Qupas Family

5 Rekomendasi Buku Parenting yang Wajib Dibaca Para Orang Tua Muda, Apa Saja Ya?

04 May 2020, at 05:02
5 Rekomendasi Buku Parenting yang Wajib Dibaca Para Orang Tua Muda, Apa Saja Ya?

Menjadi orang tua bukanlah pekerjaan yang mudah. Maka dari itu, ada banyak hal yang perlu dipelajari untuk menjadi versi terbaik “ayah” dan “ibu” bagi anak-anaknya.

Nah, berikut ini Qupas rekomendasikan beberapa buku parenting terbaik yang wajib kamu baca sebelum menjadi orang tua. Kira-kira apa saja ya?

1. Bringing Up Bébé (Pamela Druckerman)

Buku Parenting (Foto: penguin.co.uk)
penguin.co.uk

Rekomendasi buku parenting yang pertama adalah “Bringing Up Bébé”  karya Pamela Druckerman. Membaca ini dapat membuatmu belajar tentang gaya parenting orang Prancis yang cenderung santai namun bisa membuat anak-anaknya disiplin.

Meskipun buku ini terdiri dari 400 halaman, namun bahasa yang digunakan cukup ringan sehingga nyaman dibaca dan nggak membosankan.

2. How to Talk So Kids Will Listen & Listen So Kids Will Talk (Adele Faber, Elaine Mazlish)

Rekomendasi Buku Parenting (Foto: amazon.com)
amazon.com

Selanjutnya ada “How to Talk So Kids Will Listen & Listen So Kids Will Talk” yang ditulis oleh Adele Faber dan Elaine Mazlish. Buku ini merupakan panduan bagi orang tua agar bisa menjalin kedekatan dengan anak di usia balita.

Pembahasan di dalamnya cukup lengkap dan menarik terkait kebutuhan balita dan bagaimana cara yang tepat untuk memperlakukannya dalam segala aspek. Misalnya, menjadi pendengar yang baik bagi buah hati, bagaimana memberikan hukuman dan pujian yang efektif, dan lain sebagainya.

3. Smart Parenting for Smart Kids: Nurturing Your Child's True Potential (Mark S. Lowenthal, Eileen Kennedy-Moore)

Buku Parenting Terbaik (Foto: goodreads.com)
goodreads.com

Orang tua terkadang bingung bagaimana cara mengembangkan potensi yang dimiliki oleh buah hati. Nah, buku berjudul “Smart Parenting for Smart Kids: Nurturing Your Child's True Potential” ini dapat membantumu menangani hal tersebut.

Mark S. Lowenthal dan Eileen Kennedy-Moore mengupas dengan jelas bagaimana peran orang tua dalam mendukung, mengawasi, serta mengarahkan si kecil dalam hal pencarian jati diri.

Baca juga: Orang Tua Wajib Tahu Tentang 4 Pola Asuh dan Pengaruhnya pada Perkembangan Anak

4. How to Deal with Your Child (Hanlie Muliani, M. Psi, Psi)

Buku Parenting Bagus (Foto: gramedia.com)
gramedia.com

Hubungan antara orang tua dan anak terkadang bisa merenggang seiring dengan bertambahnya usia. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Buku “How to Deal with Your Child” membantu orang tua untuk tetap menjalin kedekatan dengan anak bahkan ketika usia mereka sudah remaja maupun dewasa.

5. How to be a Happier Parent (K.J,. Dell'Antonia)

Rekomendasi Parenting Book (Foto: amazon.com)
amazon.com

“How to be a Happier Parent” karya K.J. Dell'Antonia merupakan salah satu buku parenting yang wajib dibaca para orang tua muda. Pasalnya, di dalam buku tersebut telah dijabarkan beberapa poin penting terkait masalah yang sering dihadapi oleh orang tua.

Mulai dari persoalan seperti bangun pagi, kedisiplinan, masalah antar saudara, dan lain sebagainya. Masing-masing permasalahan telah dijelaskan secara rinci termasuk bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.

Well, itu dia Sobat Qupas beberapa buku parenting terbaik yang sebaiknya kamu baca sebelum punya anak.