5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar

26 September 2018, pada 09:37
0
0
5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar

Taiwan kerap menjadi tujuan wisata bagi para traveler. Nah, visa Taiwan adalah salah satu hal yang wajib kamu miliki sebelum liburan ke negara di Asia Timur ini. Tanpa akses ini, liburanmu dipastikan akan gagal total. Pasalnya, visa merupakan tanda bukti seseorang 'boleh berkunjung' ke negara lain.

Bagaimana sih cara membuat visa Taiwan? Apakah rumit atau mudah? Jangan khawatir, ternyata membuat akses ke Taiwan ini nggak bisa juga dikatakan sulit. Apalagi buat kamu yang sudah memiliki visa Amerika Serikat, Kanada, Inggris (UK), Australia, Selandia Baru, Jepang atau Schengen, dan tentunya masih berlaku.

Sementara untuk kamu yang belum pernah memiliki visa, membuat akses masuk ke Taiwan juga ngga terlalu rumit. Mau tahu apa saja persyaratan hingga tahapan untuk membuatnya? Yuk, simak ulasan Qupas berikut ini!

Baca juga: Tianducheng, Kota 'Replika' Paris dengan Sudut Kota Hingga Menara Eiffel Sama Persis

1. Persiapan Dokumen

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
couchwasabi.wordpress.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan dokumen. Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan (untuk single entry) dan 12 bulan (untuk multiple entry) serta fotokopi halaman depannya yang memuat identitas perlu kamu siapkan. Dokumen juga mencakup fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir dan kartu keluarga, dua lembar pas foto 6 bulan terakhir ukuran 4 x 4 dengan background putih, surat keterangan kerja dari kantor atau sekolah atau kampus (khusus pelajar atau mahasiswa).

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
couchwasabi.wordpress.com

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan biaya visa single sejumlah 650 ribu rupiah (single entry) atau 1 juta 300 ribu rupiah (multiple entry). Selanjutnya, gabungkan semua persyaratan tersebut dalam satu map atau amplop. Tujuannya tentu untuk memudahkan saat pengecekan. 

2. Pengisian Formulir Online

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
thepoortraveler.net

Setelah dokumen lengkap, kamu bisa mengunjungi situs ini untuk mengajukan visa Taiwan. Dalam situs ini, terdapat halaman tentang jenis visa yang akan kamu ajukan. Kalau hanya ingin liburan, pilihlah General Visa Application. Di aplikasi ini, kamu pun harus mengisi formulir sepanjang 4 halaman mengenai biodata hingga informasi lainnya

Pertanyaan paling mendasar tentunya adalah tentang alasan dan lokasimu mengajukan visa. Pilih Taipei Economic and Trade Office in Indonesia sebagai informasi tentang lokasi pengajuan visa. Nah, untuk kamu yang berencana liburan hanya satu kali ke Taiwan dan jangka waktunya kurang dari 30 hari, pilih saja Single Entry. Tapi, kalau ingin berkunjung beberapa kali, Multiple Entry yang perlu kamu pilih.

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
skyscanner.com.ph

Pertanyaan mengenai infomasi pribadimu yang mencakup nama lengkap hingga nama ayah dan ibu pun wajib kamu isi. Ada pula daftar mengenai data di paspor, rencana datang sampai pulang ke Tanah Air, kontak yang bisa dihubungi saat di Taiwan, pertanyaan kejujuran dan lainnya perlu kamu jawab. Selanjutnya, kamu bisa mengakhiri proses ini dan mencetak serta mengunduh formulir. Tentu saja, kamu juga bisa menggabungkannya dengan dokumen lainnya.

3. Mendatangi Taipei Economic and Trade Office (TETO)

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
overseas.ocac.gov.tw

Seperti diketahui, Taiwan tidak memiliki kedutaan di Indonesia. Karenanya, pengajuan visa Taiwan diwakilkan ke Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO). Lokasinya berada di Gedung Artha Lantai 12, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
facebook.com/MajalahHoliday

Pelayanannya sendiri pun hanya dilakukan setiap hari Senin sampai Jumat saja, tepatnya mulai pukul 08.30 hingga 11.30 WIB. Kamu bisa langung mendatangi loket umum untuk menyerahkan seluruh berkas yang telah dipersiapkan sebelumnya. Selanjutnya, petugas akan mengarahkanmu ke loket pembayaran. Nah, ini artinya liburan ke luar negeri semakin dekat.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bangkok dengan Bangunan Megah, Siapkan Outfit Terbaikmu!

4. Pembayaran Visa

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
blog.bcbsnc.com

Di loket pembayaran, kamu perlu menyediakan budget sebesar 650 ribu rupiah untuk Single Entry. Sedangkan untuk Multiple Entry, dana yang perlu disiapkan adalah senilai 1 juta 300 ribu rupiah. Nah, setelah menyelesaikan pembayaran, kamu harus kembali ke loket untuk menyerahkan tanda buktinya.

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
entrackr.com

Di sini, petugas di loket umum akan mengembalikan tanda bukti pembayaran sekaligus nomor. Fungsinya sebagai tanda terima permohonan sekaligus pengambilan visa. Umumnya, pengajuan visa Taiwan ini akan selesai dikerjakan dalam tiga hari kerja.

5. Pengambilan Visa Taiwan

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
blog.dwidayatour.co.id

Setelah melalui beberapa langkah yang nggak terlalu rumit, kamu akan bernafas lega saat sudah memasuki tahapan ini. Sebab, ini artinya visa akan segera berada di tanganmu. Jadi, apa saja yang perlu kamu lakukan di tahap ini?

5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar
cina.panduanwisata.id

Kamu hanya perlu mengunjungi TETO lagi, tepat di hari yang sudah ditentukan (sesuai data yang tertera di tanda terima). Jangan lupa juga untuk membawa tanda terima dan nomor yang sebelumnya sudah diberikan petugas loket agar visa Taiwan bisa diambil. Kalau sudah, tentu kamu hanya perlu menyiapkan diri untuk segera meluncur ke Taiwan sesuai tujuanmu. 

Itulah 5 langkah yang perlu kamu perhatikan untuk membuat visa Taiwan. Nggak begitu sulit, kan? Apalagi, dengan adanya visa, liburan ke negara di Asia Timur ini akan lebih aman dan tentu membuatmu lebih tenang karena sudah punya izin tertulis. Setuju?

0 Komentar