5 Pantai Banyuwangi yang Eksotis dan Instagrammable

10 September 2018, at 09:22
0
0
5 Pantai Banyuwangi yang Eksotis dan Instagrammable

Terkenal dengan wisata Kawah Ijen yang menyemburkan api biru (blue fire), Banyuwangi ternyata juga kaya dengan destinasi pantai yang beragam. Bahkan, pantai-pantai tersebut tersebar di hampir setengah wilayah kabupaten ini, lho.

Dari sekian banyak pantai tersebut, kali ini Qupas sudah memilih 5 pantai eksotis di Banyuwangi, yang bisa menjadi referensi liburan kamu. Disimak, yuk!

1. Pantai Pulau Merah

Sunset yang bisa dinikmati di bagian barat Pantai Pulau Merah
banyuwangibagus.com
Nama Pantai Pulau Merah pasti sudah nggak asing lagi di telinga para pecinta travelling. Yup, pantai ini merupakan salah satu destinasi utama wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Pesona pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai yang berlokasi di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran ini, pastinya sayang untuk dilewatkan. Kamu juga bisa menikmati keindahan sunset di bagian barat pantai ketika senja tiba.

Bukit kecil khas Pantai Pulau Merah
flickr.com

Selain itu, pantai ini juga identik dengan bukit kecil yang berada tidak jauh dari tepi pantai. Nah, konon katanya, nama Pantai Pulau Merah berasal dari warna tanah bukit ini yang kemerah-merahan. Namun, warna tersebut nggak terlihat dari kejauhan karena tertutupi oleh rerumputan yang hijau.

2. Pantai Teluk Hijau

Kamu perlu menempuh perjalanan yang panjang untuk sampai di pantai ini
blog.reservasi.com

Istilah “surga tersembunyi” mungkin pantas untuk disematkan pada Pantai Teluk Hijau yang juga dikenal dengan nama Green Bay ini. Karena, untuk bisa sampai di pantai ini, kamu harus melewati rute yang curam penuh dengan bebatuan dan pepohonan di sepanjang perjalanan. Namun, rasa lelah itu akan terbayar dengan keindahan pemandangan yang akan kamu dapatkan.

Terdapat dua gradasi warna di Pantai Teluk Hijau, yakni hijau dan biru
detik.com

Pantai ini memang tampak berwarna hijau di tepian, lalu membiru menuju ke tengah laut. Warna hijau ini, berasal dari tanaman alga (sejenis rumput laut) yang tumbuh di tepi pantai. Pantai ini juga bisa jadi tempat camping, lho. Dengan syarat, kondisi air laut sedang surut sehingga aman untuk berlama-lama di pinggir pantai.

Baca Juga: 5 Pantai di Malang yang Masih Sepi Pengunjung, Berasa Milik Pribadi

3. Pulau Tabuhan

Air yang bersih dan jernih cocok untuk snorkeling
ujungkeujung.blogspot.com

Nah, kalau pantai yang satu ini, akan jadi destinasi favorit buat kamu yang suka olahraga air seperti snorkeling atau scuba diving. Berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang tumbuh di bawah laut, pasti akan menyenangkan mata siapapun yang mengagumi keindahan bawah laut. Jangan lupa juga untuk diabadikan, ya!

Angin kencang di Pulau Tabuhan dimanfaatkan untuk olahraga kitesurfing
backpackerjakarta.com

Selain snorkeling dan scuba diving, angin yang berhembus lumayan kencang di pantai ini juga dimanfaatkan untuk olahraga kitesurfing dan windsurfing. Bahkan, Pulau Tabuhan sering dijadikan tuan rumah untuk berbagai kompetisi kitesurfing internasional, lho. Kalau kamu tertarik untuk menyaksikan pertandingannya, bisa menjadwalkan waktu liburanmu ke wisata Banyuwangi ini saat kompetisi sedang berlangsung.

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung merupakan spot surfing terbaik
youtube.com

Pantai Plengkung terkenal sebagai salah satu spot surfing terbaik di Asia Tenggara. Karena, pantai memiliki ombak yang besar dan tinggi sehingga disukai oleh para peselancar internasional. Bahkan, ombaknya yang besar dan konsisten, merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Ada kursus khusus untuk peselancar pemula
ardi.web.id

Walaupun ombaknya tinggi, namun jika kamu masih pemula, di sana juga tersedia mentor surfing yang akan mengajarimu dengan biaya kursus yang terjangkau. Pantai ini juga sering disebut sebagai G-land, yang berdasarkan pada bentuk pulau dan pantainya yang seperti huruf G, jika dilihat dari satelit.

Baca Juga: Pantai Tersembunyi di Ujung Kota Jember ini Cocok Buat Kamu yang Suka Berpetualang

5. Pantai Sukamade

Pemandangan penyu-penyu raksasa di sekeliling Pantai Sukamade
banyuwangibagus.com

Pantai Sukamade terkenal sebagai penangkaran penyu terbesar di Indonesia. Yup, di pantai ini pengunjung memang bisa melihat langsung proses bertelur dari berbagai spesies penyu-penyu raksasa. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan pelepasan anak penyu (tukik) dari tepi pantai hingga ke lautan.

Pantai Sukamade merupakan bagian dari segitiga berlian Banyuwangi
banyuwangibagus.com

Sama seperti Pantai Teluk Hijau, kamu juga harus melewati hutan curam yang memacu adrenalin untuk bisa sampai ke Sukamade. Sukamade berada di wilayah Taman Nasional Meru Betiri dan merupakan salah satu wisata segitiga berlian (triangle diamonds), bersama dengan Pantai Plengkung dan Gunung Ijen.

Itulah 5 wisata pantai eksotis di Banyuwangi pilihan Qupas, yang bisa jadi referensi liburan kamu. Selain untuk melepaskan penat selepas bekerja, pantai-pantai ini juga cocok untuk jadi feed di instagram kamu. Siap berlibur ke sana, Qupas Lovers?

0 Comment