5 Penyakit yang Muncul dari Masalah Susah BAB

23 December 2018, at 00:00
1
0
5 Penyakit yang Muncul dari Masalah Susah BAB

Susah buang air besar atau biasa disebut sembelit merupakan keadaan dimana kamu tidak bisa maupun sulit buang air besar dalam waktu yang lama. Kamu yang pernah mengalaminya pasti tahu bahwa penyakit ini membuat tidak nyaman.

Banyak orang yang menganggap sepele sembelit karena dirasa bukan merupakan masalah kesehatan yang parah. Akan tetapi sembelit kronis yang sulit untuk diobati ternyata bisa menjadi tanda adanya penyakit lain yang lebih serius, lho.

Ini dia 5 penyakit yang ditandai dengan masalah susah buang air besar!

1. Hipotiroid

hipotiroid
hellosehat.com

Hipotiroid merupakan kondisi kurangnya kelenjar yang menghasilkan hormon tiroid. Kelenjar tersebut bertugas untuk mengatur banyak hal di tubuh, termasuk usus.

sakit hipotiroid
hellosehat.com

Apabila terdapat masalah pada usus seperti susah buang air besar, bisa saja kamu mengalami masalah pada kelenjar tiroid.

Selain sembelit, kelelahan, sensitif terhadap dingin, kulit kering dan naiknya berat badan tanpa alasan merupakan gejala hipotiroid.

2. Hiperparatiroid

hiperparatiroid
alodokter.com

Penyakit ini merupakan kondisi ketika kelenjar paratiroid yang terletak di leher memproduksi terlalu banyak hormon paratiroid dalam aliran darah. Hal ini karena satu atau beberapa dari keempat kelenjar paratiroid terlalu aktif.

gejala hiperparatiroid
aryanto.id

Masalah kesehatan ini bisa diawali dengan susah buang air besar. Gejala lainnya yaitu badan nyeri, sering hilang konsentrasi, nyeri perut, mual, muntah, banyak buang air kecil, cepat haus, cepat lemas dan lelah dan lain sebagainya.

3. Irritable Bowel Syndrome

IBS
painfreelivinglife.com

Irritable Bowel Syndrome atau IBS biasanya dihubungkan dengan gejala diare. Kondisi ini merupakan penyakit yang terjadi pada usus besar.

Kontraksi otot di usus besar yang tidak normal, misalnya terlalu banyak kontraksi akan menyebabkan diare.

penyakit IBS
shutterstock.com

Akan tetapi, penyakit ini juga bisa menyebabkan susah buang air besar, lho. Kontraksi otot yang lebih sedikit bisa menyebabkan sembelit.

Kasus ini bisa jadi lebih serius pada orang dengan penyakit Crohn, karena bisa jadi berujung pada sembelit kronis.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Sembelit yang Sebaiknya Kamu Hindari dari Sekarang!

4. Diabetes

diabetes
rd.com

Susah buang air besar yang kronis juga bisa menjadi tanda jika kamu sedang mengalami komplikasi diabetes. Kasus ini seringnya terjadi karena peradangan pada saraf bersamaan dengan diabetes. Sebab orang yang mengalami penyakit tersebut memang lebih rentan dengan peradangan.

penyakit diabetes
petitfitbycris.com

Jika kamu mengalami sembelit kronis yang tidak kunjung sembuh meskipun sudah diobati dengan berbagai hal, kamu harus segera periksa ke dokter. Apalagi jika kamu memiliki bakat diabetes atau sudah mengidap penyakit turunan tersebut.

5. Wasir

wasir
hellosehat.com

Sembelit juga merupakan salah satu tanda wasir atau sering disebut ambaien. Pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah vena pada dubur biasa terjadi karena sering mengejan saat buang air besar.

wasir atau ambaien
hellosehat.com

Orang yang memiliki penyakit wasir merasakan nyeri pada dubur sehingga biasanya lebih memilih untuk tidak buang air besar.

Hal ini justru merupakan hal yang tidak baik karena sembelit akan semakin memperparah wasir. Jika kamu tidak memiliki wasir, susah buang air besar juga bisa memunculkannya.

Nah, itu dia 5 penyakit yang bisa jadi ada pada tubuhmu ketika kamu mengalami sembelit atau susah buang air besar kronis yang lama tidak kunjung sembuh.

Jangan pernah menyepelekan apapun yang terjadi pada tubuhmu. Segera ke dokter jika merasa ada masalah dan konsultasikan apa yang perlu diperbaiki. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, bukan?

0 Comment