Lapar merupakan suatu hal alamiah yang dirasakan oleh manusia. Umumnya, rasa lapar kerap muncul ketika kita belum mengonsumsi makanan apapun. Namun, bagaimana jika rasa lapar tetap muncul usai makan?

Hal tersebut memang tidak wajar. Akan tetapi, ternyata ada beberapa alasan lain mengapa kita merasa lapar walau perut sudah terisi. Apa saja alasan tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Stres

5 Penyebab Perut Lapar Terus Walau Sudah Makan
theclinicondupont.com

Banyak orang yang sedang stres justru melampiaskannya pada makanan. Hal ini dikarenakan stres yang dialami dapat memicu produksi hormon adrenalin dan kortisol yang menyebabkan rasa panik dan cemas, sehingga rasa lapar akan datang dan tubuh memerlukan makanan untuk membuat pikiran menjadi tenang kembali.

Untuk itu, hindarilah berbagai macam hal yang dapat memicu stres dan sebaiknya atasi stres dengan hal positif lainnya seperti olahraga.

Baca juga: Berlebihan Makan Daging Bisa Picu Kanker Payudara, Hoax atau Fakta?

2. Dehidrasi

5 Penyebab Perut Lapar Terus Walau Sudah Makan
vemale.com

Kurang minum air putih dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi. Akibat dehidrasi inilah tubuh akan menjadi mudah lapar. Hal ini disebabkan, salah satu bagian otak yang berperan sebagai pengontrol rasa lapar tidak bisa membedakan antara rasa lapar dan rasa haus.

Oleh sebab itu, cukupilah kebutuhan cairan tubuhmu dengan banyak mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari.

3. Diabetes

5 Penyebab Perut Lapar Terus Walau Sudah Makan
helloflo.com

Jika kamu mudah merasa lapar walau sudah makan, bisa jadi kamu mengalami penyakit diabetes. Sebab, salah satu tanda yang muncul akibat penyakit ini adalah mudah lapar. Oleh karenanya, segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. Kurang Tidur

5 Penyebab Perut Lapar Terus Walau Sudah Makan
orami.id

Manusia membutuhkan waktu untuk tidur atau beristirahat sekitar 5-8 jam sehari. Tujuannya adalah agar tubuh bisa memulihkan kembali energi yang telah terbuang saat melakukan aktivitas.

Namun, pola tidur yang tidak teratur ternyata dapat mengganggu kinerja hormon leptin dan gherlin yang memproduksi rasa kenyang dan lapar. Sehingga, saat kamu kurang tidur maka tubuhmu akan mudah lapar.

5. Kurang Asupan Serat

5 Penyebab Perut Lapar Terus Walau Sudah Makan
hellosehat.com

Tubuh membutuhkan asupan serat setiap hari agar sistem pencernaan bekerja dengan baik. Selain itu, asupan serat juga diperlukan untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Jika tubuhmu mudah lapar, maka kemungkinan besar asupan seratmu tidak terpenuhi. Konsumsilah serat yang berasal dari makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Itulah beberapa penyebab kenapa perut menjadi lapar walau sudah mengonsumsi makanan. Sekarang sudah tahu, kan?

0 Komentar