5 Persiapan Pernikahan Ini Sering Diabaikan, Gak Melulu Tentang Pesta

29 August 2018, at 08:15
1
0
5 Persiapan Pernikahan Ini Sering Diabaikan, Gak Melulu Tentang Pesta

Pernikahan merupakan babak baru dalam kehidupan seseorang. Maka tak heran jika banyak pasangan yang mempersiapkan sebaik mungkin pernikahan mereka. Karena momen pernikahan akan dikenang seumur hidup. 

Meski mempersiapkan pesta pernikahan penting, namun ada hal lain yang tak kalah pentingnya yang menyangkut kehidupan setelah pernikahan. Berikut hal-hal yang sering diabaikan oleh calon pengantin!

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahi Pria Perokok

1. Tempat tinggal

pinterest.com

Pertimbangan pertama yang harus kamu bicarakan dengan pasangan ialah mengenai tempat tinggal. Apakah kamu akan memiliki rumah sendiri, menyewa rumah untuk sementara waktu atau tinggal bersama mertua? Setelah menikah, status pun berubah. Kini, kamu adalah seseorang yang bisa memutuskan hidupmu sendiri.

kabhome.com

Memilih tempat tinggal harus kamu diskusikan sebelum menikah agar kamu tak salah langkah nantinya. Jika pasanganmu harus mengkondisikan tinggal terlebih dahulu dengan mertua, kamu harus belajar untuk mengatur kehidupanmu kembali. Karena tinggal bersama keluarga baru tentu berbeda ketika kamu tinggal dengan keluargamu sendiri.

2. Finansial dan karir

thespectator.co.uk

Pastikan kalian memiliki tabungan yang cukup. Paling tidak selama beberapa bulan menikah. Karena biaya pernikahan kalian tentunya memakan banyak biaya, kebutuhan sehari-hari setelah menikah tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Bicarakan juga berapa nafkah yang akan diberikan oleh suamimu nantinya agar tak menimbulkan kesalahpahaman. 

Untuk urusan karir, ada kalanya pihak perempuan harus mengalah demi karir sang suami. Tak masalah kamu mengambil keuputusan besar ini, tapi pastikan kamu memiliki penghasilan lain jika kamu tak lagi menjalani karirmu saat ini. Untuk hal ini kamu memerlukan adaptasi karena penghasilanmu tentu tak akan sebebas sebelum kalian menikah.

3. Mental 

apracticalwedding.com
Tak kalah pentingnya, urusaan mental menjadi penentu apakah pernikahanmu berjalan lancar atau tidak. Pastikan mentalmu bisa menerima kehidupanmu yang saat ini telah berubah. Kamu tak lagi hidup seorang diri dan harus memenuhi kebutuhan keluarga. 
naturalhealthmagazine.co.uk
Apalagi jika kalian langsung dikaruniai buah hati, mental sebagai orang tua pasti akan kalian alami. Rasa kaget pasti ada. Namun selama kamu belajar menjadi orang tua yang baik, kamu pasti bisa mengatasi hal tersebut. 
 


4. Keluarga Pasangan 

scarrymommy.com
Setiap keluarga memiliki aturan yang berbeda dalam menjani kehidupan mereka. Begitu juga dengan keluargamu dan calon pasangan yang berbeda juga. Sebelum menikah mungkin hal-hal manis yang selalu kamu terima dalam keluarganya. Tapi setelah menikah?
huffingtonpost.com
Setelah menikah kamu dan orang tua pasangan akan sering berinteraksi. Tak dipungkiri jika akan banyak konflik yang bisa menimbulkan perdebatan. Disinilah kamu harus bisa menempatkan diri agar pihak kedua keluarga kalian tetap harmonis. 


5. Harta 

sipiapa.org
Meski termasuk hal yang sensitif, harta juga penting kalian bicarakan. Tak ada salahnya untuk mendiskusikan harta yang sudah kalian miliki masing-masing sebelumnya. Bukan bermaksud buruk, namun masa depan pernikahan kalian tidaklah bisa diprediksikan. Jika kelak pernikahan bermasalah dan berpisah, kedua belah pihak akan mendapat kepastian hukum. 
telegraph.co.uk

Sebelum menikah lakukan perjanjian yang membuat harta kalian lebih jelas. Setelah menikah harta memang milik bersama. Namun jangan lupa, kalian tetap harus memiliki investasi masing-masing agar tak selalu bergantung pada pasangan. 

Itu dia lima hal yang sering diabaikan pasangan yang akan menikah. Jangan hanya memikirkan pesta yang berlangsung beberapa jam, ada baikmya kamu sudah merencanakan hal yang sesungguhnya kamu alami setelah pesta pernikahan. 

Topics:

0 Comment