5 Pertanyaan Haram untuk Diungkapkan pada Sahabat yang Belum Juga Punya Anak

22 December 2018, pada 01:00
0
0
5 Pertanyaan Haram untuk Diungkapkan pada Sahabat yang Belum Juga Punya Anak

Sahabat adalah orang yang sangat dekat dan mengerti dirimu, selain keluarga dan pasangan. Terkadang mereka justru lebih dari semua itu, karena kamu biasanya lebih terbuka pada sahabat dibanding keluarga atau pasangan.

Meskipun sudah menikah, kamu dan sahabat masih berhubungan dan selalu bertukar kabar, kan? Pernikahan memang bukan alasan untuk memutus tali persahabatan. Tetapi ada hal-hal yang memang harus berubah.

Kamu tidak boleh lagi mencampuri urusannya karena dia sudah membagi hidupnya dengan orang lain, begitu pula sebaliknya.

Walaupun terkadang kamu penasaran, kamu harus menyimpan  sendiri rasa ingin tahu itu jika hal tersebut berkaitan dengan kehidupan pernikahannya.

Saat dia dan pasangan tak kunjung dikarunia anak, haram hukumnya buatmu untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Gak Pengen Punya Anak?

gak pengen punya anak?
pomarri.com

Kamu pasti penasaran kenapa sahabatmu tidak segera punya momongan. Entah mereka memang sengaja untuk menunda karena belum ingin punya anak atau karena Tuhan belum memberikan kesempatan kepada mereka.

pertanyaan gak pengen punya anak?
einfon.com

Meskipun kamu sangat ingin tahu, tetapi kamu tidak boleh mengungkapkan pertanyaan, “gak pengen punya anak?” ini ke sahabatmu.

Hal ini akan membuatnya terluka meskipun yang bertanya adalah sahabatnya sendiri.

2. Kok Belum Hamil?

kok belum hamil?
videoblocks.com

Sahabatmu yang sudah lama menikah belum punya anak, sedangkan kamu yang belum lama menikah sudah dikaruniai buah hati. Hmm, jangan pernah bertanya kepadanya mengapa dia belum hamil juga.

Meskipun kamu orang yang cerewet dan selalu ingin tahu, kali ini kamu harus mengontrolnya, ya!

pertanyaan kok belum hamil?
videoblocks.com

Ini adalah pertanyaan yang sangat pribadi dan tidak pantas untuk kamu sampaikan meskipun kamu sangat dekat dengannya. Dia bisa jadi merasa tersinggung sekaligus iri karena sahabatnya sendiri yang menanyakan hal tersebut.

Kamu juga tidak tahu apa yang terjadi diantara sahabatmu dan pasangannya yang menyebabkan sahabatmu belum hamil.

3. Sudah Periksa Ke Dokter?

sudah periksa ke dokter?
beritatagar.com

Mungkin kamu dan sahabat sangat dekat, sehingga ketika dia mengalami kesulitan kamu akan sigap dan memberikan perhatian kepadanya.

Tetapi terkadang ada ungkapan perhatian yang justru dapat menyinggung perasaan lho.

pertanyaan sudah periksa ke dokter?
pexels.com

Menanyakan kepada sahabat apakah dia dan suaminya sudah periksa ke dokter terkait dengan sahabatmu yang tak kunjung hamil akan membuatnya sakit hati sekaligus malu.

Jika memang mereka melakukan pemeriksaan, biarlah itu menjadi urusan pribadi mereka berdua dan kamu tidak perlu mengusiknya.

Baca Juga: Tanda-Tanda Temanmu 'Beracun', Jangan Sampai Kamu jadi Korbannya!

4. Siapa Yang Mandul?

siapa yang mandul?
videoblocks.com

Pertanyaan “siapa yang mandul” merupakan pertanyaan yang sangat kasar dan pribadi. Hal ini tidak perlu kamu tanyakan kepada sahabatmu yang belum punya anak.

Kebayakan orang mengganggap bahwa satu-satunya faktor sulit mendapatkan anak adalah kemandulan. Padahal terdapat banyak kasus dimana suami dan istri keduanya sehat dan subur tetapi juga sulit memiliki momongan.

pertanyaan siapa yang mandul?
videoblocks.com

Setiap orang punya waktunya sendiri-sendiri, kamu tidak perlu menerka-nerka dan bertanya siapa diantara sahabatmu atau suaminya yang tidak subur. Perkara mandul adalah urusan pribadi suami istri yang lebih baik tidak dipertanyakan.

Pertanyaan seperti itu juga bisa membuat sahabatmu dan suaminya bertengkar.

5. Mau Adopsi Anak?

mau adopsi anak?
relateinstitute.com

Bertanya kepada sahabat apakah dia mau mengadopsi anak ketika dia sedang sangat berusaha untuk memiliki momongan adalah sebuah kesalahan besar. Mungkin niatmu memang baik, tetapi dengan kondisi sahabat yang sedang tidak baik itu justru akan membuatnya tersinggung.

Kamu sebaiknya tidak perlu mempertanyakan hal tersebut. Selain itu merupakan masalah pribadi, sahabatmu juga perlu persetujuan suaminya jika ingin mengadopsi anak.

pertanyaan mau adopsi anak?
videoblocks.com

Proses adopsi anak juga tidak semudah yang kamu lihat di film atau sinetron. Ada banyak tahap yang harus dilalui oleh pasangan yang ingin melakukan hal tersebut.

Itu dia 5 pertanyaan yang haram hukumnya jika kamu lontarkan ke sahabat. Meskipun kalian sangat dekat, tetapi tetap saja ada pembatas diantara kehidupan persahabatan kalian dengan kehidupan pribadi pernikahannya yang tidak boleh kamu lompati.

Kamu kalau mendapat pertanyaan-pertanyaan seperti di atas juga akan merasa sakit hati dan terpuruk, kan? Jadi pikirkan lagi, untuk apa kamu mempertanyakannya. Apakah hanya untuk ingin tahu, kepo semata atau bagaimana. Lebih baik kamu simpan sendiri pertanyaan-pertanyaan itu.

Sebagai gantinya, kamu bisa terus menyemangati sahabat dengan terus ada untuknya, mendengarkannya jika dia butuh teman curhat atau memberikan saran kepadanya ketika dia meminta.

0 Komentar