5 Penyebab Bau Ketiak yang Mungkin Jarang Kamu Dengar

23 September 2018, at 01:00
0
0
5 Penyebab Bau Ketiak yang Mungkin Jarang Kamu Dengar

Bau ketiak adalah salah satu masalah yang bisa mengganggu kenyamanan diri kita maupun orang lain. Meski rajin menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali dalam sehari, masalah ini terkadang masih muncul. Tentu hal ini juga bisa membuatmu jadi kurang percaya diri.

Banyak orang yang mengira bahwa sumber bau ketiak adalah keringat. Meski anggapan tersebut tak sepenuhnya salah, ada beberapa fakta yang perlu di garis bawahi. Nah berikut ini adalah penyebab bau ketiak yang mungkin belum kamu ketahui.  

Baca juga: Ketiak Hitam Jangan Dibiarkan! Berikut Ini Cara Alami Mengatasinya

1. Bakteri  

keringat berlebih setelah melakukan aktifitas fisik
dermatologycolumbus.com

Tubuh akan mengeluarkan banyak keringat setelah kita melakukan aktivitas fisik. Sebagian besar keringat mengandung air yang tidak menimbulkan bau. Bau ketiak yang tidak sedap sebenarnya adalah hasil kerja bakteri.

ketiak adalah sarang bakteri
naturalnews.com

Lebih dari 1 miliar bakteri hidup di tubuh kita. Tempat favoritnya adalah pada lipatan tubuh, salah satunya area ketiak. Ketiak menjadi sarang bakteri karena sifatnya yang hangat, terlindung, dan lembab. Bakteri ini akan menguraikan keringat yang awalnya tidak berbau dengan sangat cepat. Oleh karena itu timbul bau badan yang tidak sedap.

2. Nutrisi

nutrisi mempengaruhi bau ketiak
healthhub.sg

Agar fisik tetap sehat dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari, kita harus menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Di samping itu, makanan yang kita konsumsi ternyata dapat berpengaruh pada aroma keringat. Nutrisi yang tidak sesuai dengan kebutuhan energi tubuh bisa mengakibatkan ketiak berbau tidak sedap.

diet karbohidrat
netdna-cdn.com

Bagi yang menjalani diet karbohidrat, kamu perlu tahu bahwa kurangnya asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan ketiak lebih mudah berbau. Selain itu, perhatikan konsumsi makanan pedas serta asupan yang mengandung magnesium dan gula.

3. Dehidrasi dan Stres

kekurangan cairan pada tubuh
runninglife.com.mx

Sebagian besar tubuh kita berisi cairan. Air berperan penting untuk menjaga fungsi tubuh agar tetap berjalan dengan normal. Dehidrasi ternyata juga bisa berimbas pada bau ketiak yang menyengat.

kondisi emosional mempengaruhi bau ketiak
indianexpress.com

Tak hanya aktifitas fisik, keringat ternyata keluar lebih banyak saat pikiran sedang mengalami stres. Contohnya seperti saat kita sedang marah atau takut. Kondisi emosional ini juga berkontribusi dalam menyebabkan ketiak menjadi lebih bau saat berkeringat

Baca juga: 5 Manfaat Kopi Untuk Merawat Kecantikan, Bisa Untuk Memutihkan Ketiak Juga!

4. Deodoran

penggunaan deodoran
breastlink.com

Untuk mengatasi bau pada ketiak, banyak orang memilih cara instan dengan menggunakan deodoran. Setelah pemakaian deodoran, produksi keringat hingga bau menyengat bisa berkurang. Namun jarang diketahui orang, bahwa produk kosmetik ini bisa mengubah kondisi bakteri yang ada di ketiak.

deodoran memicu tumbuhnya bakteri
farmersalmanac.com

Penelitian mengungkapkan bahwa jumlah bakteri yang ada di ketiak pengguna deodoran lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah memakainya. Selain itu, wewangian ini memicu bakteri staphylococcus yang menyebabkan infeksi pada jaringan tubuh untuk tumbuh subur. Inilah yang menyebabkan bau ketiak jadi lebih menyengat apabila berhenti menggunakan deodoran.

5. Trimetilaminuria

kelainan pada bau badan
northwestaircon.co.uk

Trimetilaminuria adalah sebuah kelainan genetik langka yang mengakibatkan tubuh memproduksi cairan yang berbau seperti ikan busuk. Beberapa orang dengan kondisi ini tidak bisa memecah trimetilamin yang biasanya ditemukan pada telur, hati hewan, dan kacang-kacangan. Senyawa ini biasanya akan dipecah oleh bakteri untuk mengurangi bau yang menyengat pada tubuh.

bau ketiak menyengat
toolsofmen.com

Tak hanya pada keringat, bau ini juga ditemukan pada urin dan aroma napas. Kelainan yang disebut ‘the fish odor syndrome’. Ini adalah penyakit keturunan yang sangat jarang ditemukan pada kebanyakan orang. Tapi kamu bisa mengunjungi dokter untuk memastikan apakah terhindar dari trimetilaminuria.

Ternyata penyebab dari bau ketiak tidak hanya dari keringat dan kebersihan badan saja. Asupan yang masuk ke tubuh hingga penggunaan deodoran pun bisa memperparahnya. Ubah kebiasaan itu dari sekarang ya! 

0 Comment