5 Tahapan Emosi Setelah Patah Hati, Pernah Mengalami?

19 April 2019, at 01:00
0
0
5 Tahapan Emosi Setelah Patah Hati, Pernah Mengalami?

Setiap orang yang pernah menjalin hubungan dengan seseorang kemungkinan besar juga pernah mengalami rasanya patah hari.

Hubungan yang berakhir selalu menyisakan bekas bagi masing-masing orang dan biasanya berbeda-beda. Ada yang tersiksa, nggak sedikit juga yang justru bahagia karena merasa terbebas dari pasangan yang mengekang.

Bagaiamanapun, emosi yang kamu rasakan saat patah hati atau putus cinta adalah hal yang normal. Semua orang pasti pernah dan akan mengalaminya.

Baca Juga: Banyak Perempuan Potong Rambut Saat Putus Cinta, Ini Alasannya

Berikut ini tahapan emosi setelah putus cinta dan patah hati yang mungkin pernah kamu alami.  

1. Sedih dan Hancur

sedih
pexels.com/@pixabay

Sedih, hancur, dan shock merupakan tahapan awal yang pasti akan dialami setelah seseorang mengalami putus cinta.

Perubahan status dari “pasangan” menjadi “orang lain” tentu saja membuat perasaan bercampur aduk dan kehidupan terasa kacau.

hancur
pexels.com/@mihaistefann

Apalagi jika hubungan tersebut sudah terjalin lama dan kalian sudah sangat dekat sehingga rasanya begitu aneh saat nggak bersama.

Pada tahap emosi ini, segala kenangan manis dan janji-janji yang pernah terucap muncul dalam ingatan. Apalagi jika perpisahan tersebut didasari oleh permasalahan yang cukup menyakitkan.

2. Nggak Percaya

penolakan
pexels.com/@octavio-j-garcia-n-703604

Setelah hati hancur dan bersedih selama beberapa hari, orang yang patah hati akan mulai menyangkal kenyataan.

Kamu akan mulai nggak percaya dengan kenyataan bahwa hubunganmu dan pasangan telah kandas dan mulai membuat harapan-harapan baru.

nggak percaya
pexels.com/@fotios-photos

Entah bagaimana, kamu masih ingin pasangan datang dan memintamu untuk kembali ke pelukannya dan semua kesedihanmu berakhir.

Kamu masih belum bisa menerima kalau hubunganmu dengannya sudah benar-benar berakhir.

3. Meragukan Diri Sendiri

penyangkalan
pexels.com/@rebcenter-moscow-179322

Selanjutnya, setelah menyangkal semua kenyataan yang ada. Kamu akan mulai meragukan diri sendiri dan menjadi nggak percaya diri.

Pertanyaan-pertanyaan seperti “pantas nggak sih aku dicintai?” atau “masih ada nggak ya yang mau sama aku?” pasti terngiang-ngiang di otakmu.

meragukan diri sendiri
pexels.com/@jorge-fakhouri-filho-861811

Pada tahap ini, kamu akan menjadi pesimis dan merasa nggak bisa bersikap “baik” dalam hubunganmu yang sebelumnya sehingga membuatnya menjadi berantakan.

Hal ini normal terjadi pada seseorang yang baru putus cinta, tapi lama-kelamaan kamu akan sadar dan terpacu untuk menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Awas Baper! 8 Lagi Ini Wakili Perasaanmu yang Sedang Patah Hati

4. Marah

marah
pexels.com/@mastercowley

Setelah menyiksa diri sendiri dengan rasa bersalah dan ketidakpantasan yang dirasakan, orang yang baru patah hati perlahan-lahan akan mulai memasuki tahap kemarahan.

Hal ini terjadi ketika kamu sudah lelah galau dan menangisi kenangan manis, maupun segala hal yang terlihat sangat sempurna.

merasa marah
pexels.com/@pixabay

Maka, kamu akan mulai tersadar dan berpikir lebih rasional tentang hubungan yang pernah kamu jalani bersama dengan mantan pacar tersebut.

Mungkin kamu akan menyadari banyak hal tentang ketidakadilan yang selama ini pasangan lakukan yang akhirnya membuatmu marah.

5. Menerima

menerima
pexels.com/@wendywei

Saat kesedihan, penolakan, rasa bersalah, dan kemarahan sudah dilalui, sampailah kamu pada tahap terakhir yaitu penerimaan.

Kamu akan melihat dari sudut pandang yang lebih positif tentang berakhirnya hubunganmu bersama mantan pacar, tentang apa yang bisa kamu raih setelahnya.

penerimaan
pexels.com/@edwardutra

Bahwa hubungan yang pernah terjalin tersebut merupakan sebuah pelajaran yang berharga bagimu untuk belajar menjadi lebih baik.

Sakit hati, penyesalan, dan lain sebagainya adalah awal baru kebahagiaan yang akan kamu dapatkan setelah berhasil menerima kegagalan tersebut.

Baca Juga: Motivasi Ini Bisa Bikin Kamu Semangat Setelah Patah Hati!

Itu dia Sobat Qupas tahapan emosi yang biasanya akan dirasakan oleh yang patah hati. Kamu juga pernah merasakannya, kan?

Semoga lekas disembuhkan dan mendapatkan kebahagiaan baru, ya! Ingat, perasaan tersebut ada dalam dirimu dan nggak dikendalikan oleh orang lain.

0 Comment