5 Resep Scrub Wajah Alami untuk Menghilangkan Kulit Kusam, Gampang Bikinnya!

07 September 2019, at 13:00
0
0
5 Resep Scrub Wajah Alami untuk Menghilangkan Kulit Kusam, Gampang Bikinnya!

Scrub wajah yang bagus memang banyak tersedia di pasaran. Tapi kalau kamu mau lebih hemat, sebenarnya bisa lho membuat eksfoliator sendiri di rumah.

Dengan mengandalkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan nggak mahal untuk dibeli, scrub wajah bisa kamu buat dalam waktu singkat.

Mau tahu caranya? Yuk simak 5 diy scrub wajah alami yang gampang dibuat di rumah berikut ini!

1. Scrub wajah alami dari teh hijau

scrub wajah dengan green tea
foodrevolution.org

Green tea termasuk salah satu tanaman yang sering dipakai sebagai bahan skincare. Karena manfaatnya untuk wajah memang banyak, seperti mengobati jerawat juga mampu meremajakan kulit karena sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dimilikinya.

Kamu pun bisa meracik scrub wajah alami sendiri dengan green tea di rumah. Caranya, kombinasikan bubuk teh hijau bersama gula dan minyak kelapa.

Setelah itu oleskan ke wajah sambil iringi dengan pijatan ringan. Lakukan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas hingga bersih.

2. Scrub wajah alami dari kopi

scrub wajah alami
wallpapermaiden.com

Khasiat scrub wajah kopi yang bisa bikin wajah kinclong sudah dibuktikan oleh banyak orang. Kamu pun bisa langsung mencobanya di rumah.

Cara membuat face scrub alami memakai kopi adalah dengan mencampur 3 sendok makan bubuknya dengan 1 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok gula.

Kemudian usapkan secara perlahan ke wajah dengan gerakan memutar. Lakukan selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

Baca juga: 5 DIY Lip Scrub Alami yang Gampang Dibuat Meski dengan Budget Terbatas

3. Scrub wajah alami dari oats dan madu

oat
amyshealthybaking.com

Selain aman untuk diet, manfaat oat untuk kulit wajah juga banyak. Apalagi partikelnya yang kecil dan lembut sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati tanpa merusak wajah.

Kamu bisa meracik scrub wajah alami dengan mencampurkan oat, air hangat, dan madu. Lalu aplikasikan secara merata ke seluruh muka dan diiringi dengan pijatan lembut.

Lakukan ritual ini selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

4. Scrub wajah alami dari tomat dan gula

tomat dan gula
thedailymeal.com

Tinggi akan kandungan likopen, membuat tomat jadi pilihan tepat ketika mau membuat scrub wajah alami untuk kulit berminyak. Senyawa ini sendiri bisa menangkal radikal bebas, mengecilkan pori, hingga menghilangkan komedo.

Untuk mengeksfoliasi wajah dengan tomat, langsung saja potong buahnya jadi dua bagian lalu taburkan sedikit gula di atasnya. Setelah itu gosokkan perlahan ke wajahmu selama beberapa menit.

5. Scrub wajah alami dari kulit mangga

mangga
nbcnews.com

Siapa sangka, kulit buah mangga ternyata mengandung AHA (Alpha Hydroxyl Acids) alami yang mampu mengelupas sel kulit mati secara lembut. Pastinya bisa dipakai sebagai scrub wajah untuk kulit kusam.

Cara mengolahnya adalah dengan menghancurkan kulit buah mangga yang telah dibersihkan dengan blender. Tapi jangan sampai membentuk pasta.

Setelah itu, gosokkan pada wajah selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Selain di wajah, perawatan ini bisa kamu aplikasikan pada siku, serta lutut yang biasanya jadi tempat penumpukan sel kulit mati agar tampilannya jadi lebih cerah dan terasa lembut.

Baca juga: Selain Nikmat Rasanya, Buah Mangga Ternyata Bisa Bikin Kamu Makin Cantik

Nah, itulah 5 resep membuat scrub wajah alami untuk berbagai masalah kulit yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Gampang kan?

0 Comment