5 Taman Labirin di Indonesia yang Bikin Petualanganmu Susah Dilupakan

11 July 2019, at 10:00
0
0
5 Taman Labirin di Indonesia yang Bikin Petualanganmu Susah Dilupakan

Taman labirin belakangan ini tampaknya jadi salah satu destinasi andalan para traveler. Spot ini biasanya punya sistem jalur yang rumit, berliku-liku, serta banyak jalan buntunya. Sejatinya, labirin dulu digunakan untuk mengurung minotaur, yaitu makhluk mitos Yunani.

Beda dengan sekarang, labirin justru banyak diburu wisatawan. Selain seru untuk bermain-main, spot ini juga instagenik. Jadi cocok buat foto-foto.

Baca juga: 5 Wisata di Indonesia Ini Mirip Banget Sama Tempat Lain di Luar Negeri

Nah, di Indonesia sendiri ada beberapa taman labirin yang asyik buat bertualang maupun hunting foto. Dimana saja ya lokasinya?

1. Taman Labirin Pelaihari

taman labirin pelaihari
instagram.com/iwanamaco

Taman ini ada di kawasan Agrowisata PKK Tambang Ulang, Kalimantan Selatan. Rutenya juga nggak kalah rumit dan banyak jebakan yang susah ditebak. Kerennya lagi, kamu bakal menemukan rusa tutul dan danau buatan yang cantik di ujung jalan keluar.

Selain labirin, beragam wahana seperti kolam, petertanakan, kandang rusa, lapangan, kantin juga tersedia. Buat yang pengen liburan hemat, boleh nih datang ke sini!

Lokasi Taman Labirin Pelaihari :  Sungai Jelai, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Jam operasional : Setiap hari pukul 08.00-05.00 WIB

Tiket masuk : Rp2.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Taman Labirin Coban Rondo

taman labirin coban rondo
instagram.com/tiara.lestari

Taman labirin ini ada di salah satu wisata Malang yang banyak diincar wisatawan, yaitu Coban Rondo. Tinggi dinding labirin di sini sampai 2 meter. Jadi bakal susah ngintip deh.

Sebelum coba labirin, ada baiknya kalau kamu pergi dulu ke menara untuk melihat rutenya. Tujuannya tentu untuk mencari jalan keluar.

Lokasi Taman Labirin Coban Rondo : Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur

Jam operasional : Setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk : Rp30.000,00 sudah termasuk masuk taman labirin, coban, dan wahana panahan (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Taman Bunga Nusantara

taman bunga nusantara
instagram.com/fifialvianto

Taman Labirin di Indonesia ini juga punya banyak rute membingungkan. Tapi nggak perlu khawatir tersesat. Soalnya ada tower penunjuk jalan untuk menetukan jalan pulangmu.

Spot ini sendiri ada di Taman Bunga Nusantara yang merupakan salah satu wisata favorit di Cianjur. Bukan cuma labirin, ada banyak taman-taman keren lain di sini. Cocok banget buat foto-foto.

Lokasi Taman Bunga Nusantara : Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat

Jam operasional : 08.00-17.00 WIB (Senin-Jumat); 08.00-17.30 WIB (Sabtu-Minggu)

Tiket masuk : Rp50.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Selain Labirin, Ini Dia Spot di Taman Bunga Nusantara yang Nggak Kalah Asyik!

4. Kebun Raya Indrokilo

kebun raya indrokilo
instagram.com/jockysanjaya

Baru diresmikan pada 3 Mei 2019 lalu, Kebun Raya Indrokilo ini juga punya taman labirin yang mengusung konsep unik, yaitu gunungan wayang yang melambangkan persatuan Indonesia. Mungkin kamu masih belum bisa menemukan rute yang rumit soalnya tanaman di taman ini belum terlalu tinggi.

Sambil menunggu taman labirin di Kebun Raya Indrokilo Boyolali siap, kamu bisa hunting foto di beberapa spot seru lain, seperti Taman Tumbuhan Paku-pakuan, Rumah Anggrek, maupun Gerbang Pasingsingan.

Satu lagi yang unik dari tempat wisata ini, yaitu ada air keran yang bisa diminum secara gratis. Dijamin sehat, soalnya air yang berasal dari hujan ini sudah diolah. Coba juga ya saat ada di destinasi tersebut!

Lokasi Kebun Raya Indrokilo : Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah

Jam operasional : Setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB

Tiket masuk : Bayar parkir Rp3.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Taman Labirin Balai Kota Bandung

taman labirin balai kota bandung
instagram.com/ashelolaa

Tempat yang dulu dikenal dengan nama Taman Merpati ini terletak di Taman Balai Kota Bandung. Beda dari yang lain, spot ini lebih bersahabat alias nggak terlalu rumit. Tapi semakin memasuki labirin ini, dinding pembatas di samping kiri dan kananmu bakal semakin tinggi.

Salah satu wisata murah di bandung ini pun punya 4 jalan keluar. Hayo, kira-kira berapa menit kamu bakal menemukan pintu 'kebebasan'?

Lokasi Taman Labirin Balai Kota Bandung : Jalan Wastukancana No.2, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional : 24 jam

Tiket masuk : Bayar parkir sekitar Rp3.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah, itulah kelima taman labirin di Indonesia yang bikin liburanmu penuh petualangan menakjubkan. Salah satunya ada di tempat tinggalmu nggak, Sobat?

0 Comment