5 Perawatan Rambut Rontok dengan Cara Sederhana, Supaya Nggak Botak!

05 September 2018, at 07:39
0
0
5 Perawatan Rambut Rontok dengan Cara Sederhana, Supaya Nggak Botak!

Rambut sering disebut sebagai mahkota wanita, dimana keberadaannya tentu sangat berharga. Jadi, nggak heran kalau ada yang sampai bingung saat masalah pada bagian dari kepala ini mulai bermunculan, misalnya terjadi kerontokan. Perawatan rambut rontok pun nggak bisa dilakukan sembarangan pada setiap orang. Bahkan, perlu diketahui pula penyebab kenapa masalah ini muncul.

Siapa sangka, masalah kerontokan rambut ini bisa muncul karena aktivitas sehari-hari yang bisa jadi sering kamu abaikan. Untuk itu, hal pertama seperti menghindari kegiatan yang bisa memperparah rambut rontok seharusnya kamu lakukan. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk merawat rambut rontok versi Qupas supaya kepalamu nggak botak. Yuk, intip!

Baca juga: Rambutmu Sering Rontok? Yuk, Kenali 4 Jenis Sisir Pilihan Ini!

1. Kurangi Diet Berlebih

kurangi diet berlebih
glaminati.com

Rambut rontok parah bisa saja terjadi karena kurangnya asupan gizi dan vitamin dalam tubuh. Meski bentuknya kecil dan lembut, bagian dari kepala ini ternyata juga butuh nutrisi. Tujuannya tentu untuk bisa tetap kuat dan sehat, sehingga nggak rapuh serta mengalami kerontokan.

cukupi nutrisi makanan
edition.cnn.com

Bisa jadi, saat kamu menjalani diet ekstrem, kebutuhan gizi untuk rambut, mulai dari protein, zat zinc, asam lemak omega-3, zat besi hingga biotin juga akan terbatasi. Tentu hal ini bisa membuat rambutmu rontok. Oleh karena itu, coba deh konsumsi makanan bernutrisi dan batasi program dietmu. Dijamin, kamu akan merasakan manfaatnya.

2. Jangan Terlalu Mengikat Rambut Terlalu Ketat

jangan mengikat rambut terlalu ketat
mochni.com

Rambut yang terikat memang akan terlihat lebih cantik dan rapi. Tapi, sebaiknya pikir ulang untuk jika kamu akan mengikatnya terlalu kencang. Sebab, ternyata hal ini justru berakibat buruk, seperti terjadi kerontokan. Tentu hal ini semakin mengganggu penampilanmu.

hindari mengikat rambut terlalu ketat
lionhaircare.co.uk

Saat kamu mengikatnya terlalu ketat, akar rambut akan tertarik. Hal ini lah yang menyebabkan kerontokan. Jadi, sebaiknya longgarkan ikatan rambutmu mulai sekarang. Apalagi, tautan yang terlalu kuat juga akan membuat kepalamu sakit.

3. Keramas Minimal 2 Kali dalam Seminggu

rambut rontok
jonssonprotein.com.sg

Perawatan rambut rontok yang bisa kamu coba adalah keramas minimal 2 kali dalam seminggu atau sesuai kebutuhan, asalkan rambutmu bersih dan nggak lepek. Sebab, rambut rontok juga bisa terjadi kalau kamu jarang keramas. Kondisi kulit kepala berminyak dan lembab yang mengakibatkan masalah ini terjadi.

jangan jarang keramas
medicalnewstoday.com

Selain jadwal, usahakan jangan terlalu kencang dalam menggosok kepala saat keramas. Pasalnya, hal ini bisa merusak folikel rambut yang bisa menyebabkan kerontokan. Jadi, sebaiknya mulai sekarang jangan malas untuk keramas, ya!

Baca juga: 5 Cara Merawat Rambut Indah Meski Kamu Wanita Berhijab

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Alat Perawatan Rambut

jangan terlalu sering menggunakan alat perawatan rambut
pinterest.ch/stylecraze

Karena keberadaannya dianggap berharga, ada sebagian wanita yang rela meluangkan waktu berjam-jam ke salon atau bangun pagi untuk membuat tampilan rambut lebih cantik. Misalnya saja seperti menggunakan alat catok. Padahal, salah satu jenis alat kecantikan ini bisa berdampak buruk untuk rambutmu, lho.

Bayangkan saja, jarak antara alat catok dan kulit kepala sangat dekat, sehingga rambut akar menjadi kering. Bahkan, rambut juga akan lebih cepat patah. Selain alat catok, hair dryer yang terlalu sering digunakan bisa berakibat buruk, seperti akar rambut patah sampai kerontokan pun terjadi. Tentunya kamu nggak ingin hal ini terjadi, kan?

hindari terlalu sering pakai alat perawatan rambut
sensavie.com

Oleh kerena itu, sebaiknya kurangin deh penggunakan alat-alat yang bisa menunjang terjadi kerontokan. Kalau memang ingin rambut cepat kering, kamu bisa kok pakai kipas angin. Tentu saja, cara ini nggak menimbulkan efek buruk untuk mahkotamu.

5. Pilih Shampo yang Tepat

jangan salah pilih shampo
blog.keranique.com

Rambut rontok memang perlu untuk dirawat, tapi sebaiknya nggak berlebihan. Pemilihan shampo pun lebih baik ikut diperhatikan. Pasalnya, kandungan dalam shampo yang nggak sesuai dengan kebutuhan ternyata bisa menyebabkan rambut rontok.

pilih shampo yang tepat
thecoolist.com

Untuk itu, sebaiknya pilih shampo yang sudah dilabeli sebagai obat atau medicated. Sebab, hal ini berarti produk tersebut sudah disetujui oleh Kementerian Kesehatan. Selain itu, pilih juga shampo dengan kombinasi kandungan petroleum dan sodium lauryl sulfate. Ternyata, kedua zat ini dipercaya bisa mengurangi iritasi yang memperparah kerontokan.

Nah, itu dia beberapa perawatan rambut rontok secara sederhana versi Qupas. Anti ribet, kamu pun hanya perlu menghindari hal-hal yang mungkin lebih sering disepelekan. Dijamin, rambutmu akan lebih sehat dan terhindar dari kerontokan. Jadi, sudah siap mencobanya?

0 Comment