Qupas Weekend

5 Serial Kartun Islami yang Cocok Ditonton Saat Bulan Ramadhan, Bantu Anak-anak Belajar Agama!

24 April 2020, at 12:33
5 Serial Kartun Islami yang Cocok Ditonton Saat Bulan Ramadhan, Bantu Anak-anak Belajar Agama!

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan dan mengajarkan agama kepada anak-anak. Salah satunya adalah dengan film atau serial animasi yang menyenangkan.

Berhubung saat ini sudah memasuki bulan Ramadhan, berikut ini beberapa rekomendasi serial animasi islami yang cocok untuk menambah wawasan si kecil tentang agama Islam. Apa saja ya?

1. Nussa

Film Kartun Islami (Foto: visinema.co)
visinema.co

“Nussa” merupakan judul animasi karya anak bangsa yang tayang di Youtube. Web series tersebut sempat mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat karena kualitasnya yang cukup baik dan ceritanya yang menarik.

Animasi tersebut bercerita tentang anak laki-laki bernama Nussa dan adiknya Rara yang cerdas dan ceria.

Kabarnya,film layar lebar Nussa juga akan segera tayang pada tahun ini lho! Akan tetapi, belum ada pernyataan resmi kapan film animasi islami tersebut akan dirilis.

2. Upin & Ipin

​​​​​​​Serial Animasi Anak (Foto: imdb.com)
imdb.com

Siapa sih yang nggak tahu “Upin & Ipin”? Animasi asal Negeri Jiran tersebut memang menjadi salah satu animasi paling populer dan disukai, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Mengangkat kisah sehari-hari, si kembar Upin dan Ipin bersama teman-temannya kerapkali menyisipkan petuah atau memberikan edukasi kepada penonton. Nggak terkecuali, hal-hal yang berkaitan dengan agama.

3. Adit Sopo Jarwo

​​​​​​​Serial Animasi Islami (Foto: mdentertainment.co)
mdentertainment.co

“Adit Sopo Jarwo” juga merupakan serial animasi karya Indonesia yang nggak boleh kamu lewatkan. Ceritanya pun asyik dan ringan untuk diikuti.

Serial animasi yang tayang perdana pada tahun 2014 lalu ini mengikuti kehidupan Adit, seorang murid sekolah dasar yang seringkali berurusan dengan Sopo dan Jarwo, dua preman kampung yang lucu dan kocak.

Baca juga: 6 Film Religi Khas Ramadhan yang Bisa Bikin Penonton Baper, Ada Favoritmu?

4. Omar & Hana

Kartun untuk Anak (Foto: twitter.com/langitrtv)
twitter.com/langitrtv

Sama seperti “Upin & Ipin”, “Omar & Hana” merupakan animasi garapan Malaysia. Kisahnya sendiri berfokus pada Omar yang berusia 6 tahun dan adiknya yang berusia 4 tahun.

Keduanya gemar bernyanyi saat melakukan aktivitas sehari-hari. Mereka juga sering menyisipkan informasi tentang agama dan hal-hal baik di lagu-lagi islami yang mereka nyanyikan.

5. Syamil & Dodo

​​​​​​​Film Animasi Bagus (Foto: twitter.com/langitrtv)
twitter.com/langitrtv

“Syamil & Dodo” merupakan serial animasi anak yang tayang di bulan Ramadhan tahun 2013 lalu. Meskipun sudah lama, kartun ini masih sangat cocok untuk ditonton tahun ini kok!

Tokoh Dodo yang lucu dan suka jahil serta Syamil yang pintar dan sabar saling melengkapi dan membuat penonton terhibur. Mereka juga menunjukkan sopan santun yang patut dicontoh oleh anak-anak.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa animasi islami yang bisa membantu si kecil untuk belajar agama saat bulan Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa!