5 Tanda ini Tunjukkan Pekerjaanmu Mengganggu Kesehatan

18 December 2018, at 09:00
2
0
5 Tanda ini Tunjukkan Pekerjaanmu Mengganggu Kesehatan

Jam kerja paling umum di Indonesia adalah delapan jam, tidak terhitung lembur dan jarak tempuh tempat tinggal ke kantor. Sehingga kebanyakan pekerja menghabiskan sepertiga waktunya dalam sehari untuk bekerja.

Oleh sebab itu, pekerjaan memiliki peranan penting dalam menentukan bagaimana kondisi kesehatanmu. Kamu harus tahu jika pekerjaanmu tidak baik untuk kesehatan dengan memperhatikan tanda-tanda berikut ini.

1. Jam Kerja Over

jam kerja over
caramedika.com

Menurut UU No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, setiap perusahaan hanya dibolehkan mengatur jam kerja selama 8 jam per hari untuk 5 hari kerja dan 7 jam sehari untuk yang bekerja selama 6 hari seminggu.

Sebuah penelitian di Australian Nation University menyatakan bahwa bekerja lebih dari 39 jam per minggu memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

kerja overtime
pocketlawyer.com

Menghabiskan waktu terlalu banyak untuk bekerja akan menghambat anda melakukan hal-hal positif seperti olahraga dan lain sebagainya.

Penelitian lain menunjukkan bahwa bekerja selama 55 ham per minggu akan beirisiko mengalami irama jantung tidak teratur. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan stroke sebesar lima kali lipat.

2. Lingkungan Kerja yang Tidak Sehat

lingkungan kerja tidak sehat
shutterstock.com

Lingkungan kerja terdiri dari lingkungan fisik dan sosial. Keduanya memiliki pengaruh pada kesehatanmu.

Lingkungan fisik seperti kantor yang tidak bersih, sirkulasi udara yang buruk, tidak mendapatkan cahaya yang cukup dan lain sebagainya akan membuatmu rentan terhadap virus dan penyakit.

lingkungan kantor tidak sehat
thinkstocks.com

Di sisi lain, lingkungan sosial kerja juga dapat mempengaruhi kesehatanmu, terutama tingkat stresmu. Kamu akan menjadi lebih stres ketika teman-teman kantormu membawa pengaruh buruk atau memperlakukanmu dengan tidak baik.

Persaingan yang tidak sehat di kantor juga merupakan salah satu penyebab masalah kesehatanmu.

3. Pekerjaan Tidak Memberikan Kepuasan

pekerjaan tidak memberi kepuasan
yourstory.com

Ada orang-orang yang melakukan pekerjaan hanya untuk mendapatkan gaji. Padahal, hal-hal lain seperti kepuasan dalam melakukan pekerjaan juga merupakan hal yang penting akan tetapi seringkali diabaikan.

tidak mendapat kepuasan kerja
linovhr.com

Kepuasan dalam pekerjaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan, pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatmu dan adanya kesempatan untuk berkembang dalam pekerjaan.

Penelitian menyebutkan bahwa pekerjaan dengan ketegangan tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes tiper 2 hingga 45 persen dan juga meningkatkan kemungkinan store pada wanita.

Baca Juga: 8 Benda di Kantor yang Menyimpan Kotoran dan Bakteri, Sudah tau?

4. Atasan yang Buruk

atasan yang buruk
qerja.com

Pada sebuah perusahaan, selalu ada kemungkinan bahwa kamu akan tidak cocok dengan atasan. Memiliki hubungan yang baik dengan atasan bukan lah hal yang mudah. 

Atasan yang buruk berpengaruh pada kesehatan mentalmu karena akan memberikan tekanan dan meningkatkan stres.

atasan buruk
womansday.com

Atasan yang buruk biasanya ditandai dengan jarang adanya komunikasi denganmu atau bawahan lainnya. Dia sering memberikan target yang tidak realistis dan ingin sekali mengatur semua pekerjaanmu bahkan hal-hal yang kecil.

Atasan yang seperti ini akan meningkatkan kualitas dirinya sendiri. Pernah menemukan bos yang seperti ini?

5. Pekerjaan yang Membuatmu Tidak Aktif dalam Waktu Lama

duduk terlalu lama
grid.id

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pekerja di atas 45 tahun akan tidak aktif selama 12,3 jam per hari.

Pekerjaan yang dilakukan dengan duduk secara terus-menerus tidak akan baik untuk kesehatan.

bekerja duduk terlalu lama
shutterstock.com

Kamu sebaiknya melakukan aktivitas fisik yang sederhana seperti berjalan, berdiri, naik tangga dan lain sebagainya selama waktu bekerja. Hal ini bisa mengurangi risiko penyakit dan membuatmu lebih segar.

Kebanyakan duduk bisa membuatmu merasakan nyeri, obesitas, dan penyakit lainnya.

Kamu bisa memperhatikan dan membandingkan pekerjaanmu dengan 5 kondisi di atas. Jika menemukan salah satu darinya, cobalah untuk segera mengubah hal tersebut karena jika terus-menerus dilakukan akan memberi efek buruk bagi kesehatanmu.

Jangan lupa meluangkan waktu untuk dirimu sendiri, bisa dengan melakukan hobi atau berkumpul dengan sahabat dan orang-orang tersayang.

0 Comment