selain itu ada juga pameran lampion tradisional dan event kebudayaan yang diadakan sebagain pelengkap perayaan yang nggak kalah menarik untuk disaksikan.

3. Nepal

nepal
berita.bhagavant.com

Berbeda dengan umat Buddha di Korea Selatan yang merayakan waisak dengan sangat meriah, masyarakat Nepal justru merayakannya dengan sederhana dan khidmat.

Mereka akan berbondong-bondong menuju ke Lumbini, tempat kelahiran Buddha. Selain itu, mereka juga akan mengunjungi vihara-vihara untuk memberi penghormatan. Biasanya perayaan utama dilakukan dengan berdoa di Monkey Temple.

Umat Buddha di Nepal juga akan melakukan kebaikan-kebaikan terhadap hewan sebagai tradisi unik seperti membeli buruk dalam kandang dan melepaskannya saat perayaan.

Baca Juga: 6 TPS Unik 2019, Ada yang Dikawal Superhero!

4. Srilanka

srilanka
buddhazine.com

Umat Buddha di Srilanka melakukan perayaan Waisak selama satu minggu. Dalam masa tersebut, ada banyak aturan yang harus dilakukan dan dipatuhi.

Salah satu hal unik yang nggak boleh dilanggar adalah nggak boleh berjualan alkohol dan daging. Selain itu, selama perayaan seluruh tempat seperti rumah dan jalanan akan dihiasi dengan lampu warna warni yang disebut Kultu Waisu.

5. Thailand

thailand
smithsonianmag.com

Untuk merayakan Waisak, negeri gajah putih ini memiliki cara tersendiri yaitu dengan mengadakan Festival Visakha Bucha.

Thailand memiliki penganut Buddha paling banyak di dunia sehingga nggak heran kalau perayaan Waisak menjadi salah satu hal yang penting dan dilaksanakan dengan megah.

waisak thailand
rove.me

Upacara utama akan dilaksanakan di Sanam Luang yang merupakan sebuah lapangan umum di depan King’s Grand Palace Bangkok. Di sana terdapat sebuah patung Budha besar yang akan dikelilingi oleh lilin dan umat untuk melakukan penghormatan.

Meskipun sangat ramai, namun pelaksanaan tersebut selalu berjalan dengan lancar dan damai.

Nah, itu dia Sobat Qupas perayaan Waisak dari berbagai negara. Unik-unik ya! Kamu paling penasaran dan ingin mengikuti yang mana?

Topics:

0 Comment