5 Spot Terbaik untuk Menyaksikan Danau Toba dari Ketinggian, Cantiknya Bukan Main!

03 October 2019, at 12:00
0
0
5 Spot Terbaik untuk Menyaksikan Danau Toba dari Ketinggian, Cantiknya Bukan Main!

Danau Toba. Siapa yang nggak mengenalnya. Kisah seputar danau vulkanik terbesar di dunia ini bahkan mungkin sudah kamu ketahui dari dulu, yaitu tentang pemuda bernama Toba yang menikahi putri jelmaan ikan mas hingga keduanya memiliki putra bernama Samosir.

Bukan cuma tentang kisahnya yang melegenda. Keindahan Dana Toba juga sukses membuat wisatawan terpesona. Termasuk saat dilihat dari ketinggian.

Menariknya lagi, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan alam di sekitar Danau Toba ini bukan cuma dari satu tempat saja. Ada beberapa destinasi yang bisa jadi spot untuk melihat Danau Toba. Dimana saja itu?

1. Bukit Holbung

bukit holbung
instagram.com/satryaazmi

Salah satu spot yang pantang kamu lewatkan untuk melihat keindahan Pulau Samosir adalah Bukit Holbung. Dijuluki Bukit Teletubbis, destinasi wisata di Sumatra Utara ini menawarkan panorama padang sabana yang luas.

Potret alam megah berupa hamparan bukit yang dipadukan dengan panorama Danau Toba dari ketinggian sunggu memanjakan mata. Seperti Bukit Padar di Labuan Bajo, kamu bisa memanfaatkannya untuk berpose.

Untuk bisa ke wisata ini, dari tuktuk Siadong perjalanan membutuhkan waktu sekira 1 jam 30 menit melewati Pangururan, Ibu kota Samosir dan Jembatan Tano Pongol. Agar bisa sampai ke puncak, kurang lebih selama 10 sampai 20 menit kamu perlu melalui anak tangga dan jalan setapak.

Lokasi Bukit Holbung : Desa Hariarapohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir

Tiket masuk Bukit Holbung : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Menara Pandang Tele

menara pandang tele
instagram.com/fuzhi_04

Menara Pandang Tele adalah satu spot terbaik untuk melihat Danau Toba dari ketinggian. Bahkan dari bangunan yang sudah ada sejak tahun 1988 ini, kamu bisa menyaksikan Bukit Holbung dan Air Terjun Efrata, lho.

Nggak jauh dari menara ini, ada bangunan modern dua lantai. Gedung berstandar internasional dan ramah lingkungan ini dibangun Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Rumah Rakyat (PUPR). Tepat di lantai duanya, ada area berupa rumah kaca yang berfungsi sebagai restoran.

Untuk bisa sampai di Menara Pandang Tele dari Pangururan, Ibu Kota Samosir, jaraknya sekira 45 menit. Aksesnya cukup rumit dan kamu perlu melewati jalanan menanjak dan berkelok.

Lokasi Menara Pandang Tele : Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir

Tiket masuk Menara Pandang Tele : Rp7 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Panatapan Bakkara

prapatan bakkara
instagram.com/dapurtraveling

Spot untuk melihat Danau Toba dari ketinggian lainnya yang pantang kamu lewatkan adalah Panatapan Bakkara. Bukan cuma keindahan alam, di sekitar wisata Sumatra Utara ini juga ada situs yang dulu merupakan Istana Raja Sisingamangaraja. Untuk bisa masuk ke kompleks istana ini, biayanya gratis, tapi boleh juga untuk memberi dana kebersihan.

Nah, dari Istana Raja Sisingamangaraja, kamu bisa langsung ke Panatapan Bakkara. Perjalanannya sekira 10 menit ke arah Dolok Sanggul, Ibu Kota Humbang Hasundutan.

Dari lokasi ini, kamu bakal melihat Lembah Bakkara yang diapit dua perbukitan dan hamparan persawahan hijau. Apalagi ditambah dengan pemandangan Danau Toba.

Lokasi Penatapan Bakkara : Siunong Unong Julu, Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara

Tiket masuk Penatapan Bakkara : Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Sehari Jadi 'Raja' di Aek Manik Simalungun, Wisata Sumut yang Tawarkan Kesegaran Hakiki

4. Geosite Sipinsur

geosite sipinsur
instagram.com/lestarin__

Tempat wisata di Sumatra Utara ini juga menarik untuk dikunjungi. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyambangi Geosite Sipinsur ini.

Di sini, pohon pinus mendominasi sebagian besar wisata unggulan Humbang Hasundutan ini. Ada gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Nantinya juga bakal ada gedung galeri yang menurut info digunakan untuk pameran foto serta karya seni.

Lokasi Geosite Sipinsur : Parulohan, Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara

Tiket masuk Geosite Sipinsur : Parkir kendaraan mulai Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Geosite Huta Ginjang

geosite huta ginjang
instagram.com/nahatatour

Selain melihat keindahan Danau Toba, di destinasi ini kamu juga bisa melihat tempat-tempat wisata di sekitar danau vulkanik ini melalui teropong, lho. Contohnya seperti beberapa wisata berikut.

  • Tugu Aritonang
  • Bunturaja Muara (kampung penghasil mangga udang)
  • Geosite Sipinsur
  • Pusuk Buhit
  • Batu Guru
  • Air Terjun Situmurun
  • Pasir Putih Parparean
  • Balige

Nantinya, akan ada pemandu yang bakal mendampingimu untuk melihat beberapa wisata tersebut melalui teropong. Dan kabar baiknya lagi, tarif untuk melakukan kegiatan ini cuma Rp3 ribuan.

Lokasi Geosite Huta Ginjang : Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara

Tiket masuk Geosite Guta Ginjang : Rp3 ribu untuk menggunakan teropong (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah, itu dia deretan spot terbaik untuk melihat Danau Toba dari ketinggian. Dari kelimanya, mana nih yang paling ingin kamu kunjungi?

0 Comment