Qupas Weekend

5 Serial Televisi Amerika Bergenre Sitcom Favorit, Cocok untuk Mengisi Weekend!

14 September 2018, at 07:05
5 Serial Televisi Amerika Bergenre Sitcom Favorit, Cocok untuk Mengisi Weekend!

Film dengan genre komedi, menjadi tontonan yang menyenangkan di akhir pekan. Rumitnya aktivitas mingguan di tempat kerja, pasti bikin kamu pengen nonton yang ringan-ringan saja saat weekend. Nah, nggak cuma film aja, Amerika ternyata juga punya sejumlah serial televisi bergenre situation comedy (sitcom) sepanjang masa yang ceritanya lucu dan menarik untuk diikuti.

Jika kemarin ada rekomendasi untuk film horor, kali ini serial komedi yang relevan ditonton kapanpun. Meski sebagian sudah tamat sejak lama tapi tetap lucu dan tidak tergerus waktu. Hati-hati ketagihan ya, karena semunya punya cerita yang seru:

Baca Juga: 5 Drama Korea Romantis Tema Pernikahan yang Bakal Bikin Kamu Ngakak

1. Friends

independent.co.uk

Tayang pertama kali di televisi pada tahun 1994, Friends bercerita tentang lima orang sahabat (Rachel Greene, Ross Geller, Monica Geller, Chandler Bing, Joey Tribbiani, Phoebe Buffay) di usia 25 tahun-an yang tinggal secara mandiri di Manhattan, New York City. Memasuki usia-usia bingung mencari jati diri, setiap episodenya diisi dengan kisah para karakter yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, berkali-kali gagal dalam menjalani hubungan, hingga kesulitan finansial. Namun, dengan berbagai masalah tersebut, mereka tetap bisa bertahan tinggal di salah satu kota termahal di dunia tersebut dengan saling mendukung satu sama lain.

vox.com

Dibintangi Jennifer Aniston sebagai pemeran utama, serial ini sangat recommended untuk ditonton. Skenarionya yang related dengan kehidupan kita sehari-hari dan diisi dengan jokes yang segar, membuat Friends bertahan hingga sepuluh musim dan menjadi sitcom terbaik sepanjang masa. Selain dihibur dengan cerita yang lucu, kamu juga akan banyak mendapatkan pelajaran hidup dari sini. Dijamin bikin pengen maraton nontonnya, deh!

2. How I Met Your Mother

amazon.com

Sama seperti Friends, How I Met Your Mother atau disingkat HIMYM juga berisi tentang satu grup sahabat yang tinggal di New York. Bedanya, inti dari serial ini adalah cerita si karakter utama, Ted Mosby yang menarasikan petualangan hidupnya semasa muda dalam bertemu ibu dari anak-anaknya. Sebelum bertemu wanita yang akan dinikahinya, Ted harus melalui serangkaian hubungan dengan sejumlah wanita dengan berbagai karakter. Nggak jarang, Ted harus mengalami kegagalan yang menyakitkan, patah hati, sampai pernah ditinggalkan sesaat sebelum melangsungkan pernikahan.

time.com
Di beberapa episode menampilkan tanda-tanda bahwa "the mother" sebenarnya berada di sekeliling Ted namun selalu terhalangi untuk bisa dipertemukan di waktu yang tepat. Alur ceritanya yang tidak mudah ditebak dan perkembangan karakter dari musim ke musim yang mengejutkan, membuat penonton akan selalu penasaran untuk menonton episode selanjutnya. Dari film ini kita juga bisa belajar, kalau jalan hidup terkadang tidak sesuai dengan yang kita pikirkan. 
amazon.com
Sesuai namanya, serial ini memang menghadirkan cerita tiga keluarga yang berbeda namun berhubungan satu sama lain. Keluarga pertama merupakan pasangan suami istri Jay Pritchett yang menikah lagi dengan wanita Kolombia bernama Gloria. Keluarga kedua dan ketiga merupakan anak-anak Jay dari pernikahannya terdahulu, yakni Claire dengan suaminya, Phill dan Mitchell yang menikah dengan Cam Tucker.
amazon.com
Dari judulnya juga, Modern Family memang mengangkat konsep keluarga modern di Amerika. Misalnya Claire yang menjadi pebisnis wanita yang sukses serta Mitchell dan Cam yang merupakan pasangan gay. Meski demikian, nilai-nilai kekeluargaan sangat terasa kental di sini. Seperti bagaimana mendukung anggota keluarga satu sama lain, mengajarkan sikap-sikap positif pada anak, dan saling menghargai antar saudara dan pasangan.
Pertama kali dirilis pada 2009, Modern Family masih tayang di channel ABC Television hingga saat ini. Dengan skenario yang apik dan candaan yang selalu fresh, serial ini berkali-kali mendapatkan penghargaan, seperti Emmy Award dan Golden Globe.

4. Sex and the City

wikia.com
Beberapa dari kamu pasti sudah pernah menonton film yang diperankan oleh Sarah Jessica Parker ini. Namun, sebelum difilmkan, Sex and The City merupakan serial televisi yang on air selama 6 tahun mulai tahun 1998 hingga 2004. Dengan pemeran-pemeran yang sama, serial ini menceritakan tentang empat wanita yang bersahabat meskipun dengan profesi, karakter, dan idealisme yang berbeda. Serial ini banyak mengangkat tentang isu-isu sosial wanita modern seperti feminisme dan promiskuitas.
marieclaire.co.uk
Meskipun banyak bagian dari film ini yang tidak familiar dengan budaya kita, namun banyak nilai-nilai persahabatan dan relationship advice yang bisa kamu ambil. Lalu buat kamu yang tertarik untuk mengetahui kehidupan sosial wanita di Amerika sana, serial ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Kamu juga akan belajar bagaimana menghargai idealisme dan pendapat yang berbeda dalam hubungan pertemanan. Dari musim-musim awal serial ini, jadi tahu juga bagaimana kehidupan ke barat pada era 90an.

5. That 70's Show

Kalau empat daftar di atas berisi tentang kisah orang dewasa, berbeda dengan That 70's bercerita tentang kehidupan para remaja di tahun 70-an yang tinggal di sebuah kota kecil di Amerika. Seperti kehidupan remaja di jaman sekarang, di serial yang dibintangi Mila Kunis dan Ashton Kutcher ini, kamu juga akan menemukan kisah cinta dan hubungan pertemanan antar para karakter. Bedanya, karena setting-nya diambil di sebuah residensial atau perumahan yang saling bertetangga, maka ikut campur orang tua dan para kerabat sering hadir di kehidupan mereka.
stanfordflipside.com
Memasuki puluhan episode, karakter remajanya pun berkembang menjadi lebih dewasa dan mandiri memikirkan kehidupan mereka. Ceritanya yang ringan dan nggak perlu banyak mikir, bakal membuat kamu setia menonton setiap episodenya. Film ini juga cocok buat kamu yang penasaran bagaimana budaya dan pemahaman remaja di tahun 70-an. Penasaran banget, kan?
Itu dia daftar 5 serial televisi Amerika yang bergenre sitcom. Daripada berat-berat mikir pas nonton serial yang bertema sci-fi atau detektif, serial ini cocok untuk berakhir pekan yang lebih santai. Beberapa serial ini juga sudah tersedia di Netflix dan aplikasi televisi streaming lainnya, lho. Jadi, jangan lupa nonton ya!