5 Perbedaan Gurita, Sotong, dan Cumi-cumi Biar Nggak Salah Beli dan Memasaknya

19 October 2019, at 09:00
0
0
5 Perbedaan Gurita, Sotong, dan Cumi-cumi Biar Nggak Salah Beli dan Memasaknya

Mungkin diantara sobat Qupas ini, pernah mengira kalau gurita, sotong, dan cumi-cumi itu sekilas mirip. Apalagi kalau mengetahui bentuk sotong dan cumi-cumi seperti nggak ada bedanya deh.

Nah, Qupas punya lima perbedaan diantara gurita, sotong, dan cumi-cumi biar nggak keliru dalam mengolahnya. Apa saja ya itu?

1. Perbedaan pada tempat hidup

cara membedakan gurita dan cumi
myrecipes.com

Gurita adalah makluk hidup yang memiliki kemampuan meniru bentuk atau perilaku dari benda mati seperti terumbu karang. Biota laut ini bisa hidup di perairan yang dangkal dengan kedalaman nggak lebih dari 15 meter.

Kalau cumi-cumi merupakan jenis hewan moluska yang bisa bertahan hidup di air laut. Lain halnya dengan sotong yang merupakan binatang yang bisa bertahan di hampir semua perairan yang berukuran besar. Bisa di air payau, air tawar, atau pun air asin.

2. Perbedaan dari bentuknya

cara membedakan dari bentuknya
asiaphotostock.com

Seperti yang kita tahu, gurita memiliki 8 tentakel dan bisa tumbuh hingga panjangnya mencapai 60 sentimeter. Di setiap lengannya, memiliki alat penghisap yang berfungsi sebagai indera peraba dan pengecap.

Kalau bentuk sotong dan cumi-cumi, sekilas memang hampir sama ya. Eits, tapi bukan berarti nggak bisa dibedain lho.

cara mengetahui gurita yang masih segar
onthegas.org

Sotong memiliki bentuk yang lebih panjang, pipih, dan siripnya melingkar. Kalau cumi-cumi memiliki tekstur cangkang yang lebih keras.

Kulit selaputnya berwarna ungu kehitam-hitaman, sedangkan sotong memiliki bentuk corak seperti batik.

Baca juga: Resep Sate Cumi yang Lagi Viral dengan Modal 25 ribuan, Yakin mau Jajan?

3. Cara memilah-milah yang segar dengan yang tidak

cara memilah cumi-cumi yang segar
altphotos.com

Untuk memilah-milah diantara ketiganya yang terlihat segar adalah, cumi dan sotong memiliki bau khas laut. Lalu, warna mata dan kulit arinya berwarna bening.

Gurita yang masih segar nggak berbau sama sekali seperti aroma anyir. Selain itu, bagian tentakelnya masih kenyal dan nggak mengeras.

4. Cara membersihkan gurita, sotong, dan cumi-cumi

cara membersihkan gurita
apartmenttherapy.info

Untuk membersihkan gurita adalah membilasnya dengan air dingin dan keluarkan kotoran yang ada di dalam kepala gurita. Potong sesuai selera dan gosok gosok setiap bagian dengan telapak tangan agar lapisan lendirnya hilang.

Cuci sotong dan cumi-cumi hingga bersih dan buang kantong tintanya. Jangan lupa membuang bagian cangkangnya hingga ke dalam rongga tubuh.

Untuk menghilangkan lapisan lendir pada sotong dan cumi, bersihan dengan air mengalir.

5. Tips untuk memasaknya 

tips memasak gurita
pinterest.com

Gurita, cumi-cumi, atau sotong biasanya dihidangkan sebagai menu tumisan, gorengan, atau bakaran. Bahkan dicampurkan ke dalam sop pun juga enak.

Untuk menu masakan yang menggunakan tindanya, lebih baik memilih tinta sotong karena baunya nggak terlalu amis.

Nah, itu lima perbedaan gurita, sotong, dan cumi-cumi yang bisa kamu pelajari dan terapkan saat akan memilih ketiganya. Biar nggak salah pilih dan bingung cara memasak cumi-cumi, gurita, maupun sotong. Cobain deh!

0 Comment