Qupas Family

5 Permainan Seru untuk Ngabuburit Bareng Anak, Bikin Si Kecil Lupa Waktu!

09 May 2020, at 05:01
5 Permainan Seru untuk Ngabuburit Bareng Anak, Bikin Si Kecil Lupa Waktu!

Mengajari anak berpuasa merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Pada fase ini, si kecil masih belum terbiasa dan masih belajar untuk mengendaalikan rasa lapar dan haus.

Untuk mengalihkan perhatiannya, orang tua bisa memanfaatkan 5 permainan seru berikut ini untuk kegiatan ngabuburit. Apa saja ya?

1. Permainan Papan

Permainan Seru (Foto: nytimes.com)
nytimes.com

Permainan seru untuk ngabubrurit bersama anak yang pertama adalah permainan papan. Ada banyak jenis yang bisa dimainkan seperti monopoli, ular tangga, sampai menyusun puzzle.

Selain seru dan bikin lupa waktu, permainan papan juga nggak membutuhkan banyak tenaga. Kamu bisa membuat kegiatan menjadi lebih seru dengan membuatan peraturan lucu seperti mengoleskan bedak kepada orang yang kalah, dan lain sebagainya.

2. Kuis Tebak-tebakan

Permainan Anak Seru (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Kedua, ada kuis tebak-tebakan. Permainan yang satu ini juga nggak membutuhkan banyak gerakan fisik sehingga bisa menghemat energi sembari menunggu waktu berbuka.

Contonya, orang tua dan anak-anak bisa bermain ABC lima dasar terkait nama-nama hewan, kota, negara, dan lain sebagainya. Nggak cuma asyik, kegiatan ini juga bisa menambah pengetahuan si kecil.

3. Petak Umpet

Rekomendasi Permainan Anak (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Kalau buah hati lebih suka bergerak atau melakukan permainan yang berhubungan dengan fisik, melakukan petak umpet bisa menjadi pilihan.

Lakukan kegiatan ini 30 atau 15 menit menjelang berbuka. Si kecil akan lupa kalau ia sedang menunggu waktu berbuka karena sibuk bersembunyi atau mencari tempat persembunyianmu.

Baca juga: Rekomendasi Kegiatan Seru untuk Ngabuburit Selama #DiRumahAja Bareng Keluarga

4. Berkemah di Kamar

Kegiatan Ngabuburit di Rumah (Foto: countryliving.com)
countryliving.com

Physical distancing yang telah berlangsung beberapa waktu kemungkinan besar membuat buah hati bosan dan ingin pergi ke luar rumah. Akan tetapi, penyebaran virus corona yang masih terus terjadi membuat hal tersebut agak sulit untuk dilakukan.

Maka dari itu, berkemah di kamar menjadi kegiatan menyenangkan yang cocok untuk membunuh watu saat menunggu waktu berbuka. Kamu bisa memanfaatkan apa saja, seperti selimut untuk membuat tenda mini. Nggak hanya disukai buah hati, kegiatan ini juga mengasah imajinasi lho!

5. Permainan Susun Balok

Ngabuburit Seru (Foto: williamshugachildcare.com)
williamshugachildcare.com

Selain permainan papan, permainan yang berkaitan dengan susun-menyusun balok juga menarik untuk dilakukan.

Selain asyik, hal ini secara nggak langsung juga bisa mengasah kemampuan motorik serta keseimbangan buah hati.

Well, itu dia beberapa permainan yang seru dimainkan saat ngabuburit bersama anak. Saking asyiknya, nggak terasa waktu berbuka sudah tiba!