5 Penyakit ini Terdeteksi Saat Kamu Donor Darah, Lumayan Tes Kesehatan Gratis

26 December 2018, pada 10:00
2
0
5 Penyakit ini Terdeteksi Saat Kamu Donor Darah, Lumayan Tes Kesehatan Gratis

Donor darah merupakan kegiatan menyumbangkan darah kepada yang membutuhkan melalui instansi resmi yaitu Palang Merah Indonesia (PMI). Ketika kamu melakukannya, berarti kamu menyelamatkan orang lain.

Akan tetapi, donor darah bukan hanya bermanfaat bagi orang lain, lho. Kamu sebagai pendonor juga bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan positif tersebut, seperti:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mengurangi risiko penyakit kanker
  • Menurunkan berat badan
  • Membuat lebih bahagia
  • Dapat mendeteksi masalah kesehatan yang serius pada tubuhmu

Tapi tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya. sebab masih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Meskipun demikian beberapa orang tidak jujur dengan penyakitnya dan tetap melakukan donor. Padahal penyakitnya akan tetap bisa terdeteksi. Ini dia 5 penyakit yang bisa terdeteksi dari donor darah!

1. Hepatitis B

hepatitis b
trmedbook.com

Hepatitis B merupakan infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Infeksi virus ini dapat mengakibatkan kerusakan pada hati atau yang terparah menyebabkan kanker hati. Penyakit ini tidak memiliki tanda-tanda yang jelas sehingga kebanyakan orang tidak menyadari kalau mereka terinfeksi.

virus hepatitis b
shutterstock.com

Hepatitis B sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya melalui darah, air mani, atau cairan tubuh lainnya yang terkontaminasi virus. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah pun berisiko tinggi terinfeksi penyakit ini.

2. Hepatitis C

hepatitis c
nps.org.au

Hepatitis C disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV) yang ditularkan dari satu orang ke orang lain lewat paparan darah yang terkontaminasi virus. Penyakit ini merupakan yang paling berbahaya dari virus hepatitis lainnya.

virus hepatitis c
medicalnewstoday.com

Hal ini karena hepatitis C tidak menimbulkan gejala sampai penyakit ini kronis dan orang yang terinfeksi mengalami kerusakan hati permanen. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dia terinfeksi hepatitis C sampai bertahun-tahun kemudian.

3. Sipilis

masalah kesehatan
alodokter.com

Sipilis atau raja singa merupakan penyakit kelamin yang bisa menyerang laki-laki maupun perempuan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dapat menginfeksi kulit, mulut, alat kelamin, serta sistem saraf.

sipilis
sutterstock.com

Jika terdeteksi lebih awal, penyakit ini lebih mudah disembuhkan. Akan tetapi penyakit sipilis yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan serius pada otak, sistem saraf, serta organ lainnya bahkan jantung.

Baca Juga: Jangan Takut, Rutin Donor Darah Bisa Berikan 7 Manfaat ini!

4. HIV/AIDS

hiv aids
nursebuff.com

HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang menyebabkan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome.

HIV dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh secara drastis sehingga memungkinkan penyakit, bakteri, dan infeksi lainnya menyerang tubuh.

hiv aids tes
123rf.com

Virus ini tidak dapat disingkirkan seutuhnya atau akan ada di dalam tubuh sepanjang hidup. AIDS merupakan kondisi paling parah dari HIV dan ditandai dengan munculnya penyakit lain seperti kanker dan berbagai infeksi.

5. Malaria

nyamuk malaria
nytimes.com

Malaria merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh parasit dari nyamuk Anopheles. Jika nyamuk yang terinfeksi virus tersebut menggigitmu, maka parasit berbahaya tersebut dapat ditularkan dan dilepaskan ke dalam aliran darahmu.

malaria
sciencedaily.com

Penyakit ini umumnya terjadi di daerah tropis. Orang yang terinfeksi akan terus menggigil dan mengalami demam selama 2 sampai 3 hari dalam satu waktu. Pada  kenyataannya, malaria dapat membahayakan nyawa.

Nah, itu dia 5 penyakit yang dapat dideteksi melalui donor darah. Deteksi penyakit ini dilakukan agar darah yang didistribusikan kepada orang yang membutuhkan dalam keadaan streril dari penyakit. Darah dengan 5 penyakit di atas tidak dapat diberikan kepada orang lain karena bisa menularkan penyakit.

Jika kamu melakukan donor darah dan terdapat masalah dalam darahmu, pihak PMI akan memberikan panggilan atau surat resmi untuk memintamu datang berkonsultasi dengan dokter.

Semoga tidak ada penyakit yang bersembunyi dalam tubuhmu, ya! Kalau pun ada, donor darah akan membuatmu bisa mendeteksi itu sedini mungkin agar bisa dilakukan penanganan yang maksimal.

0 Komentar