5 Tanda Kalau Kamu Salah Memilih Pelembab Wajah, Buruan Ganti Deh!

21 September 2019, at 13:00
0
0
5 Tanda Kalau Kamu Salah Memilih Pelembab Wajah, Buruan Ganti Deh!

Bukan sekedar melembabkan wajah, produk moisturiser ternyata bisa mengurangi munculnya garis-garis halus penyebab penuaan dini. Fungsi lainnya yang nggak kalah penting adalah untuk menjaga kandungan air di dalam kulit.

Dengan menggunakan pelembab wajah setiap hari, kamu pun bisa bebas dari masalah kulit. Sayangnya, memilih produk yang cocok juga nggak semudah membalikkan tangan.

Kamu pun harus mengetahui tanda-tanda kalau pelembab yang kamu pakai nggak cocok dengan wajahmu. Seperti apa ya?

1. Wajah terasa panas

memakai pelembab wajah
laroche-posay.ie

Salah satu reaksi yang bisa langsung dirasakan saat pelembab wajah nggak cocok untuk kulitmu adalah timbulnya rasa panas. Kamu bisa menghentikan pemakaiannya saat itu juga atau menunggu dalam waktu beberapa hari.

Apabila dalam beberapa hari efek yang kamu rasakan masih sama, bahkan muncul masalah lainnya, itu tandanya pelembab wajahmu memang nggak cocok.

Segeralah cari pelembab wajah lainnya dengan kandungan yang lebih ringan dan bebas dari alkohol.

2. Muncul Kemerahan

wajah yang kemerahan
independent.co.uk

Pelembab wajah yang nggak cocok akan sangat berisiko menimbulkan iritasi, khususnya pada kulit yang tergolong sensitif. Akibatnya akan muncul kemerahan yang tentunya mengganggu penampilan.

Glycolic acid, mineral oils, dan pewangi termasuk bahan-bahan kosmetik yang bisa memicu timbulnya iritasi. Untuk itu, usahakan selalu membaca komposisi produk dan pilih pelembab wajah yang bebas dari aroma serta bersifat hypoallergenic.

Baca juga: Benarkah Kandungan Parfum dalam Skincare dan Makeup Berbahaya Bagi Wajah?

3. Muncul Jerawat

wajah berjerawat
bustle.com

Salah satu reaksi yang paling umum dialami saat pelembab wajah nggak cocok untuk kulitmu adalah timbulnya jerawat. Apalagi kalau jerawat terus bermunculan dan terasa nyeri, kamu benar-benar harus menghentikan moisturiser saat itu juga.

Tapi kamu juga harus mengetahui ciri-ciri skin purging. Istilah ini sering dipakai untuk menyebut jerawat atau beruntusan yang muncul setelah mencoba skincare baru. Dalam tahap ini, kulit memang dikatakan sedang melakukan adaptasi.

4. Wajah Semakin Berminyak atau Kering

kulit wajah berminyak
instagram.com/innisfreeusa

Fungsi utama moisturiser adalah untuk menjaga kulit supaya tetap lembab. Tapi terkadang, beberapa produk yang nggak cocok akan membuat wajahmu semakin kering ataupun berminyak.

Kalau wajahmu terasa kering, baiknya ganti dengan pelembab wajah yang mengandung ceramide atau hyaluronic acid. Sedangkan kalau kulitmu semakin berminyak, pilih moisturiser yang teksturnya gel dan diperkaya dengan glycerine atau niacinamide.

5. Makeup Nggak Mau Nempel

makeup yang cepat luntur
instagram.com/fourthraybeauty

Sudah pakai moisturiser bahkan primer tapi makeup nggak nempel di wajah dan terus 'geser'? Mungkin ini pertanda kalau pelembab yang kamu gunakan nggak cocok untukmu.

Karena kulit yang terlampau kering atau berminyak ternyata bikin base makeup nggak mau menyatu dengan kulit. Selain itu, pastikan pelembab wajah yang kamu pilih teksturnya ringan dan bisa meresap sempurna ke dalam kulit.

Itulah beberapa tanda yang mengindikasikan pelembab wajahmu nggak cocok. Kalau kamu mengalami beberapa hal di atas, jangan ragu untuk beralih ke produk lain.

0 Comment